Wahana Honda

7 Cara Mengendarai Motor Kopling Saat Hujan Deras, No 3 Wajib!

Publikasi: 5 hari 8 jam 57 menit yang lalu

Berkendara dengan motor itu memang simple dan ringkas namun banyak halangannya, salah satunya adalah hujan yang mendera pemotor.  Saat hujan datang, biasanya banyak ditemui motor – motor yang mogok di jalanan. Bayangin aja ketika kamu lagi asik – asiknya menikmati momen ujan – ujanan ala Dilan dan Milea, eh motormu malah mogok. Ancur deh reputasi di depan gebetanmu broo!

Sayangnya banyak pengendara yang gak tau bagaimana cara mengendarai motor kopling saat hujan. Hampir bisa dipastikan banyak pengendara yang menjadi korban akan turunnya hujan di muka bumi. Bukannya menyalahkan hujan sih, karena yang salah kan si pengendara motor sendiri. 

Nah supaya kamu, motormu, dan kisah cintamu gak jadi korban gara – gara hujan, nih ada beberapa tips mengendarai motor kopling saat hujan deras. Tengsin bro, motornya gede tapi kalah ama ujan. Pffft! 

1. Awali semuanya dengan berdoa dan persiapan yang cukup

Intinya jika kamu akan berkendara, awali semuanya dengan doa. Selain itu, persiapkan kendaraanmu secara baik. Kamu wajib membuat motormu layak untuk dikendalikan. Alat kendali seperti gas, rem dan kopling harus selalu dalam kondisi prima. Spion dan lampu sein juga harus selalu siap sedia bro!

Persiapan yang baik akan menghasilkan segala sesuatu yang baik juga. Hal itu juga berlaku untuk urusan motormu.

2. Tekanan udara di dalam ban yang rutin di kontrol

Kontrol banmu minimal seminggu sekali, hal ini akan sangat berguna disaat hujan datang. Kamu gak akan pernah tau kapan hujan akan datang karena cuaca extreme yang sedang melanda. 

3. Atur kecepatan adalah hal yang wajib!

Melambat adalah keputusan mutlak yang harus kamu lakukan jika berkendara di saat hujan. Selain menjaga jarak,  berkendara lebih lambat akan membuat banmu lebih mencengkeram jalan. Dan hal itu akan memastikan perjalananmu lebih aman. 

4. Tanjakan dan turunan

Disaat hujan, tanjakan dan turunan bisa jadi sangat berbahaya. Cara mengendarai motor kopling di tanjakan adalah dengan menjaga kecepatan tetap stabil di gear yang rendah. Jangan berpikir untuk berkecepatan tinggi di tanjakan, apalagi dengan gear yang tinggi. 

Di turunan, lakukan engine brake pada motor. Hal ini akan membuat laju motor melambat tanpa harus menggunakan rem. Kamupun gak akan khawatir motor akan selip. Karena motormu aman terkendali. 

Kuasai juga medan tanjakan dan turunan yang akan kamu lewati. Jika kamu sudah hapal dengan jalan dan sudut tikungannya, cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan saat hujan akan mudah untuk kamu kuasai. 

5. Jaga jarak aman

Jarak aman antar kendaraan wajib selalu dijaga. Pastikan juga lampu motormu menyala dengan baik. Lampu yang menyala terang akan membantumu menjaga jarak dengan kendaraan di depanmu. Selain itu dengan lampu yang terang, pengendara di depanmu akan semakin waspada dan awas dengan keadaan jalanan. 

6. Pemilihan jas hujan 

Jas hujan juga memegang peranan penting untuk melawan lebatnya hujan saat kita mengendarai motor. Untuk motor kopling, ada baiknya untuk menggunakan jas hujan celana dan baju. Mengapa? Karena dengan badan motor yang besar layaknya motor kopling, jas ponco yang digunakan akan membuat kendalinya tidak stabil.

Selain itu, jas ponco juga rawan digunakan karena seringkali tersangkut dengan gear motor di ban belakang. 

7. Genangan air bisa berbahaya

Jika di perjalananmu yang basah ini menemui genangan air, maka hindarilah sebisanya. Kamu gak akan tau seberapa dalam lubang yang ada di genangan air tersebut. Atau kamu juga bisa melewati genangan tersebut dengan pelan dan hati – hati. 

Jika genangannya terlampau tinggi hingga terjadi banjir lokal, lewati jika ketinggiannya tidak lebih tinggi dari mesinmu. Tapi pastikan kamu menggunakan setengah kopling dengan gas yang stabil atau tidak naik turun gas saat melewatinya. Gas yang naik turun akan membuat air yang ada di genangan tersedot ke dalam knalpotmu.

Jika sudah masuk di motormu, mau tidak mau motormu akan mogok lagi. Segera bawa ke bengkel  dan jangan di paksa untuk di hidupkan.

Label : Cari Aman Safety Riding Cari Aman Safety Riding

Comment

Your comment
Load More