7 Penyebab Motor Mendadak Mati. Nomer 1 Yang Paling Ringan

Publikasi: 5 bulan 14 hari 4 jam 13 menit yang lalu

Pernah mengalami mesin sepeda motor mendadak mati? Ketahuilah, sesunguhnya  proses mati  atau mogok itu tidak  terjadi secara mendadak. 

Motor  mendadak mogok, sangat mungkin  bisa disebabkan karena banyak faktor dan  biasanya itu terjadi lewat beberapa proses. Nah, mari kenali dari dekat mengapa motormu mendadak mogok 

Bahan Bakar Habis

Hal pertama yang harus dipastikan ketika mesin motor mati mendadak adalah posisi bahan bakar. Mungkin ada kondisi dimana indikator bahan bakar tidak bisa berfungsi dengan normal sehingga menyebabkan pengendara tidak bisa melihat level bahan bakar pada tangki motornya. Oleh karena itu, memeriksa kondisi bahan bakar motor sebelum berkendara perlu dilakukan.

Pompa Bahan Bakar Tidak Berfungsi

Pompa bahan bakar memiliki fungsi untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki menuju ke injector di mesin dengan tekanan yang tinggi. Apabila pompa tidak beroperasi maka proses pembakaran diruang bakar mesin tidak akan terjadi, sehingga mesin tidak bisa beroperasi.

Injector Tersumbat

Berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar pada ruang bakar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mesin. Banyak sedikitnya bahan bakar yang diinjeksikan ditentukan oleh ECU. Ada kalanya injector kendaraan bisa tersumbat karena adanya zat asing yang terbawa oleh bahan bakar.

Busi Kotor

Busi merupakan komponen yang berfungsi untuk memercikkan api pada saat kompresi agar proses pembakaran bisa terjadi dan piston bisa bergerak untuk memutar crankshaft. Oleh karena itu, busi harus tetap dijaga pada kondisi yang ideal. Pemeriksaan dan penggantian busi harus rutin dilakukan untuk mencegah kendaraan Anda mati mendadak akibat tidak adanya pengapian pada ruang bakar.

Filter Udara Kotor

Udara yang akan masuk ke mesin motor akan disaring terlebih dahulu oleh filter udara untuk memastikan bahwa udara yang akan masuk ruang bakar harus terbebas dari partikel debu dan kotoran. Apabila filter udara kotor maka akan berdampak pada suplai udara ke mesin dan akan menyebabkan tenaga mesin tidak optimal atau bahkan bisa menyebabkan mesin mati.

Aki Motor Soak

Motor yang sudah menggunakan sistem injeksi, proses penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar sudah menggunakan perangkat elektronik, yaitu injector. Sebelum bahan bakar bensin diinjeksikan ke ruang bakar, bensin dialirkan dan didistribusikan terlebih dahulu oleh pompa bahan bakar dari tangki bahan bakar menuju ke injector. Sumber tegangan yang digunakan untuk memutar pompa bahan bakar berasal dari aki. Apabila aki Anda soak dan tidak segera diganti maka akan berdampak pada performa dari pompa bahan bakar. Tegangan yang diberikan menjadi tidak optimal sehingga apabila dibiarkan secara berlarut-larut dapat merusak pompa bahan bakar kendaraan.

Nah, itulah tanda-tada dari sebuah motor sebelum ia bisa mati mendadak. Jika perlu pastikan tenaga ahli menangani motor setiap minimum  dua-tiga bulan sekali.   Dan itu artinya adalah saat berkunjungi ke bengkel AHASS terdekat, sekaligus lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Service Motor Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Servis Motor WahanaHonda ServisPastiDariYangAhli

Berita Terkait