Rahasia Gampang Bikin Bodi Motor Kembali Halus

Publikasi: 1 bulan 3 hari 12 jam 54 menit yang lalu

Naik motor di jalanan ibukota memang banyak taruhannya. Bodi motor salah satunya. Sekalipun Anda sudah super hati-hati, ada saja pengendara lain yang tiba-tiba menyerempet motor kesayangan. Bahkan di lampu merah sekalipun.

Persoalan lain, aksesoris tas dari gebetan Anda, yang ternyata juga bisa membuat bodi motor yang semula mulus, akhirnya menyisakan goresan di sana-sini. Belum lagi tingkah kucing peliharaan atau kucing tetangga yang selain nyaman tidur di jok, suka memainkan cakarnya di sana-sini.

Tips membuat bodi motor mulus lagi

Saat melihat ada bekas goresan-goresan di bodi motor, jangan langsung naik darah. Soalnya, Anda bisa lho, membuatnya kembali halus tanpa harus ke bengkel untuk memoles. Bagaimana sih caranya mengembalikan kilau bodi motor dengan goresan cukup dalam? Ini dia tipsnya.

1. Pakai cat oles bodi (touch up paint)

Anda bisa membeli cat oles bodi alias touch up paint dalam bentuk menyerupai spidol maupun cat kuku. Yang penting untuk diperhatikan, pastikan warnanya sesuai dengan warna bodi motor, agar hasilnya tidak terlihat belang. Untuk antisipasi jika membelinya secara online, pilih beberapa warna yang mendekati sekaligus. 

Harganya pun cukup terjangkau, di bawah Rp50 ribu saja. Anda tidak perlu pusing karena harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membelinya.

Saat menggunakannya dalam memoles bodi motor, pastikan permukaan dalam keadaan bersih dan kering. Jadi sebaiknya, cuci motor terlebih dahulu dan keringkan, sebelum Anda menotolkan cat oles bodi ke bagian goresan.

Setelah cat dioleskan dan mengering, pakai amplas ukuran 2.000 untuk menghaluskannya dan lapisi dengan kompon. Jadi, hasil cat Anda terlihat menyatu dengan bodi motor.

2. Oleskan scratch remover

Pilihan lain untuk mengembalikan bodi motor yang mulus adalah dengan mengoleskan scratch remover. Bentuknya mirip lem, dan Anda bisa langsung mengaplikasikannya ke bagian bodi motor yang baret.

Untuk hasil optimal, gunakan kain microfiber untuk memolesnya. Anda perlu melakukan langkah ini berulang kali sampai mencapai hasil yang diinginkan.

Namun, hasil pemakaian scratch remover tidaklah semaksimal cat oles bodi. Apalagi bila goresannya cukup dalam.

3. Gunakan odol

Ada lagi cara lain untuk mengatasi goresan pada bodi motor kesayangan, yaitu dengan mengoleskan pasta gigi alias odol. Ternyata, partikel pada pasta gigi bisa berperan layaknya amplas. Anda mungkin belum familiar dengan cara ini, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

Prinsipnya, pastikan bodi motor dalam kondisi bersih dan kering sebelum Anda melakukan cara ini. Oleskan odol pada goresan di bodi motor, dan pakai sikat gigi untuk menggosoknya dengan perlahan. Bilas dengan air, dan ulangi beberapa kali.

Sekarang, setelah mengetahui cara-cara mudah untuk mengembalikan mulusnya bodi motor kesayangan, Anda tidak perlu panik. Memang sih, hasilnya tidak akan sebagus pengerjaan oleh tenaga profesional. Namun, tetap bisa menjadi pilihan. Selamat mencoba!

Referensi

https://www.gridoto.com/read/222683613/tips-samarkan-goresan-di-bodi-motor-bekas-tinggal-oles-saja?page=all

https://www.astramotor.co.id/5-cara-menghilangkan-lecet-di-body-motor/

Label : Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More