Wahana Honda

5 Cara Ampuh Mengkilapkan & Merawat Body Motor

Publikasi: 4 hari 15 jam 2 menit yang lalu

Mempunyai motor yang selalu bersih dan mulus adalah impian setiap pengendara kendaraan roda dua. Menjaganya tetap mulus adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Disisi lain, motor yang keadaannya masih mulus punya harga jual lebih tinggi daripada motor dengan kondisi seadanya. Oleh karena itu setiap hari kita akan menemui banyak pengendara yang memandikan motornya di pagi maupun malam hari. 

Sayangnya dengan melakukan itu saja belum cukup untuk merawat body motor kesayangan kita. Apalagi di part – part yang sudah terkena banyak goresan seperti dek motor berwarna hitam diantara kemudi dan tempat duduk. Ada beberapa cara dan trik untuk membuatnya kembali mulus. Salah satunya dengan menggunakan hairdryer pada bagian yang kena gores hingga kembali hitam. 

Nah, selain itu masih banyak lagi cara mengkilapkan motor kesayanganmu. Pengen tau bagaimana caranya? Yuk pantengin beberapa hal di bawah ini.

1. Cara mencucinya dulu

Mencuci motor memang hal yang sering dianggap sepele. Karena sepintas hanya seperti menyiram dan menggosok bagian – bagian dari motor. Padahal tidak semudah itu. Kamu wajib menyediakan shampo khusus motor untuk mencuci motormu.

Selain itu, kamu juga wajib menggunakan 2 bucket system atau menggunakan dua ember untuk mencuci motormu. Dimana 1 ember berisikan air dan shampo, sedangkan ember satunya diisi air bersih untuk membilas applicatormu. Applicator yang dimaksud disini adalah media untuk mencuci, memoles maupun mengoleskan cairan tertentu pada motor. Bisa busa dengan pori – pori yang besar, sea sponge, wash mitt dan applicator lain yang lembut agar tidak melukai atau memberi baret pada bagian motor. 

Cara cucinya pun sama seperti biasanya, basahkan motor, berikan sabun dengan applicator, dan bilas hingga bersih, lalu keringkan. Untuk pengeringan, hasil maksimal bisa kamu dapatkan dengan menggunakan microfiber waffle weaf drying towell. Harganya lumayan mahal sih hehe. Alternatifnya bisa kamu keringkan dengan lap microfiber yang lebih murah. Atau kalau kamu dalam kondisi bokek, pakai kanebo juga boleh deh. 

Setelah selesai dicuci, kita akan masuk ke proses selanjutnya yaitu detailing process

2. Lanjut di proses Claying 

Claying adalah proses pertama dari detailing. Fungsinya adalah memberikan clay pada seluruh bagian body motor dengan tujuan untuk mengangkat kotoran (kerak) yang membandel pada body motor kita. Gunakan claybar yang dilubrikasi dengan quick detailer (QD) secara merata di body motor kita. 

Setelah rata, gosok menggunakan microfiber sebagai applicatornya. Ingat, applicator yang digunakan harus berbeda loh ya. Jadi yang digunakan untuk claying ya dipakai di claying saja. Supaya bahan – bahannya gak tercampur baur. 

Hanya dengan proses ini saja, kamu akan mendapati motormu lebih mulus daripada biasanya. Tapi gak hanya sampai disini, cara membuat body motor mengkilap masih panjang. Yuk lanjut ke proses polishing.

3. Polishing dulu biar warnanya balik lagi 

Di proses ini baret – baret halus akan segera kita singkirkan. Gunakan paint cleaner untuk menghilangkan sisa wax yang tertinggal. Gosok secara merata hingga swirlmarks dan baret – baret di body motor hilang. 

Selain itu, berikan juga polish liquid di applicator yang berbeda. Gosok secara merata hingga tuntas. Dengan melakukan polishing ini, gak hanya baret – baret di body motor kita hilang. Warna body motor yang tadinya kusam akan kembali hidup dan cerah. 

Selain body, ada baiknya juga kamu memoles bagian logam dari motor kamu. Supaya gak kalah kinclong sama body-nya. Oleh karenanya kamu wajib tau bagaimana cara mengkilapkan mesin motor.

4. Waxing 

Waxing atau proses poles ini bertujuan untuk melindungi body motor tetap kinclong walau terpapar sinar UV dan debu di jalanan. Untuk hasil yang paling kinclong, gunakan carnauba wax dalam proses ini. Sayangnya carnauba wax tidak dapat bertahan lama jika terkena sinar matahari. Jika kamu ingin wax yang awet, gunakan wax sintetik yang banyak beredar di pasaran. Tapi finishing look -nya tidak akan sebagus kalau menggunakan carnauba wax. 

5. Quick Detailer untuk maintaining 

Quick Detailer atau QD biasa digunakan setelah proses waxing selesai. Tujuannya untuk menjaga kualitas wax agar bisa bertahan lebih lama. Manfaatnya adalah ketika nanti dalam waktu dekat kita akan nyuci motor lagi, kita gak usah pakai wax lagi bro. Cukup oleskan QD secara merata dan motormu akan kembali kinclong lagi. 

Label : Cari Aman Tips Merawat Motor Cari Aman Tips Merawat Motor Cari Aman Tips Merawat Motor Cari Aman Tips Merawat Motor Cari Aman Tips Merawat Motor

Comment

Your comment
Load More