Apakah Cakram Motor Yang Penyok Bisa Diperbaiki?

Publikasi: 4 bulan 2 hari 2 jam 8 menit yang lalu

Peribahasa, “Sudah jatuh tertimpa tangga,” memang cocok jika motor kesayangan jatuh, mengenai benda keras, dan akhirnya cakram pun penyok. Kalau motor tetap dipaksakan jalan, Anda pun akan sulit melakukan pengereman, karena penyoknya si cakra mini.

Cakram penyok ini tidak harus buru-buru diganti sebenarnya. Apalagi jika Anda masih merasakan tanggal tua. Sebagai perbandingan, Anda harus membayar lebih dari Rp100.000 untuk mendapatkan cakram baru. Sementara itu untuk memperbaikinya, hanya diperlukan biaya puluhan ribu rupiah.

Lho, memangnya cakram yang penyok bisa diperbaiki?

Cakram motor bisa diperbaiki jika penyok

Memang sih idealnya, cakram motor yang penyok sebaiknya diganti. Namun dalam kondisi darurat (termasuk darurat keuangan), cobalah untuk memperbaikinya terlebih dahulu, Caranya dengan cara dipress.

Namun ada syaratnya. Cakram yang telah dalam kondisi peyang ini, masih bisa diperbaiki, apabila:

  • Cakram masih cukup tebal
  • Penyoknya tidak terlalu parah

Lantas, apa akibatnya jika Anda memaksa memperbaiki cakram penyok, yang sudah terlalu tipis? Cakram malah akhirnya bisa patah. 

Cara merawat cakram motor

Tentu saja cakram berperan penting dalam proses pengereman. Oleh karena itu, jangan sampai lupa dalam merawatnya. Berikut ini tips yang penting untuk diikuti, untuk menjaga cakram motor tetap berfungsi dengan baik.

1. Ganti minyak rem

Lakukan penggantian minyak rem secara teratur. Pemilik motor disarankan untuk mengganti minyak rem satu kali setiap dua tahun. Sebagai patokan lain, gantilah minyak rem jika motor telah mencapai perjalanan sejauh 24.000 kilometer.

2. Periksa minyak rem

Meski Anda hanya baru akan mengganti minyak rem setiap dua tahun sekali, lakukan pemeriksaan minyak rem dengan melihatnya pada tank master rem. Periksa volume dan kualitas minyak rem setiap 3.000 kilometer. Caranya, cukup dengan memantau level permukaan minyak rem di master rem. Jangan lupa juga melihat kualitasnya. Semakin gelap warnanya, maka semakin menurunlah kualitas minyak rem.

3. Ganti sil master rem

Ketika rem terasa blong, segera ganti sil master rem motor Anda. Begitu pula ketika Anda mendapati tuas rem yang kelewat keras, dan kecepatan motor tidak kunjung menurun.

Bagi setiap kebutuhan Anda terhadap cakram motor, pilihlah bengkel resmi untuk melakukan pemeriksaan maupun penggantian komponen.

Referensi

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/29/192100515/tips-merawat-rem-cakram-sepeda-motor

https://www.gridoto.com/read/222657972/cakram-motor-yang-peyang-bisa-diperbaiki-asalkan-kondisinya-begini?page=all

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare

Comment

User Comment

Your comment

Load More