Awas! Ini Bagian Motor Yang Gampang Berkarat

Publikasi: 1 tahun 6 hari 3 jam 11 menit yang lalu

Motormu berkarat…Idih kok bisa? Ya, sebetulnya ini biasa terjadi. Karena Karat merupakan proses kimia yang terjadi pada besi di mana dapat menyebabkan iron oxide berupa noda berwarna merah kekuningan pada permukaan besi tersebut.

Motor  juga rawan terkena karat jika sering dibawa berkendara dalam kondisi hujan. Hal ini dikarenakan zat asam pada air hujan dapat merusak permukaan besi motor. Jika tidak langsung dibersihkan, motor bisa jadi berkarat.

Rangka besi motor ini juga jadi keropos sehingga dapat membahayakan pengguna saat berkendara. Oleh karena itu, saat terjadi karat pada motor, sebaiknya jangan diabaikan agar selalu aman dan nyaman selama berkendara.

Apa Penyebab Karat?

Yang paling utama adalah air hujan. Namun ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan karat pada motor. Ini dia :

Air Laut

Jika sering mengendarai motor di pantai atau pinggir laut, sebaiknya rutin perhatikan kondisi motor.  Karena perlu diketahui, air laut termasuk salah satu penyebab motor berkarat.

Ini bisa terjadi karena air laut mempunyai kandungan garam yang mempercepat munculnya karat.

Oleh karena itu, motor yang sering dibawa berkendara di sekitar laut memiliki potensi besar terkena karat. Tetap berhati-hati meskipun tidak terkena air laut langsung.

Udara di laut yang mengandung garam akan tertiup ke daratan sehingga bisa membuat motor alami korosi.

Genangan Air 

Penyebab kedua adalah genangan air yang kotor. Air dan mineral pada kotoran yang membuat karat pada motor.

Kotoran yang menumpuk dan disimpan dalam ruangan lembab juga bisa menjadi penyebab motor berkarat.

Bagian Motor yang Rawan Berkarat

Ada beberapa bagian motor yang rawan terkena karat saat berkendara dalam kondisi hujan sebagai berikut.

Swingarm 

Swingarm atau lengan ayun berpotensi terkena karat. Komponen  yang berfungsi menopang bodi motor, terletak di bawah sehingga sering terkena cipratan air hujan campur pasir dan lumpur yang dapat menyebabkan karat.

Oleh karena itu, sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan di beberapa bagian swingarm seperti sambungan dan bushing setiap selesai berkendara dalam kondisi hujan.

Shockbreaker 

Shockbreaker atau peredam kejut termasuk bagian motor yang rentan mengalami karat di cuaca hujan.

Sama seperti swingarm, letak shockbreaker juga berada di bawah, tepatnya di dekat pelek dan roda motor sehingga pastinya sering terkena cipratan air hujan, lumpur, serta pasir.

Jika karat sudah menyerang tabung shockbreaker, kemungkinan besar karet di bagian dalam rusak yang menyebabkan oli bocor pada shockbreaker tersebut.

Dengan demikian, kinerja shockbreaker ini tidak bisa maksimal. Hal ini tentu dapat membahayakan saat berkendara.

Knalpot 

Bagian knalpot yang rawan terkena karat adalah leher pada blok mesin sampai ujung pembuangan. Bagian ini tetap rentan berkarat meskipun sudah dilapisi dengan krom.

Jangan biarkan knalpot kotor dalam waktu lama setelah berkendara dalam kondisi hujan.Ini untuk mencegah lapisan pelindung pada knalpot tersebut tergerus yang membuat besi alami korosi atau karat.

Rangka atau Sasis 

Bagian motor yang rentan terkena karat keempat yaitu rangka atau sasis.

Jika terjadi karat, dapat menyebabkan rangka motor jadi mudah penyok hingga patah saat alami benturan keras.

Rantai 

Kondisi rantai harus selalu diperiksa, khususnya setelah motor dikendarai di cuaca hujan.

Meskipun sudah diberikan pelumas anti karat untuk mencegah adanya karat pada rantai motor, bukan berarti rantai tersebut tidak akan mengalami korosi akibat air hujan.

Jika tidak dibersihkan, bisa membuat elastisitas rantai berkurang yang membahayakan pengguna motor.

Adapun ciri-ciri rantai motor yang berkarat, seperti terdengar suara berisik dari rantai tersebut serta tarikan jadi lebih berat dibanding biasanya.

Jika ditemukan ciri-ciri ini pada rantai motor, sebaiknya segera diganti karena kemungkinan besar bisa putus kapan saja sehingga membahayakan pengemudi saat berkendara.

Nah, jika sudah tahu bagian motor yang  mudah berkarat tersebut, jangan lupa, selalu lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin  di bengkel AHASS terdekat , agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan  pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS   untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare Karat Pada Motor Karat Motor

Berita Terkait