8 Cara Merawat Motor Matic Injeksi Yang Benar

Publikasi: 6 bulan 21 hari 9 jam 3 menit yang lalu

Kamu Harus Tau, Ini Peraturan Tak Tertulis yang Bisa Menjagamu Tetap Aman di Jalan Raya

Setidaknya 80% pengguna roda dua di tanah air memilih motor matic sebagai kendaraannya. Dan sebagian besar dari mereka sekarang telah condong ke mesin matic injeksi yang teknologinya lebih canggih ketimbang matic yang masih menggunakan karburator dalam sistem bahan bakarnya. 

Memang motor matic injeksi yang saat ini sedang populer di masyarakat menawarkan fitur yang menarik. Selain karena sistem injeksi yang membuat bahan bakar menjadi sangat irit, cara merawat motor injeksi juga lebih mudah. Bahkan jika diservis di bengkel, proses servisnya jauh lebih cepat ketimbang motor yang masih menggunakan karburator. Tentunya karena sistemnya sudah canggih, cara merawat mesin motor akan jauh lebih mudah.

Kendati demikian, masih ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik motor matic. Karena menganggap motor matic injeksi lebih mudah dirawat, akhirnya banyak juga yang menyepelekan cara merawat motor yang mereka miliki. Jadi seperti apa sih cara merawat motor matic injeksi yang benar? Apakah sama dengan cara merawat motor matic biasa? Yuk kita lihat beberapa tips  di bawah ini. 

1. Pastikan motor selalu dipanasi di pagi hari

Mengendarai motor yang belum di panasi sama aja dengan kamu membunuh motormu secara perlahan. Dan membunuh itu tidak dianjurkan oleh agama maupun negara. Oleh sebab itu panaskan motormu sebelum dipakai. Tidak punya waktu untuk memanasi motor? Ya kamu siapin aja segepok duit buat jaga – jaga pas motormu turun mesin ya. Hayo, milih bayar duit apa bangun lebih pagi buat manasin motor? 

Oh ya, jangan memanasi motormu dengan electric starter ya. Pakai kick starter untuk memanasinya di awal hari. 

2. Periksa kondisi aki dan businya

Salah satu cara merawat motor matic adalah dengan selalu mengontrol kondisi aki dan businya. Jika kondisi aki dan busi sudah tidak mumpuni lagi untuk digunakan, belikan sparepart yang sesuai standar dari motormu. Untuk sparepart motor pabrikan honda, kamu bisa mendapatkannya di bengkel AHASS terdekat. 

3. Jangan pelit buat beli bensin sob!

Sudah menjadi kewajiban pengendara motor untuk memberikan bahan bakar yang sesuai untuk motornya. Jangan sampai kamu jadi pemilik motor yang pelit untuk beli bensin. Emang sih sekarang harga bahan bakar lagi mahal – mahalnya. Tapi kalau dipikir lebih jauh, lebih mahal mana biaya untuk beli bensin atau untuk bayarin servis motor kamu yang keseringan keabisan bensin?

Terlebih untuk motor matic injeksi, jangan sampai dibiarin keabisan bensin ya sob. Kalau injector-nya udah kena imbasnya, dompet kamu juga bisa ikutan nangis. 

4. Kendarai secara bijak

Mengendarainya secara bijaksana adalah salah satu cara merawat motor matic injeksi yang benar. Ketika kamu mengendarainya secara ugal – ugalan bisa aja mesin motormu gak akan awet seperti yang diharapkan. Terlebih lagi untuk motor matic, menarik gas dan melepaskannya secara berulang – ulang adalah tindakan yang tidak dianjurkan oleh pabrikan motor.

5. Ganti Oli secara rutin

Selain pemberian bahan bakar yang sesuai, pemberian oli ini juga sangat penting. Maksimal setiap 5000 km kamu harus mengganti oli, dan setiap 1000 km kamu harus mengganti oli mesinmu. Atau jika kamu sudah merasa mesinmu berbunyi lebih kasar dari biasanya, kamu bisa mengganti olinya sebelum sampai ke kilometer yang dianjurkan.

6. Vent Belt dan Roller motormu

Kamu juga harus sering mengecek keadaan komponen pendukung penggerak motormu ini sob. 2 komponen ini rentan akan kotoran dan juga kerusakan. Jadi pastikan untuk mengecek kedua komponen ini. 

7. Shockbreakermu apa kabar? 

Karena motor matic hanya menggunakan satu shockbreaker belakang, kamu juga harus sering mengecek keadaannya. Jika sudah berdecit, itu tandanya oli dari shockbreaker harus segera diganti. Pada umumnya sih setiap 10.000 km shockbreaker harus diganti olinya. 

8. Bawa servis secara rutin

Motor matic injeksi akan lebih terawat jika secara rutin dibawa ke bengkel resminya. Jadi ketika ada issue tentang kesehatan motormu, antisipasinya akan dilakukan dengan tepat. Pastikan maksimal 2 bulan sekali motormu mendapatkan perawatan prma di bengkel resmi terdekat.

Label : Matic Perawatan Motor Cari Aman Tips Merawat Motor Matic Perawatan Motor Cari Aman Tips Merawat Motor Matic Perawatan Motor Cari Aman Tips Merawat Motor Matic Perawatan Motor Cari Aman Tips Merawat Motor Matic Perawatan Motor Cari Aman Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More