wanda

Di Balik Manfaatnya, Inilah 4 Hal Yang Jarang Diketahui Terkait Memanaskan Roda Dua

Publikasi: 7 bulan 5 hari 15 jam 24 menit yang lalu

Berbicara tentang memanaskan motor, kira-kira apa yang terlintas dalam pikiranmu? Yaa, betul sekali sebuah aktivitas yang dilakukan sebelum berkendara. Sebagai sebuah ‘ritual’ yang rutin dilakukan, kegiatan satu ini bisa bisa dikatakan menyimpan banyak manfaat untuk motor. Salah satunya adalah membuat mesin jauh lebih awet dan aki tidak mudah soak. 

Masih terkait memanaskan kendaraan, di tengah perkembangan zaman ini banyak ditemukan penelitian baru terkait kegiatan tersebut. Bahkan ada sejumlah fakta mengatakan, motor-motor modern dengan teknologi mutakhir saat ini tidak perlu melakukan ‘ritual’ ini lagi. Lalu memanaskan motor juga kini ada perhitungannya, jadi tidak dilakukan dengan asal-asalan. Lalu seperti apakah hal tersebut sebetulnya? Temukan jawabannya di ulasan berikut ini.

Kegiatan ini tidak perlu dilakukan untuk motor yang punya teknologi ini

Selain mempengaruhi jenis dan model kendaraan, perkembangan zaman ternyata diam-diam juga membuat kegiatan memanaskan motor boleh tidak dilakukan. Di mana hal ini disebabkan oleh penggunaan teknologi Fuel Injection (FI/Injeksi) di motor, yang mana bisa memembuat kendaraan roda dua tidak perlu dipanasi layaknya motor yang masih gunakan sistem karburator. 

Tidak itu saja, dengan sistem ijeksi yang telah diatur oleh Engine Control  Modulu (ECM) bila melakukan pemanasan kendaraan tidak perlu menarik gas secara berulang-ulang. Cukup dibiarkan saja motor akan dengan sendirinya melakukan ritual dengan baik. Bagaimana apa dari kalian sudah mengetahui hal ini?

Ini waktu yang baik ketika melakukan ritual ini

Masih tentang kegiatan ini, ternyata memanaskan motor itu ada aturannya. Tidak dilakukan dengan asal-asalan atau sembrono. Seperti salah satunya terkait lamanya kegiatan tersebut. Mereka yang melakukan hal ini tidak diajaurkan untuk berlama-lama mamanaskan tunggangannya. Dari penelusuran penulis, waktu yang baik untuk melakukan ‘ritual’ ini adalah 3 sampai 5 menit saja. Lebih dari waktu itu tidak dianjurkan.

Alasanya kenapa kendaraan roda dua tidak baik untuk dipanaskan terlalu lama adalah, agar  motor tidak mengalami overheating atau panas berlebihan. Hal ini lantaran sirkulasi udara di kendaraan tidak berjalan saat dipanaskan. Sebab, motor pasti salalu dalam keadaan diam. Kegiatan tersebut bila dilakukan terlalu lama juga membuat knalpot cepat menguning dan boros terhadap bahan bakar. 

Kick stater jadi awalan ketika melakukan ‘ritual’ ini

Seperti telah disinggung tadi tentang kegiatan satu ini tidak boleh dilakukan dengan sembrono. Memanaskan motor juga mempunyai metode yang bila dilakukan bisa membuat ‘ritual’ ini hasilkan manfaat untuk kendaraan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kick stater saat menghidupkan kendaraan. Tujuan dari hal tersebut adalah meringankan beban kelistrikan di kendaraan.

Seperti yang kita tahu, sistem elektrik stater memakai baterai sebagai sumber tenaga. Jadi jika tanpa kick stater saat menghidupkan si kuda besi akan membebani benda tersebut. Alhasil, potensi aki soak atau sitem kelistrikan rewel sangat tinggi. Apalagi untuk motor yang sudah nonaktif selama beberapa minggu, tegangan baterainya bisa drop. 

Tujuan sebenarnya kenapa harus memanaskan motor 

Masih terkait memanaskan motor. Kegiatan bisa dikatakan merupakan sebuah ‘ritual’ banyak manfaat positifnya. Hal ini tentu bukanlah tanpa alasan, sebab, tujuan melakukan hal ini untuk menjadikan mesin dan beberapa komponen si kuda besi bisa tampil optimal. Kenapa demikian? Karena memanaskan motor sama halnya perenggangan seorang atlet, yang mana fungsinya untuk  mempersiapkan sebelum beraktivitas.   

Jadi, ketika motor dipanaskan akan membuat sirkulasi oli mesin akan berjalan baik. Kalau sudah begitu kendaraan tidak akan kaget bila tiba-tiba diajak ngebut. Selain itu, memanaskan motor juga membuat komponen mesin lebih awet, lantaran tidak tiba-tiba bekerja setelah berhenti lama.

Itulah tadi beberapa fakta lain di balik manfaat dari memanaskan motor. Berkaca dari hal tersebut, sepertinya memanaskan motor tetap perlu dilakukan meski sebuah kendaraan punya teknologi baru. Namun, saat melakukannya harus sesuai prosedur agar efek positif  yang kita dirasakan. Jangan sampai lantaran ‘ritual’sederhana ini kendaran berurusan dengan service mahal. 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More