wanda

5 Cara Keren Menggunakan Motor Kopling Ala Dilan

Publikasi: 1 tahun 14 hari 4 jam 7 menit yang lalu

Sudah jadi rahasia umum kalau cowo yang bawa motor kopling itu kesan laki-nya lebih nendang banget. Hal ini juga bisa kita lihat di film Dilan 1990 yang baru aja tayang. Cewe mana yang gak kesengsem liat Iqbal naik CB100 yang notabene adalah salah satu motor keluaran Honda yang garang buat dinaikin oleh cowo. 

Tapi apa jadinya kalau kamu belum tau bagaimana cara pake motor kopling? Bisa turun dong harga diri. Masa iya udah punya SIM C tapi belum tau cara bawa motor kopling? Tapi jangan khawatir bro! Kamu gak sendirian. Hanya dengan baca beberapa tips di bawah ini, dijamin kamu akan langsung paham bagaimana cara pakai motor kopling.

Nah, karena motor kopling itu beda dengan scooter matic dan motor bebek, awalnya kamu harus tau dulu apa itu kopling dalam sebuah sepeda motor. 

Kopling adalah komponen yang membuat mesin dan transmisi terhubung. Normalnya dirupakan dalam sebuah tuas di posisi tangan sebelah kiri. Ketika tuas ini ditarik, maka tenaga yang dialirkan mesin ke transmisi akan terputus hubungannya sehingga ada kesan loss ketika kamu menariknya. Namun ketika kamu melepas tuas kopling, maka tenaganya akan terhubung kembali. 

Oke, jadi ada 3 komponen yang harus kamu tau dan ingat agar kamu bisa mulai mengenal cara memakai motor kopling. Ada Gas atau throttle yang terletak di telapak kanan, tuas transmisi di kaki sebelah kiri, dan tuas kopling atau yang setelah ini akan kita sebut clutch. Kalau kamu udah paham dengan 3 komponen tersebut, yuk kita cek bagaimana cara menggunakan motor kopling di bawah ini. 

1. Kenali seberapa besar tenaga dari motor

Karena setiap motor punya karakter yang beda – beda, kamu wajib mengenali seberapa besar tenaga yang dikeluarkan oleh motormu. Jadi ketika kamu nge-gas, kamu bisa merasakan kalau RPM dari motormu gak kelewat rendah untuk mulai jalan. Atau gak sampai Low RPM hingga mesinnya mati di tengah jalan.

2. Pindah gearnya beda dengan motor bebek bro!

Salah satu yang membedakan cara membawa motor kopling dengan motor lainnya yaitu di urutan transmisinya. Jika pada umumnya motor punya urutan gigi N-1-2-3-4-5, motor kopling urutannya berbeda. Di motor kopling urutannya adalah 1-N-2-3-4-5.

Jadi untuk masuk gear 1 kalian akan menginjak gear selector depan. Jika ingin masuk ke gear selanjutnya, kalian harus menginjak gear selector yang ada di tumit kalian. Di awal – awal memang sedikit membuat kalian bingung. Tapi jika sudah terbiasa dengan urutan gear-nya, kalian akan dengan lancar mengendarai motor kopling.

3. Lepas clutch secara halus, ampe motornya bisa jalan

Melepas clutch pertama kali adalah hal yang sukar dilakukan. Biasanya sih motor kopling akan mati mesinnya, karena kondisi throttle sedang dalam RPM yang rendah. Tapi demi membuat kalian paham akan cara membawa motor kopling, kalian harus membiasakan diri dengan RPM yang sesuai agar motor bisa berjalan ketika tuas kopling nya kalian lepas. 

Yang perlu kalian ingat adalah seberapa tinggi RPM yang diperlukan untuk bisa jalan. Untuk pengaturan tuas kopling nantinya akan terbiasa dengan sendirinya selagi kalian berlatih.

4. Latihan pindah gigi secara halus

Memindahkan gigi di motor kopling berbeda dengan menaikkan atau menurunkan gigi di motor bebek. Penggunaan clutch yang sesuai akan memperlancar perpindahan gigi motormu. Selain itu, perpindahan gigi tidak butuh RPM yang terlalu tinggi.

Dengan lancarnya perpindahan gigi di motor koplingmu, kamu sudah hampir berhasil mempelajari cara menaiki motor kopling. 

5. Tarik Clutch dan Rem sesuai porsinya

Untuk seseorang yang baru saja tau akan cara menjalankan motor kopling, biasanya tangan kirinya akan terus – terusan menarik clutch karena takut mesin motornya mati. 

Padahal kebiasaan ini sangatlah berbahaya, karena ketika clutch ditarik maka posisi mesin akan loss dan otomatis mengurangi kontrol kecepatan pada mesin. Ada kemungkinan terjadinya kepanikan pada saat seperti ini. 

Oleh karena itu, gunakan rem dan kopling sesuai dengan porsinya. Gunakan rem untuk mengurangi kecepatan, dan gunakan kopling hanya saat RPM sudah rendah. 

Label : Bebek Touring Safety Riding Tips Merawat Motor Bebek Touring Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Bebek Touring Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Bebek Touring Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Bebek Touring Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More