Awas Banjir Datang, Water Hammer Bikin Setang Piston Bengkok

Publikasi: 1 bulan 21 hari 9 jam 19 menit yang lalu

Januari sudah datang, biasanya musim banjir menjelang. Ini artinya siap-siap setiap pengendara menghadapi motornya  bakal terendam banjir.

Nah, untuk mengantisipasi kondisi tersebut,  sesungguhnya ada batas aman yang perlu diketahui setiap pemilik motor, dan jangan langsung menerjang genangan banjir.  

Lantas berapa batas aman motor melintas banjir? Banyak mekanik menyebut, jika genangan banjir tinggi airnya melebihi box filter udara sebaiknya tidak usah diterobos.

Mengapa? Karena air  banjir akan masuk ke mesin  dan pasti asalnya terisap dari box filter udara.

Air yang masuk ke dalam mesin dalam jumlah besar mengakibatkan efek water hammer dan ini  bisa fatal akibatnya untuk mesin. Karena setang piston bisa bengkok karena air yang masuk ke mesin ikut terkompresi dan membuat tekanan besar ke piston dan setang piston.

Jadi sebaiknya diingat-ingatm jangan menerobos banjir jika  genangan  air sudah menyentuh box filter udara. Karena perbaikan akibat water hammer ini mahal dan bisa tembus jutaan.

Mimpi Buruk  Pemilik Motor

Water hammer jadi mimpi buruk buat motor yang terendam banjir. Karena bisa bikin piston pecah dan setang piston bengkok.

Water hammer disebabkan air yang ikut terkompresi di dalam ruang bakar. Karena air yang terkompresi di ruang bakar akan menjadi keras seperti batu yang bisa membuat piston pecah atau setang piston bengkok.

Salah satu yang menyebabkan water hammer adalah  biasanya mencoba menyalakan mesin motor yang habis terendam banjir. Makanya saat setelah motor terendam banjir tidak  boleh langsung menyalakan mesin motor.

Hal pertama yang harus dilakukan setelah motor terendam banjir adalah membuang oli dan air yang ada di dalam mesin lewat lubang oli dan lubang busi.Khawatir ada air yang terperangkap dan sebabkan water hammer

Lakukan juga flushing di mesin dengan oli baru sampai oli mesin tampak normal tidak menyisakan bekas air atau kotoran.

Setelah itu,  ada baiknya  bawa motor ke bengkel AHASS. Lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS  agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor  termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS  untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.***

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Banjir

Berita Terkait

Ada 2 Jenis Oli Pada Motor Matic, Apa Saja?

19 Februari 2024 - administrator

Awas, Ini Dampak Jarang Ganti Oli Gardan

19 Februari 2024 - administrator