Wahana Honda

5 Rahasia Mengkilapkan Mesin Motor Yang Dekil Dan Kotor

Publikasi: 8 jam 48 menit yang lalu

Mencuci motor adalah hal yang akan sangat dinikmati oleh seseorang yang sayang dengan motornya. Di waktu luang, kegiatan mencuci motor bukan lagi sebuah kewajiban, namun sebuah sarana relaksasi supaya nantinya bisa melihat motor kesayangan kembali kinclong layaknya motor yang baru keluar dari dealer. 

Tapi harapan itu akan segera sirna ketika kamu mengetahui mesin motor dan part – part logam dari motormu berkerak dan terkena noda yang susah dihilangkan. Terlebih lagi kalau oli mesin sudah merembes keluar dari blok mesinmu. Sirna sudah kepuasan akan melihat motormu bersih berkilau. Gak hanya itu, sia – sia juga kamu mencuci motormu. Karena noda membandel di mesin motormu gak kunjung hilang. 

Tapi sebenarnya semua itu bisa diatasi bro. Cara mengkilapkan mesin motor ternyata amat mudah kalau kamu sudah tau caranya. Hal ini hanya membutuhkan beberapa peralatan ekstra dan kesabaran.  Karena berbeda dengan cara mengkilapkan motor pada bagian body, part – part mesin dan logam lainnya butuh penanganan tersendiri. Seperti apa sih cara penanganannya? Yuk kita lihat beberapa tips di bawah ini. 

1. Persiapkan peralatan tempurmu

Peralatan yang harus kamu siapkan yaitu sikat, sikat gigi, busa, lap kanebo, lap microfiber, baskom atau ember kecil untuk wadah dan juga segenap niat untuk mengkilapkan mesin motormu. Ada baiknya selain mempersiapkan peralatan kamu juga berdoa agar hasil dari pekerjaanmu ini maksimal.

2. Cuci motor dengan shampoo khusus motor

Setelah peralatan sudah kamu siapkan, cuci dulu motor kesayanganmu sebelum membersihkan hal – hal detail seperti mesin dan part – part logam yang lain. Gunakan shampoo motor yang sudah umum dijual di pasaran. 

Jangan gunakan shampoo untuk rambut seperti yang dilakukan oleh banyak orang. Lebih parah lagi, jangan gunakan detergen untuk mencuci motormu. Bedakan cara mencuci motor dengan cara mencuci kolor. Jauh banget bedanya bro.

Okay, part mencuci body motor sudah kelar. Kamu pun juga pasti sudah tau cara membuat body motor mengkilap pasca dicuci. Jadi kita akan lanjut ke step selanjutnya. 

3. Gunakan cairan pembersih piring 

Setelah mencuci motor dan mengeringkannya, sekarang saatnya mengurusi part – part yang lebih detail. Untuk pemanasan, kamu bisa mencucinya dengan sabun cuci piring. Kalau gak ada, mungkin bisa juga dengan sabun colek. Pastikan kamu izin ke emak terlebih dahulu bro. Kalau lupa minta izin, ntar kualat loh. 

Sabun cuci piring terkenal handal dalam mengatasi minyak yang membandel. Karenanya, diharapkan rembesan oli yang ada di mesinmu bisa teratasi. Gunakan sikat untuk bagian – bagian yang besar. Gunakan juga sikat gigi untuk bagian – bagian yang kecil. Setelah semuanya dibersihkan, keringkan dan cek apa masih ada noda yang membandel. 

4. Bensin atau solar? Bisa kok

Cara mengkilapkan motor seutuhnya memang tidaklah mudah. Jadi wajar saja jika setelah kamu membersihkannya dengan sabun cuci piring dan hasilnya masih kurang maksimal. Itu pertanda kamu harus masuk ke tahap ini. 

Penggunaan bensin maupun solar bisa membantu proses menghilangkan noda membandel pada mesinmu. Tetap gunakan kuas ataupun sikat gigi untuk detail di bagian – bagian kecil pada motormu. Gunakan juga amplas halus jika masih ada kerak membandel di mesinmu. Gosok secara hati – hati, jangan sampai amplasmu malah membuat mesin tergores dan membekas di mesin. 

Setelah menggunakan bensin dan solar, kembali bilas menggunakan sabun cuci piring, lalu keringkan.

5. Metal polish

Di tahap ini, mesin motormu sudah pasti terlihat jauh lebih bersih daripada sebelumnya. Tugasmu yang terakhir adalah memoles mesin dan part logam yang lain supaya mengkilap menggunakan metal polish. Semprotkan merata dan lap menggunakan lap microfiber sehingga permukaan logamnya semakin kinclong.

Ke-5 tahapan diatas adalah cara untuk mengkilapkan mesin motor kesayanganmu. Pastikan motormu terlihat bersih dan mengkilap, karena motor yang bersih adalah cerminan positif dari pemiliknya. 

Label : Perawatan Motor Cari Aman

Comment

Your comment
Load More