Wahana Honda

5 Persiapan Mudik Dengan Motor

Publikasi: 6 bulan 8 hari 22 jam 1 menit yang lalu

Lebaran adalah saat-saat yang paling ditunggu. Para perantau setiap tahunnya rela berbondong-bondong pulang kampung untuk bertemu sanak saudara. Mudik mengunjungi kampung halaman dilakukan dengan banyak cara, mulai dari menggunakan transportasi umum, kendaraan pribadi, seperti mobil atau bahkan motor

Sebagian besar pemudik lebih memilih menggunakan kendaraan roda dua karena dinilai lebih irit dan fleksibel. Nah, kalau kamu berencana pulang ke kampung halaman dengan sepeda motor, berikut ini persiapan mudik yang bisa kamu lakukan.

Siapkan Fisik yang Prima

Melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor tentunya akan menguras banyak tenaga. Memang benar, kamu bisa beristirahat kapanpun saat lelah berkendara. Namun, memastikan badan dalam kondisi prima adalah hal mutlak yang harus dilakukan untuk perjalanan mudik.. Beristirahatlah dengan cukup atau selama 8 jam sebelum melakukan mudik. Hal ini bertujuan untuk memberikan energi yang cukup pada tubuh sebelum perjalanan jauh. Kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen atau vitamin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan lupa selalu menyiapkan obat-obatan ya!

Persiapkan kendaraan

Hal berikutnya adalah menyiapkan kendaraan. Pastinya kamu tidak mau kan motor yang dikendarai bermasalah saat melakukan perjalanan. Oleh karena itu, pastikan kondisi kendaraanmu tetap prima demi menghindari kerusakan yang tidak diinginkna.

Lakukan pengecekan tekanan angin pada ban, rem, semua kelistrikan motor terkait lampu utama sein dan klakson. Jangan lupa juga untuk mengganti oli serta lakukan servis ke bengkel resmi sebelum berangkat.

Tentukan rute

Menentukan rute bisa jadi persiapan yang membutuhkan banyak pertimbangan. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan GPS untuk memilih jalur mudik yang akan dilewati. GPS biasanya akan memberikan usulan rute tercepat untuk tiba di tempat tujuan. Ada beberapa keuntungan mempersiapkan rute, antara lain:

  • Dapat memilih jalur tempuh tercepat untuk menghemat waktu
  • Dapat menentukan jalan alternatif jika terjadi masalah pada jalur utama
  • Memberi kemudahan estimasi waktu, bahan bakar, dan biaya
  • Dapat memilih motel untuk beristirahat selama perjalanan
  • Hindari membawa muatan berlebihan

Barang yang dibawa saat pulang ke kampung halaman memang tidak sedikit. Namun,hal ini tentu saja harus dihindari mengingat kapasitas motor yang sangat terbatas. Muatan berlebih sudah pasti akan menambah beban pada kendaraan yang akan berdampak buruk pada performa sepeda motormu. Selain itu, muatan berlebih juga akan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.

Sebagai alternatif, kamu bisa mengirim barang bawaan untuk mengurangi beban yang harus dibawa saat mudik dengan motor. Dengan cara ini, kamu bisa membawa barang seperlunya saat mudik.

Pakailah pakaian standar keamanan

Mengutamakan keselamatan saat berkendara adalah hal terpenting yang harus dilakukan, terlebih saat kamu akan melakukan perjalanan jauh. Selain kondisi kendaraan yang prima, memakai pakaian yang tepat juga perlu dilakukan.

Pilihlah baju atau kaos dan celana panjang yang nyaman. Jangan lupa untuk memakai jaket kulit yang akan melindungimu dari paparan sinar matahari atau cuaca dingin saat malam hari. Jaket light reflector juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk memudahkan pengendara lain melihatmu. Kenakan sepatu riding atau sepatu dengan upper tinggi, sarung tangan, masker, kacamata, dan helm berstandar.

Itulah tadi tips yang harus kamu perhatikan sebelum mudik dengan sepeda motor. Nah, dengan melakukan persiapan yang tepat maka perjalanan mudik pun jadi lebih nyaman. Selain itu, persiapan matang juga akan membantu meminimalkan risiko kecelakaan. Berkendaralah dengan aman karena keluarga besar sudah menunggu kehadiranmu di kampung halaman tercinta.

Label : Touring

Comment

Your comment
Load More