Anti Tertipu, Inilah 4 Cara Bisa Digunakan Untuk Membedakan Kampas Rem Ori Dan KW

Publikasi: 1 tahun 5 bulan 19 hari 23 jam 30 menit yang lalu

Kalau melihat fungsinya, rem adalah komponen di motor yang sangat penting. Selain bisa hindarkan pengendara dari tabrakan, juga jadi pelindung pertama saat dalam keadaan genting di jalanan. Masih tentang hal ini. Kendati jadi bagian tunggangan sangat urgent, namun ada beberapa oknum yang malah menyalah gunakan benda tersebut dengan menjual kampas rem kw. Mungkin resikonya tidak langsung dirasa, namun berpotensi memiliki dampak buruk bagi pengendara dan motornya.

Pasalnya, benda tersebut yang tidak ori akan cepat aus atau malah menimbulkan sejumlah masalah. Seperti contohnya merusak disc brake, dan membuat pengeriman tidak pakem.Berkaca dari hal tersebut, tentu menjadi sebuah hal meyedihkan kalau sampai kita alami insiden di jalanan lantaran rem kw. Nah agar tidak merasakan fenomana tersebut. berikut penulis mempunyai beberapa kiat bisa digunakan untuk membendakan yang mana rem kw dan asli.

Melihat kemasan yang membungkus kampas rem

Seperti halnya membedakan oli imitasi dan asli, dalam kasus mencari kampas rem yang ori, melihat kemasan pembukusnya juga bisa jadi salah satu cara. Di mana ketika kalian melakukan hal ini, perhantikan hologram yang menempel di benda kemasan benda tersebut. Biasanya yang tidak kw akan menunjukkan hologram dengan gambar penyedia spare part tersebut. Seperti contohnya pada bungkus kampas rem Astra Honda, hologramnya akan menunjukkan logo AHM dan Honda Genuine Parts (HGP). 

Sedangkan yang kw, meski berhologram tapi tidak menunjukkan logo sebuah pabrikannya. Selain hal tersebut, anda juga bisa mencerwati identitas yang di bungkusnya. Maksudnya, ketika di wadahnya muncul logo perusahaan tapi tidak ada alamatnya maka itu indikasi tidak ori, dan bila sebaliknya lengkap, hal tersebut adalah indikator kampas yang kalian beli asli.

Teliti tekstur kampas rem agar tidak salah beli

Selain hal tadi, trik lain yang juga bisa digunakan sebagai pegangan untuk membedakan kampas rem asli dan kw adalah dengan melihat detail teksturnya. Apabila kalian meraba benda tersebut, lalu mendapatkan bentuknya yang padat maka itu adalah indikasi asli, jika sebaliknya, kampas rem kamu pegang rampuh hal tersebut bisa jadi adalah kw.

Kualitas seperti itulah yang menjadi biang keladi kenapa kampas rem tidak berusia lama. Masih tentang hal tersebut, material kampas rem juga bisa digunakan sebagai patokan apakah benda tersebut kaleng-kaleng atau ori. Cara sama dengan tadi, yakni diraba. Apabila kalian mendapati bahan pembentuknnya berupa non-asbestos yang ramah lingkungan, maka kamu patut bersyukur karena itu adalah asli. 

Tidak mempunyai sebuah kode produksi

Lebih jauh tentang membedakan kampas rem yang tipu-tipu dan ori. Dalam menentukannya, kalian juga bisa mencermati identitas yang ada di bagian benda tersebut. Pada umumnya, kampas rem yang dibuat oleh pabrikan resmi akan disematkan sebuah kode produksi. Biasanya berbupa angka semua atau ada kombinasi angka dan huruf. 

Apabila kalian mendapatkan kampas rem tapi hal tersebut tidak ada siap-siap dech segera minta ganti. Selain itu kw, juga ke depan bakal membuat usianya tidak bertahan lama setelah dipasangan di kendaraanmu. Jadi mulai sekarang lebih cemat lagi ya sob, untuk menentukan mana spare part yang asli dan abal-abal.

Jangan sampai tergiur dengan harga yang murah

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, kalau dilakukan perbandingan harga antara kampas kw dan asli akan ditemukan perbedaan mencolok. Bahkan kalau diibaratkan layaknya bumi dan langit. Pasalnya, bandrol spare part tersebut yang masuk kategori ori harganya mahal, sedangkan untuk kw lebih murah. 

Seperti contohnya adalah milik Beat ESP yang dibandrol dengan harga 51 ribu. Nah, berkaca dari hal tersebut tentu kalian patut menaruh curiga terhadap kampas rem yang dijual harga miring. Meski tidak semuanya yang murah adalah kw, namun sekiranya yang mahal bisa mejamin jenis kampas rem kenapa tidak itu saja dipilih. Toh, hal tersebut dilakukan juga demi motor tercinta.

Seperti itulah tadi beberapa tips untuk membedakan mana kampas rem ori dan yang tipu-tipu. Meski perluh effort lebih untuk melakukannya, namun demi motor tetap sehat pastinya bukan sebuah masalah untuk melakukannya. 

Label : Cari Aman Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More