6 Hal Yang Wajib Diperhatikan Jika Terpaksa Berkendara Saat Hujan

Publikasi: 4 bulan 12 hari 15 jam 11 menit yang lalu

Naik motor di musim hujan, jelas  agak merepotkan   di banding musim panas. Karena banyak hal  yuang perlu dipersiapankan secara  lebih ekstra. Terlebih,  bagi pengguna motor matic, sebaiknya  selalu diingat untuk menghindari riding dengan kecepatan tinggi saat hujan, karena bahaya aquaplaning bisa saja terjadi dikarenakan jalan tergenang air.

Ada beberapa hal yang baiknya dipersiapkan dan dilakukan bagi pengguna motor matic atau motor jenis lainnya saat hujan agar aman di jalan, seperti ini :

1. Siapkan Perlengkapan Khusus. Apa saja? Ini dia:

  • Jas hujan, hindari  model  ponco sebaiknya  pakai model setelan  yang terdiri dari atasan dan bawahan
  • Helm dengan visor bening
  • Sepatu anti air / karet
  • Sarung tangan

2. Pastikan Kondisi Motor Dalam Keadaan Baik

  • Rem wajib pakem.
  • Kondisi ban tidak gundul.
  • Tekanan ban sesuai standar spek.
  • Electrical/lampu berfungsi baik.
  • Kondisi cover body yang baik, tidak terbuka. Karena air yang masuk dapat menyebabkan korsleting di bagian komponen electrical.

3. Pelankan Kecepatan

Pengendara perlu mengurangin kecepatan saat melewati genangan air untuk mencegah terjadinya aquaplaning

4. Jaga Jarak Aman

Berkendara dalam kondisi hujan atau jalan yang basah diperlukan jarak yang aman untuk menghindari kecelakan, dikarenakan jalan lebih licin sehingga traksi/daya cengkram pada roda motor berkurang. 

Terlebih saat jarak pandang pendek ketika hujan. Ini untuk menghindari tabrakan antar pengguna jalan.

5. Atur Penggunaan Rem

Lakukan pengereman dengan halus dan perlahan, dan menggunakan rem depan dan belakang agar lebih pakem. Karena saat kondisi hujan traksi atau daya cengkram roda terhadap permukaan jalan yang basah menjadi berkurang, sehingga untuk menghindari slide atau tergelincir saat melakukan pengereman atur tekanan rem dan jaga jarak pengereman agar motor lebih mudah dikendalikan.

6. Berteduhlah  

Sebaiknya berteduh bila hujan turu terlalu deras. Sebab, pada cuaca tertentu, potensi pohon tumbang, banjir, hingga tanah longsor bisa saja terjadi, namun jangan berteduh di bawah jembatan atau terowongan, hal tersebut dapat mengganggu pengguna jalan lain

Untuk berjalan di  tengah  suasana hujan, kondisi motor  dipastikan harus selalu prima.  Untuk memastikan motor dalam kondisi fit, selalu lakukan perawatan di bengkel AHASS. Lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS  agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor  termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal.Artinya 

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.***

Service Motor Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Servis Motor

Berita Terkait