Wahana Honda

7 Cara Mengendarai Motor Dengan Barang Bawaan Banyak

Publikasi: 4 hari 8 jam 58 menit yang lalu

Sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan. Tentunya hal ini tak lepas dari bentuknya yang ramping dan mudah dibawa kemana saja. Mau track yang dekat maupun yang jauh, sepeda motor bisa saja menjangkaunya dengan mudah. 

Namun karena motor ini digemari, tak jarang orang – orang juga mempergunakannya untuk mengangkut barang diatasnya. Bahkan kalau kamu pernah melihat beberapa meme yang tersebar di internet, banyak juga yang mengangkut barang yang banyak banget menggunakan sepeda motor. 

Sebenarnya sah – sah aja kalau ingin memanfaatkan motor sebagai alat untuk mempermudah kamu membawa barang. Tapi yang harus kamu tau, membawa barang diatas motor itu ada syaratnya bro! Ga asal angkut aja. Parahnya, kalau kamu ngotot melanggar hal ini, bisa – bisa kamu ditilang ama polisi yang bertugas. 

Nah, daripada kamu ditilang gara – gara barang bawaanmu kelewat batas, mending kamu baca dulu beberapa aturan di bawah ini supaya kamu tahu bagaimana cara mengendarai motor dengan barang bawaan yang banyak. Check it out, bro! 

1. Jangan lebih lebar dari setang motor

Peraturan yang ada melarang kamu untuk mengangkut barang yang lebarnya lebih lebar daripada stang motormu. Jadi pastikan barang bawaanmu tidak melebihi batas itu. Karena kalau tidak, kamu sendiri akan direpotkan dengan lebar barang bawaanmu. Pengendara lainlah yang bisa terkena imbasnya.

2. Jangan lebih tinggi dari pundak

Menumpuk barang di belakang pengemudi boleh – boleh aja bro, tapi ya gak sampai tinggi banget juga. Karena salah satu cara mengendarai sepeda motor dengan barang bawaan yang banyak adalah memastikan tinggi barang bawaan tidak lebih dari bahu kamu.

3. Pakai tali karet supaya aman 

Ada trik jitu supaya barang bawaanmu gak goyang di tengah perjalanan. Gunakan tali karet yang banyak dijual untuk mengikat barang bawaanmu. Atau kalau gak ada tali karet, kamu bisa menggunting ban dalam bekas sebagai alternatif tali pengikat barangmu. 

Jangan gunakan tali rafia untuk mengikat barangmu, selain mudah putus tali rafia juga tidak aman untuk digunakan dalam perjalanan jauh. Karena sifatnya yang bisa memuai karena panas..

Terlebih lagi kalau kamu menggunakan motor matic. Cara mengendarai motor matic di turunan sambil membawa banyak barang adalah dengan memastikan telah mengikatnya secara aman. 

4. Kalau pakai matic bisa ditaruh di depan 

Motor matic bisa dibilang lebih unggul untuk membawa banyak barang bawaan. Selain cara mengendarai motor matic lebih mudah, motor matic juga terdapat space kosong yang dapat dimanfaatkan untuk membawa barang bawaan lebih banyak. Yang jelas jangan sampai mengganggu kendali setang motormu ya.

5. Pakai tas obrok? Boleh kok, sesuai standar ya tapi

Tas obrok biasanya digunakan oleh salesman atau motoris untuk membawa barang dagangannya kemana – mana. Hal ini tidak salah, karena selama tas obrok tidak terlalu lebar, keberadaannya akan sangat membantu.

6. Bagasi tambahan boleh kok

Motor keluaran 2015 keatas biasanya sudah dilengkapi dengan bagasi yang cukup luas. Tapi jika itu tidak cukup luas untukmu, maka kamu bisa menggunakan bagasi tambahan di belakang motormu. Selain itu juga ada bagasi samping yang juga bisa kamu pasang jika kamu masih merasa kekurangan tempat penyimpanan. 

7. Pastikan lampu sein dan lampu lain tidak tertutup

Yang terakhir yaitu pastikan barang bawaanmu tidak menutupi lampu sein dan lampu – lampu lain di motormu. Tentunya hanya orang bego yang bawa barang bawaan berlebihan hingga lampu sein-nya tertutupi kan? 

Semoga ketujuh tips di atas bisa membantumu membawa barang bawaan secara aman hingga sampai tujuan. Selalu pastikan untuk menomorsatukan keselamatan bersama dan berkendara secara bijak di jalanan. 

Label : Cari Aman Safety Riding Cari Aman Safety Riding

Comment

Your comment
Load More