Wahana Honda

Tips Merawat Honda CBR 150 Agar Mesin Tetap Prima

Publikasi: 6 bulan 2 hari 52 menit yang lalu

Banyak pria mengidamkan untuk memiliki motor sport karena dianggap memberikan kesan yang gagah dan sporty bagi pengendaranya. Tidak mengherankan jika para pemilik motor sport kerap memperlakukan kendaraannya spesial dalam perawatannya. Ada banyak sepeda motor sport di pasaran, salah satunya adalah Honda CBR 150.

Motor sport yang satu ini banyak digandrungi kaum pria lantaran memiliki tampilan yang elegan, dinamis, dan sporty. Selain itu, spesifikasi mesin yang diusungnya juga kuat dan bertenaga, motor yang satu ini juga hemat biaya.  Berbekal spesifikasi yang ada pada Honda CBR 150, rasanya sayang jika perawatannya tidak dilakukan dengan tepat. Nah, supaya Honda CBR 150 milikmu tetap prima, berikut ini beberapa cara perawatan yang bisa kamu lakukan.

Panaskan Mesin Setiap Pagi

Seperti halnya manusia yang disarankan melakukan olah raga ringan sebelum beraktivitas, ternyata sepeda motor juga harus melakukan pemanasan juga. Sebelum digunakan untuk berkendara, sebaiknya mesin motor dipanaskan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar suhu mesin naik secara perlahan sebelum dipakai berkendara.

Cara memanaskan mesin juga sangat sederhana, kamu hanya perlu menyalakan mesin motor selama kurang lebih 10 menit. Hindari menggeber motor karena hal ini dapat memicu kerusakan pada mesin.

Servis Secara Rutin

Merawat motor secara berkala adalah hal yang harus dilakukan untuk menjaga kondisinya tetap prima. Nah, salah satu cara penting untuk merawat Honda CBR 150 adalah melakukan servis secara berkala. Hal ini bertujuan agar kamu mengetahui bagian motor mana saja yang perlu mendapatkan perawatan.

Pada umumnya, servis dilakukan bersamaan dengan pergantian oli. Pergantian rutin oli dilakukan saat kendaraan sudah menempuh jarak sejauh 2.000 km atau dalam jangka waktu 2 hingga 2,5 bulan. Jangan sampai terlambat mengganti oli karena akan berpengaruh terhadap performa mesin. Selama servis rutin, jangan lupa juga untuk menyampaikan keluhan yang berhubungan dengan performa sepeda motor agar teknisi dapat mengatasinya sesegera mungkin.

Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Honda CBR 150 merupakan sepeda motor yang sudah menggunakan mesin dengan sistem fuel injection (FI). Artinya, sistem pembakaran yang dimilikinya sudah terkomputerisasi agar konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Untuk memaksimalkan kinerja injektor, sebaiknya kamu menggunakan bahan bakar berkualitas, yaitu beroktan tinggi. Penggunaan bahan bakar ini akan menghasilkan pembakaran yang sempurna pada mesin sehingga motor dapat bekerja lebih halus dan bertenaga. Bahan bakar beroktan tinggi juga mampu mengurangi timbal yang dibawa oleh bensin. Timbal ini lambat laun akan mengendap dalam mesin dan lambat laun akan merusak mesin.

Periksa Kelistrikan

Mesin yang menggunakan teknologi injeksi adalah mesin yang bekerja secara terkomputerisasi. Kinerja injektor sangat tergantung terhadap kelistrikan kendaraan. Untuk itu, sistem injeksi ini memerlukan kelistrikan yang stabil. Honda CBR 150 memiliki sistem kelistrikan yang sederhana. Motor ini sendiri dibekali aki kering yang minim perawatan sehingga kamu perlu memastikan apakah aku masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Itu dia cara merawat Honda CBR 150 agar tetap prima. Bagaimana, cukup mudah bukan? Tidak berbeda dengan perawatan motor lainnya, Honda CBR 150 juga membutuhkan perhatian ekstra dari pemiliknya agar kondisinya tetap terjaga. Semoga artikel ini bermanfaat!

Label : Honda CBR 150 R Honda CBR 150 R

Comment

Your comment
Load More