Perhatikan Kabel, Demi Hindari Boros Bensin

Publikasi: 6 bulan 21 hari 23 jam 1 menit yang lalu

Pernah perhatikan kabel-kabel yang ada di motor kamu?  Tahukah kamu  bahwa kabel yang bagus bikin motor irit dan bisa berlari lebih kencang? Karena itu, penting sekali untuk merawat kabel-kabel kelistrikan yang terdapat pada sepeda motormu.

Selain komponen bergerak, kabel-kabel kelistrikan penting dirawat, sebab  sebagai penghantar listrik, dia menentukan tenaga yang  akan dihasilkan.

Alasannya simpel dan masuk akal. Begini, motor beroperasi jika bahan bakar diolah sempurna oleh mesin. Tapi, mustahil bahan bakar terbakar sempurna jadi tenaga jika pemantiknya jelek.

Di motor, api busi berawal dari listrik spul, aki, CDI, koil, terakhir di busi. Nah, jika penghantarnya buruk, listrik yang dihasilkan untuk lontarkan percikan api pun jelek. 

Pembakaran tak sempurna, tenaga lemes. Dan pada akhirnya  bikin bensin boros.

Karena itu penting sering-sering untuk melihat kabel-kabel ini. Apalagi,  bagian ini bukan komponen yang kudu sering diganti. Tapi, justru di sini bahayanya. Karena usia, kabel kekurangan daya hantar listrik. Minimal, akan terjadi korosi di tiap soket penyambungnya.

Kabel dipastikan bisa rusak setelah pemakaian tahunan. Biasanya mulai getas. Slongsongnya mengeras, dan jadi kaku. 

Jika dibelah, akan muncul kerak putih korosi. Sebabnya, karena panas listrik dan terpapar panas mesin.

Untuk itu  perlu mendeteksi  sejak awal lewat sambungan kabel ini. Biasanya, di soket penyambung, terlihat kerak-kerak putih korosi. Di titik sambungan, hambatan arus listrik yang paling besar muncul

Sebenarnya, mengatasinya mudah. Tinggal lepas semua soket sambungan, baik sambungan pengapian atau kelistrikan. Langkah selanjutnya, membersihkan kerak korosinya dengan cairan pembersih karat. Tinggal semprot. 

Lebih cakep lagi,  kalau tiap sambungan dibersihkan dengan sikat kawat, atau amplas halus. Bersihin sampai terlihat lapisan logamnya

Jika perlu, ganti satu set kabel bodi. Nah, jika kamu tidak paham untuk menggantinya, artinya sudah saatnya  Ada baiknya,  minta tenaga ahli untuk menanganinya.   

Karena itu bisa kunjungi bengkel AHASS terdekat, sekaligus lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Service Motor Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Servis Motor #hondacare Motor Boros Kabel Kelistrikan Kabel Listrik Motor

Berita Terkait