Wahana Honda

6 Cara Membuat Motor Kencang Tanpa Harus Modifikasi Mesin

Publikasi: 2 hari 8 jam 45 menit yang lalu

Motor yang bisa dibuat ngebut selalu menjadi sorotan bagi kaum adam. Bahkan banyak yang rela merombak ulang motornya secara total demi mendapatkan sensasi kebut – kebutan di jalanan. Terlebih setelah maraknya sinetron anak muda yang kerap geber motornya di jalanan. Semakin ramai aja motor ngebut di jalan raya. 

Tapi dalam cara membuat motor kencang, sebenarnya ada banyak aturan – aturan yang harus dipatuhi. Kamu bisa aja paham akan cara bikin motor kencang, tapi mungkin saat motornya kamu pakai di jalanan, kamu langsung kena tilang polisi karena motormu gak sesuai aturan yang ada di undang – undang. Maka itu, di bawah ini adalah beberapa tips tentang cara buat motor kencang tanpa harus modifikasi mesin. 

1. Pasang Knalpot Aftermarket

Cara membuat motor kencang yang pertama adalah dengan mengganti knalpot bawaan motormu dengan knalpot racing aftermarket. Dengan berat knalpot racing yang lebih ringan, beban yang dibawa motormu akan berkurang. Selain itu diharapkan converter katalitik dari knalpot ini akan menaikkan daya yang sudah ada.

Tapi pastikan kamu memilih knalpotmu dengan seksama. Pastikan knalpotnya cocok dengan motormu. Pastikan pengerjaannya mulus dan halus.

2. Suspensi yang optimal

Seolah sepele ya, tapi dengan shockbreaker yang prima ternyata kemampuan mesin akan jauh lebih optimal. Bisa dibilang tanpa adanya suspensi yang baik, mesin yang udah bore-up pun gak akan mengeluarkan kemampuan maksimalnya.

3. Velg ringan bisa menjadi opsi

Cara membuat motor kencang yang lain yaitu  dengan memilih velg yang  ringan. Teorinya masih sama, dengan beban kendaraan yang telah dipangkas diharapkan kemampuan motor semakin maksimal. 

Tapi memilih velg juga harus sesuai ya. Ukuran velg harus sesuai dengan standar kendaraan yang kamu punya bro. Supaya tetap nyaman saat dikendarai.

4. Ban yang sesuai

Pemilihan ban akan menyokong performa motor kamu. Tentunya ban sport dengan soft compound akan bikin motormu nge-grip banget dengan jalanan yang mulus layaknya sirkuit. Oleh karenanya, kalau kamu memang pengen ngebut di sirkuit, pemilihan ban sport adalah sangat tepat. Konsekuensinya, ban sport sendiri akan lebih gak tahan lama.

Tapi kalau jalanan yang kamu lalui adalah jalanan yang gak rata dan gak mulus – mulus banget, sangat disarankan buat kamu untuk pakai ban yang standar aja. Jangan memaksakan untuk menggunakan ban sport karena di jalanan yang tidak rata, ban seperti ini malah akan mencelakakanmu.

5. Modifikasi Karburator

Ini adalah cara buat motor kencang tanpa biaya banyak. Kenapa begitu? Karena biasanya hal ini dilakukan memang nyaris tanpa biaya. Apalagi kalau punya teman yang punya bengkel sendiri. Dijamin gratis tis tis! 

Memodifikasi karburator sendiri bertujuan agar performa ruang bakar pada motormu semakin maksimal. Caranya adalah dengan mengganti spuyer karburatormu dengan ukuran yang lebih besar. Tapi jangan asal ganti aja, penggantian yang gak sesuai berimbas motormu tersendat – sendat dan malah akan ngadat. Makanya, mintalah bantuan montir yang berpengalaman untuk menyetel karburatormu. Selain itu montir yang jago bisa mengajari kamu cara bikin motor kencang tapi irit.

6. Perawatan Rutin

Ini juga salah satu cara membuat motor kencang dengan biaya murah. Dengan perawatan yang rutin, dijamin motormu akan selalu dalam kondisi yang prima. Selain itu biaya untuk perawatan rutin gak akan mahal. Ganti oli dalam setiap bulan dan servis motor 2 bulan sekalipun udah cukup untuk bikin motormu kencang. Alhasil kamu gak perlu lagi bingung cari cara membuat motor kencang tanpa biaya yang mahal. 

Nah keenam cara diatas bisa banget bikin motormu kencang tanpa oprek mesin. Bagaimanapun, kamu boleh saja ngebut di jalanan. Yang penting kamu selalu patuhi peraturan lalu lintas yang ada ya.

Label : Cari Aman Cari Aman

Comment

Your comment
Load More