6 Cara Ampuh Mengkilapkan Body Motor Yang Kusam

Publikasi: 2 tahun 6 bulan 10 hari 18 jam 16 menit yang lalu

Kendaraanmu adalah cerminan dari dirimu. Sekiranya itu yang dikatakan oleh beberapa orang tentang motor dan penggunanya. Jadi jika motormu kurang terawat kebersihannya, bisa jadi pemiliknya yang kena imbasnya. 

Oleh karena itu supaya gak dicap jorok oleh orang lain, motormu harus selalu dalam keadaan yang bersih. Bahkan kalau bisa selalu mengkilap di setiap saat. Emang bisa? Bisa dong, semua itu bisa diatur. Tapi sebelumnya juga ada beberapa syarat dan kebiasaan yang harus kamu lakukan. Apa aja sih yang harus dilakukan? Nih beberapa tips di bawah ini akan membuatmu paham bagaimana cara mengkilapkan body motor supaya terlihat seperti baru.

1. Biasakan Rutin Mencuci Motor

Kebiasaan mencuci motor adalah hal yang wajib kamu miliki bro. Dengan adanya kebiasaan ini, dijamin motor kalian akan mengkilap 24/7. Kalo emang kamu lagi mager dan males buat nyuci sendiri, bisa juga kamu bawa ke tukang cuci motor. Biasanya ditarif dengan biaya 10 ribu sampai dengan 20 ribu rupiah. 

2. Jangan Gunakan Detergen

Banyak yang beranggapan kalau detergen juga bisa digunakan untuk mencuci motor. Bisa sih, tapi ya nanti warna cat motormu akan gampang pudar. Karena detergen itu tidak diperuntukkan untuk body motormu yang notabene adalah fiber. 

Pakailah shampoo motor yang memang diperuntukkan untuk mencuci motor. Jika kamu lagi bokek, bisa juga kamu mampir ke toko bahan kimia untuk beli shampoo motor. Biasanya disana ada beberapa shampoo racikan yang dijual. 

3. Bersihkan Motor Secara Detail

Kebanyakan orang akan mencuci motornya dengan membersihkan body dan part – part yang terlihat saja. Padahal mesin dan komponen metal lainnya juga sebenarnya bisa di buat mengkilap. Gunakan sikat gigi bekas dan kuas untuk mencapai sudut -  sudut sempit. Cara mengkilapkan mesin motor yang ideal adalah tanpa melukai mesin tersebut. Jadi hindari penggunaan sikat kawat. 

Gunakan juga sedikit bensin untuk menghilangkan bekas oli yang menempel. Ketika sudah bersih, berikan polish wax supaya kilaunya gak kalah dengan body motormu. 

4. Hindari Terkena Air Hujan

Cara membuat body motor mengkilap adalah menghindarkannya dari air hujan yang terlalu lama menempel. Sebisa mungkin air hujan harus kamu singkirkan. Karena zat garam dari hujan yang bersifat korosif akan membuat mesinmu berkarat dan catmu menjadi kusam.

Oh ya, kamu juga gak boleh langsung ngelap motormu ketika masih basah karena hujan. Nanti debu – debu yang menempel di motormu akan membuat permukaan body motor lecet. Ada baiknya kamu siram dulu motormu supaya debu yang tersangkut disana hilang seketika. 

5. Poles Motor Secara Berkala

Selain  dicuci, cara mengkilapkan body motor yang wajib dilakukan adalah memolesnya secara rutin. Seperti skin food yang digunakan mantan kamu supaya kulit wajahnya selalu mulus, motormu juga harus di berikan polish wax agar tetap mengkilap seperti baru. Poles juga bagian kulit jeruk pada motormu, supaya kembali terlihat hitam seperti baru beli. 

6. Pilih Parkir Yang Teduh

Setelah ke 5 cara ampuh diatas kamu lakukan, kamu harus benar – benar selektif memilih tempat parkir. Jangan sampai motormu yang mengkilapnya udah gak kalah dengan sepatu bling – blingnya Syahrini malah dibiarin kepanasan. Kasian motornya sob, mending dicariin tempat yang agak adem gitu buat parkir. Atau kamu bisa berikan cover untuk motormu jika gak ada lagi tempat teduh di area sekitarmu.

Label : Cari Aman Wms Honda Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More