Wahana Honda

4 Tips Merawat Motor Harian

Publikasi: 4 bulan 12 hari 1 jam 17 menit yang lalu

Dapat dikatakan bahwa sepeda motor merupakan transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Pemakaian praktis, perawatan mudah, dan hemat biaya menjadikan posisi sepeda motor sebagai kendaraan sejuta umat. Kelebihan yang dimiliki oleh sepeda motor menjadikan transportasi yang satu ini primadona masyarakat dalam mobilitas sehari-hari.

Memiliki kendaraan yang nyaman untuk kegiatan sehari-hari merupakan kebahagiaan yang sederhana. Banyak pula kesederhanaan yang dapat dilakukan untuk merawat motor harianmu agar kondisi motor tetap nyaman. Lantas hal apa saja yang dapat dilakukan untuk merawat motor kesanganmu? Yuk kita simak penjelasannya berikut ini.

  1. Periksa kelistrikan
    Kelistrikan dalam sepeda motor merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan.  Umumnya, kelistrikan mempunyai sumber utama dari aki. Bagi sepeda motor yang menggunakan panel digital atau motor injeksi yang notabenenya mengandalkan kelistrikan yang stabil. Oleh karena itu, aki harus selalu dalam keadaan prima.

    Cara sederhana merawat aki yaitu dengan mengecek secara berkala cairan di dalamny. Segera tambahkan jika air aki sudah mulai berkurang. Namun, sekarang ini sudah banyak sepeda motoryang memakai aki kering yang minim perawatan. Kalau kamu ingin aki bekerja lebih lama, selalu gunakan starter kaki untuk pertama kali menghidupkan motor pada pagi hari, ya!

  2. Tekanan angin pada ban
    Mobilitas motor harian dapat dikatakan padat, biasanya sepeda motor juga digunakan untuk mengangkut keperluan harian yang bervariasi. Oleh karena itu, menyiapkan sepeda motor dengan beberapa muatan perlu memperhatikan tekanan angin pada ban. Kondisi ban yang kekurangan angin akan menjadikan ban bekerja lebih berat, akhirnya ban menjadi tidak awet. Selain itu ban yang kempes juga membuat sepeda motor jadi oleng dan tidak stabil ketika dikendarai.

    Namun, perlu juga diperhatikan untuk tidak membawa barang bawaan yang terlalu berat. Pasalnya, jika barang bawaan terlalu berat, tidak hanya ban saja yang akan bekerja lebih keras, bagian shockbreaker dan mesin pastinya juga bekerja lebih keras yang dapat membuat motor jadi cepat rusak.

  3. Melakukan pergantian oli
    Setiap mesin membutuhkan oli sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan antar komponen mesin sehingga mesin motor akan lebih bertenaga dan awet. Untuk membuat mesin bekerja dengan optimal maka lakukanlah pergantian oli secara berkala. Dalam urusan mengganti oli, biasanya sepeda motor sudah menempuh jarak sejauh 2.000km atau dalam hitungan waktu sekitar 2 bulan pemakaian harian. Tujuan pergantian oli ini agar mesin tetap mendapatkan asupan oli yang baik karena selama pemakaian kekentalan oli akan semakin pekat sehingga mempengaruhi kinerja mesin.

  4. Servis rutin
    Selain melakukan pengecekan rutin pada bagian-bagian di atas, kamu juga harus melakukan servis rutin nih, guys! Servis rutin dilakukan agar motor selalu dalam pantauan montir yang lebih paham dalam urusan merawat motor. Lakukanlah servis rutin bersamaan dengan ganti oli. Servis rutin dapat kamu lakukan di bengkel-bengkel resmi atau bengkel langgananmu. Sampaikanlah keluhan yang terdapat pada motor kesayanganmu agar montir dapat melakukan penanganan lebih awal sebelum semakin parah.

Itu dia 4 hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk merawat motor harian kamu. Jangan sampai perawatan yang sederhana ini kamu abaikan karena akan berpengaruh pada masa pakai sepeda motor. Pemakaian sepeda motor yang rutin harus diimbangi dengan perawatan yang rutin pula agar kondisi motor selalu dalam keadaan prima.


Label : Bebek Matic Trail

Comment

Your comment
Load More