Wahana Honda

5 Cara Modifikasi Motor Yang Aman Dari Tilang Polisi

Publikasi: 1 hari 15 jam 30 menit yang lalu

Identitas seorang penggila otomotif tak lain adalah kendaraannya. Oleh karena itu, motor biasanya dimodifikasi sedemikian rupa supaya sesuai dengan kepribadian dan selera pemotor itu sendiri. Tak jarang juga cara modifikasi motor yang nyeleneh kita temui di jalanan. Chopper,  Bobber, Japstyle, Scramble, Bratstyle, Caferacer dan style motor lainnya yang nge-hits membuat banyak kendaraan dimodifikasi secara gila – gilaan. 

Saya sendiri pernah melihat matic yang dimodifikasi total menjadi Cafe Racer. Cara modifikasi motor mio yang gak umum jika dibandingkan dengan motor lainnya. Selain itu pernah juga terlihat sebuah supra fit dimodifikasi menjadi chopper. Cara modifikasi supra fit yang lagi – lagi tidak pernah terbayangkan untuk saya sebagai pengendara motor yang normal ini. 

Walaupun sebenarnya keren, sayangnya cara memodifikasi motor seperti ini membuat polisi jadi gerah. Biasanya dengan modifikasi berlebihan seperti ini, apalagi tanpa surat pengantar dari bengkel yang menggarap motor kalian, kalian akan dengan mudah di tilang. Terlebih jika dimensi dan kapasitas mesinmu sudah diganti, kamu harus melakukan uji ulang motormu di Kementrian Perhubungan. 

Nah, taukah kamu apa saja syarat supaya cara memodifikasi motor  tidak berujung surat tilang? Nih di bawah ini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

1. Mengubah dimensi motor

Jika kamu pernah melihat motor matic yang berubah menjadi chopper yang panjang, maka kamu telah melihat modifikasi motor yang terlarang. Sebenarnya gak terlarang juga sih kalau sudah mengikuti uji kelayakan, tapi kalau belum mengikuti uji kelayakan ya wajib tilang tuh. 

Honda Beat misalnya. Dengan bentuk yang compact, banyak juga pemotor yang ingin Beat-nya dimodif. Cara modifikasi motor beat yang total akhirnya jadi tenar di jalanan. Padahal cara modif motor beat ini rawan tilang bro. Cermatlah dalam modifikasi motor. 

2. Mengubah rangka

Mengubah rangka motor bisa berakibat fatal jika dilakukan secara sembarangan. Oleh karenanya hal ini di larang dalam undang – undang yang berlaku. Lagian rangka motor sudah terdapat nomor seri untuk administrasi motormu. Jika kamu ubah, gak heran kalau nanti motormu ditahan oleh pihak yang berwajib.

Banyak memang yang mengubah rangka motornya supaya terkesan lebih garang. Sah – sah aja sih punya keinginan seperti itu, toh motor yang beredar di Indonesia memang kebanyakan serupa. Jadi wajar aja kalau kamu ingin stand out terlihat berbeda di jalanan. 

Bahkan motor kopling seperti Vixion, Thunder, RX King yang terkenal garang juga kadang masih di modif supaya terlihat lebih macho. Padahal cara modifikasi motor vixion biasanya terkenal dengan biaya yang mahal. Begitu juga dengan cara modifikasi motor Thunder dan cara modifikasi motor RX King yang gak jarang bikin kantong pemotor langsung kempes. 

3. Bore up mesin 

Siapa sih gak pengen mesin yang bisa bikin motor lari sekencang – kencangnya? Modifikasi kapasitas mesin atau yang istilahnya adalah bore up selalu jadi andalan penggila otomotif. Motor yang biasanya tampak lemah seperti Jupiter Z bisa jadi “jahat” lantaran menambah kapasitas mesinnya. Cara modifikasi motor Jupiter Z seperti ini banyak banget ditemui di jalanan.

Motor lain yang sering bore up yaitu Legenda dan Supra. Kedua jenis motor ini memang terkenal bandel di kelasnya. Menjadikannya kencang cukup dengan melakukan bore up dan penyetelan karburator yang sesuai. Cara modifikasi motor legenda dan cara modifikasi motor supra seperti ini banyak ditemui di balapan liar tahun 2010-an. Kedua motor ini selalu ada disetiap event balap liar jalanan.

Sayangnya modifikasi ini juga dilarang oleh undang – undang bro! Jangan asal bore up mesin kalau kamu gak pengen bayar tilang ke polisi.

4. Mengubah warna

Walaupun sebenarnya gak ada hubungannya dengan keselamatan berkendara, tapi mengubah warna juga dilarang jika warna yang baru berbeda dengan yang ada di stnk motormu. 

Biasanya motor standar seperti Honda Revo dan Honda Spacy akan tampak biasa aja kalau warnanya tidak dibuat custom.  Oleh karena itu cara modifikasi motor honda spacy dan cara modifikasi motor revo umumnya melibatkan penggantian warna. 

Prosedur penggantian warna di STNK sebenarnya gak makan biaya banyak, makanya kamu wajib mengurusnya sebelum kamu kena tilang di jalanan.

5. Menghilangkan alat keselamatan

Modifikasi dengan mencopot spion dan peralatan yang menunjang keselamatanmu sudah pasti dilarang. Gak perlu alasan panjang untuk menjelaskannya. Sudah pasti karena hal ini berbahaya. Jangan jadi pengendara bego dengan mengendarai motor yang tidak dilengkapi dengan aksesoris pengaman seperti lampu dan spion. Alih alih tampak keren, hal itu malah membuatmu tampak bodoh di mata banyak orang.

Modifikasi motor tak akan pernah disalahkan ketika motor itu hanya digunakan untuk kontes saja. Tapi jika motor tersebut dipergunakan untuk kegiatan harian, segera daftarkan motormu dengan prosedur yang benar supaya kamu gak diberi surat tilang oleh Pak Polisi dan Mbak Polwan cantik yang bertugas. 

Label : Cari Aman Tips Merawat Motor Cari Aman Tips Merawat Motor Cari Aman Tips Merawat Motor Cari Aman Tips Merawat Motor Cari Aman Tips Merawat Motor

Comment

Your comment
Load More