Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berkendara Motor

Publikasi: 1 bulan 7 hari 2 jam 7 menit yang lalu

Dalam berkendara sepeda motor terdapat beberapa peraturan lalu lintas yang tak boleh dilanggar. Anda pun harus membekali diri dengan kelengkapan surat hingga safety riding gear agar dapat berkendara dengan aman dan nyaman selamat sampai tujuan. 

Selain itu, dalam prakteknya Anda juga dilarang melakukan hal-hal tertentu ketika berkendara di jalan raya. Selain dapat menyebabkan terkena tilang, hal-hal berikut ini juga dapat membahayakan keselamatan Anda dan pengendara lain. 

Sayangnya, masih banyak orang yang melanggar peraturan tersebut dan tetap melakukannya. Kira-kira apa saja hal yang tak boleh dilakukan saat berkendara motor di jalan raya? Simak ulasan lengkapnya dari Wahana Honda berikut ini!

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berkendara Motor

1. Bermain ponsel

Dalam berkendara motor, Anda dilarang keras sambil memainkan ponsel. Entah itu untuk membalas pesan singkat yang masuk ataupun mengangkat telepon. Jika memang terpaksa harus segera membalasnya, lebih baik Anda tepikan terlebih dahulu motor yang Anda kendarai.

Bagaimana pun membagi fokus antara jalanan dengan layar ponsel akan sulit untuk dilakukan. Hal-hal tak terduga bisa terjadi kapan pun dan Anda mungkin tak akan sempat mengantisipasinya. Untuk itu, hindari penggunaan ponsel selama berkendara di jalan raya, ya. 

2. Mengobrol dengan pengendara lain berjejer

Anda mungkin pernah melihat dua pengendara motor yang ada di depan tengah berbincang dengan santai. Padahal di belakang terdapat pengendara lain yang menunggu untuk mendahuluinya. Namun karena kondisi jalanan yang dipenuhi oleh mereka berdua, alhasil akses jalan pun menjadi terhambat.

Mengesalkan bukan jika bertemu pengendara yang seperti ini? Nah, maka dari itu Anda juga tak boleh melakukan hal yang sama. Mungkin tak masalah jika Anda ngobrol dengan pengendara lain dan tak membutuhkan waktu lama. Namun jika sepanjang perjalanan Anda berbincang berdua dan menganggap bahwa jalanan adalah milik Anda, hal ini tentu sudah salah dan menyalahi aturan. Pengendara lain pun bisa dibuat kesal dengan apa yang Anda lakukan.

3. Tidak membawa perlengkapan berkendara

Hal yang satu ini banyak sekali dilanggar oleh pengendara motor. Mereka sering tak membawa atau menggunakan perlengkapan berkendara yang ada. Mulai dari helm SNI hingga kelengkapan surat seperti SIM dan STNK. Bagaimana pun barang tersebut merupakan hal yang vital dan wajib dibawa kemana saja saat Anda akan berkendara.

Seringkali pengendara motor beralasan bahwa tujuan mereka hanya berjarak dekat sehingga tak masalah tak menggunakan helm. Padahal mau jarak dekat ataupun jarak jauh, helm wajib digunakan karena barang yang satu ini berguna sebagai pelindung kepala Anda agar terhindar dari cedera atau benturan saat motor jatuh atau mengalami kecelakaan.

4. Bercanda berlebihan dengan yang diboncengkan

Saat berkendara dengan teman atau pasangan, acapkali kita mengajak mereka ngobrol dan bercanda. Hal ini dilakukan untuk mengatasi rasa bosan, terlebih jika tujuan Anda berkendara memiliki jarak yang cukup jauh. Tentu tak ada yang salah sesekali berbincang dengan teman atau pasangan Anda saat di jalan. Namun hal ini akan membahayakan jika Anda bercanda berlebihan dengan mereka.

Misalnya, Anda sengaja melepaskan stang kendali untuk menakut-nakuti orang yang dibonceng atau sengaja menggoyang-goyangkan stang seakan kehilangan kendali. Jika jalanan ramai risiko terburuk yang bisa terjadi adalah laka lantas yang tak bisa dihindarkan.

Bercanda boleh, mengobrol dengan orang yang diboncengkan pun juga boleh. Selama Anda tidak berlebihan dan tetap fokus pada jalanan yang ada di depan.

5. Membawa barang bawaan berlebih

Terakhir yang tak boleh Anda lakukan saat berkendara motor adalah membawa barang bawaan yang over atau berlebihan. Ini dikarenakan kendaraan roda dua memiliki maksimal kapasitas barang yang boleh dibawa. Terlalu banyak barang bawaan akan merepotkan Anda dalam mengendarai motor.

Ada beberapa aturan mengenai barang bawaan yang harus Anda patuhi. Mulai dari panjang barang bawaan tidak boleh melebihi panjang stang motor. Kemudian tinggi barang yang dibawa tidak boleh melebihi tinggi pengemudi. Seluruh barang yang Anda bawa pun disarankan untuk diikat dengan erat menggunakan tali atau karet yang kuat. 

Dengan demikian, pengalaman Anda berkendara pun tidak akan terganggu dengan barang yang mudah jatuh, goyah atau semacamnya. 

Itulah tadi beberapa hal yang tak boleh dilakukan saat berkendara motor. Sebagai pengendara yang baik, penting bagi Anda untuk menaati segala peraturan lalu lintas yang berlaku. Jangan sampai karena kecerobohan yang dilakukan, keselamatan Anda dan pengendara lain dipertaruhkan.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Wahanahonda #WahanaHonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More