Bahaya Mengendarai Motor Dengan Mendengarkan Musik

Publikasi: 8 bulan 29 hari 15 jam 53 menit yang lalu

Pernahkah Anda berkendara motor sambil mendengarkan musik dengan headset yang terpasang di telinga Anda? Jika ya, kira-kira apa alasan Anda melakukan hal tersebut? Apakah untuk menghilangkan rasa bosan selama perjalanan atau sekadar ingin membuat Anda merasa nyaman dan menikmati perjalanan?

Apapun alasannya, mendengarkan musik sembari mengendarai sepeda motor memang dapat membuat Anda merasa tenang, nyaman dan lebih fokus pada jalan. Sayangnya, dampak positif yang diberikan dari penggunaan headset saat berkendara motor tidak sebanding dengan risiko yang ditawarkan.

Lantas, apa saja sih risiko dari mendengarkan musik selama berkendara motor di jalan raya? Pada artikel kali ini, Wahana Honda akan memberikan Anda sedikit informasi mengenai risiko-risiko mengendarai motor sambil mendengarkan musik. Berikut beberapa di antaranya:

Bahaya Mengendarai Motor dengan Mendengarkan Musik

1. Mengurangi tingkat konsentrasi pada jalan

Memang bagi sebagian orang berkendara dengan mendengarkan musik akan membuat tubuh mereka lebih rileks dan fokus terhadap jalan. Namun hal ini tak berlaku pada orang-orang yang mudah terdistorsi konsentrasinya. 

Alih-alih membuat mereka lebih fokus pada jalan raya, mendengarkan musik justru akan membuatnya kehilangan fokus hingga menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, Anda perlu memahami diri sendiri. Apakah Anda termasuk orang yang mudah terganggu konsentrasinya atau biasa-biasa saja?

2. Risiko tidak mendengar klakson dari pengendara lain

Bunyi klakson pada kendaraan sering diidentikan sebagai cara berkomunikasi antar pengendara. Misalnya, ketika Anda ingin menyalip kendaraan yang ada di depan. Anda bisa menekan klakson untuk memberikan pertanda bahwa Anda akan mendahului mereka. Jika pengendara di depan Anda mendengarkan suara tersebut, biasanya mereka akan sedikit menepi dan membuka jalan untuk Anda.

Namun, bayangkan jika ternyata pengendara di depan Anda menggunakan headset di telinganya. Bunyi klakson yang Anda nyalakan mungkin tak terdengar di mereka. Alhasil, hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

3. Kabel headset yang panjang cukup merepotkan

Salah satu kendala dari penggunaan headset saat berkendara motor adalah kabelnya yang cukup panjang. Jika Anda tidak mengenakannya dengan tepat, kabel ini bisa mengganggu fokus Anda selama berkendara. Bisa saja kabel tersebut menyangkut lengan atau tangan hingga menyebabkan Anda kehilangan kendali dan keseimbangan.

Jika sudah demikian, sudah dapat dipastikan risiko paling buruknya adalah Anda jatuh dan menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Anda tentu tidak mau mengalaminya, bukan?

Nah, itulah tadi beberapa bahaya mengendarai motor sambil mendengarkan musik. Jika Anda bosan dengan perjalanan yang Anda lalui, lebih baik ambil istirahat sebentar dan dengarkan musik ketika Anda menepi di pinggir jalan. Jangan sampai Anda membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengendara yang lain, ya!

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Wanda Tips Motor Honda Wahanahonda #WahanaHonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More