Wahana Honda

Mau Liburan Naik Motor? Ini Dia Tipsnya

Publikasi: 6 bulan 17 jam 22 menit yang lalu

Menikmati sisa sisa liburan baik di kampung halaman maupun menikmati jalanan Ibukota yang lengang dengan sepeda motor memang menyenangkan. Fleksibiltas yang ditawarkan dengan sensasi semilir angin yang menyegarkan tentunya membuat sepeda motor seringkali menjadi kendaraan pilihan untuk sekadar berlibur dan berkeliling.

Namun, tentunya kamu tidak ingin liburan yang mestinya menyenangkan menjadi musibah atau bencana karena lupa mengecek sepeda motor dan perlengkapannya bukan? Berikut agar liburan dengan sepeda motor menjadi sesuatu yang aman dan menyenangkan!

Mengecek Kondisi Sepeda Motor

Sebelum berlibur ataupun berjalan jalan dengan sepeda motor, ada baiknya untuk mengecek kondisi sepeda motor. Mengecek dipstick oli jangan sampai dibawah garis normal, tekanan ban serta ketegangan rantai (untuk motor bebek dan kopling) dan memastikan tidak ada bunyi bunyi aneh dari mesin maupun penggerak roda baik itu dari belt CVT untuk sepeda motor matik atau rantai apabila motor kamu berjenis bebek atau kopling.

Menggunakan Helm SNI atau yang sudah bersertifikasi Internasional

Menggunakan helm menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan ketika mengendarai motor. Oiya pastikan helm yang anda kenakan memiliki sertifikasi SNI ataupun memiliki sertifikasi internasional lain seperti DOT, ECE atau SNELL. Helm dengan kualitas SNI yang baik biasanya dibanderol dengan harga mulai dari 200 ribu hingga jutaan rupiah, jangan tertipu dengan helm bertuliskan logo SNI namun dibanderol dengan harga sangat murah, bisa jadi itu hanya tulisan SNI palsu belaka. Jangan karena ingin berhemat malah celaka karena menggunakan helm SNI abal abal ya!.

Dan satu lagi, jikalau kamu membawa anak kecil. Hendaknya membelikan si buah hati helm khusus untuknya karena helm dewasa apabila dipakaikan ke anak kecil bukannya melindungi kepala anak malah menambah parah cederanya, karena helm yang longgar tidak akan maksimal melindungi dan menambah keras impact yang terjadi kepada kepala karena adanya ruang gerak yang terlalu longgar antara kepala dan tempurung helm.

Menggunakan Riding Gear yang Pantas

Berliburan dengan sepeda motor tentunya berbeda dengan liburan dengan menggunakan kendaraan roda empat bukan? Karena bagian sepeda motor yang tidak memiliki body dan atap tentunya akan mengekspos badan kamu terhadap udara luar dan bahaya di jalan raya. Untuk melindungi badan dari udara panas, dingin maupun gesekan aspal apabila terjadi kecelakaan, hendaknya mengenakan pakaian yang proper untuk berkendara.

Hal ini bisa dimulai dengan menggunakan jaket yang berkualitas baik, celana panjang, sepatu dan sarung tangan standar. Apabila kamu hendak melakukan perjalanan yang lebih jauh lagi atau ingin berlibur ke tempat yang memiliki medan dan cuaca yang cukup ekstrim, disarankan memakai Jaket khusus touring yang memiliki protektor, sarung tangan berprotektor dan deker lutut untuk meminimalisir cedera apabila terjadi kecelakaan.

Hindari berpakaian seadanya seperti kaos dan celana pendek ketika mengendarai sepeda motor, karena apabila cuaca dingin atau sinar matahari menyengat, pakaian tersebut tidak bisa melindungi secara maksimal, belum lagi kalau sampai terjadi kecelakaan. Nggak mau kan badan jadi bopeng bopeng? Hiii

Setelah mengecek kondisi motor, helm dan perlengkapan berkendara lainnya. Ada hal lain yang perlu diperhatikan terkait kenyamanan kamu berlibur. Yuk simak terus!

Membawa Barang Sesuai dengan Kapasitas Sepeda Motor

Ketika berlibur, kamu tentunya membawa banyak barang bukan? Apalagi kalau membawa anak. Membawa barang banyak di sepeda motor sebenarnya boleh boleh saja asalkan barang tersebut sesuai dengan kapasitas sepeda motor baik dari berat maupun ukuran.

Jika kamu mempunyai box belakang yang ditempel di belakang sepeda motor, penuhilah box tersebut hingga kapasitas yang disarankan, pun begitu apabila ada tempat tempat penyimpanan lain. Intinya jangan sampai barang barang tersebut mengganggu stabilitas sepeda motor atau visibilitas pengendara dibelakang ya kamu!.

Makan dan Minum Secukupnya Sebelum Berlibur

Makan dan minum sebelum berlibur dengan menggunakan sepeda motor merupakan suatu hal yang penting. Berbeda dengan mobil yang bisa memungkinkan kita makan dan minum di dalamnya. Makan dan minum di sepeda motor yang sedang berjalan bukan merupakan suatu hal yang dianjurkan, karena angin yang menerpa bisa saja meniup jatuh makanan atau minuman yang dipegang serta makan dan minum ketika berkendara sepeda motor akan menyulitkan karena terhalang helm dan peralatan lainnya.

Oleh karena itu isilah perut kamu dengan makanan yang bergizi serta perbanyaklah minum air putih untuk mencegah dehidrasi selama perjalanan.

Membawa Kunci Cadangan

Berlibur ke suatu tempat yang baru memang mengasyikkan, namun bagi para penunggang sepeda motor ini menjadi suatu hal yang harus diwaspadai. Karena belum familiar dengan tempat baru tersebut, terlebih lagi dengan keamanannya membuat kamu harus waspada.

Selalu pasang kunci cadangan apabila meninggalkan sepeda motor terlebih di tempat tempat yang belum dikenal atau baru. Nggak pengin kan, pulang liburan motor malah hilang?

Label :

Comment

Your comment
Load More
Berita lainnya

Belum ada berita terkait