Beberapa Persiapan Sebelum Berkendara Yang Sering Diabaikan

Publikasi: 1 bulan 1 hari 17 jam 31 menit yang lalu

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki sepeda motor untuk berkendara. Jadi, kita tidak heran jika angka kecelakaan yang terjadi setiap tahunnya disebabkan oleh kendaraan tersebut. Sebagian besar penyebabnya adalah human error yang kemudian diikuti dengan kesalahan yang ada pada motor tersebut. Padahal hal ini dapat diatasi dengan mudah jika setiap pengguna motor melakukan persiapan sebelum berkendara dengan baik.

Persiapan yang dibutuhkan sebenarnya cukup banyak namun esensial. Karena jika salah satunya ditinggalkan maka dapat mempengaruhi kenyamanan Anda berkendara. Selain itu, ada kemungkinan Anda terkena kecelakaan atau setidaknya ditilang polisi jika tidak mempersiapkan hal tersebut. 

Namun, masalah utamanya adalah persiapan ini sering diabaikan dan dianggap remeh oleh pengendara sepeda motor. Karenanya untuk menghindari hal tersebut Anda harus mempersiapkan beberapa hal di bawah ini, yaitu:

1. Kondisi Tubuh

Persiapan sebelum berkendara adalah menjaga kondisi tubuh agar selalu prima. Pastikan sebelum menaiki sepeda motor Anda tidak mengantuk atau berada di bahwa pengaruh alkohol atau obat-obatan. Jika memungkinkan Anda bisa melakukan pemanasan agar kondisi semakin fit.

2. Periksa Kendaraan

Persiapan selanjutnya adalah memastikan semua bagian penting seperti rem, lampu, ban, bensin dan lainnya dalam kondisi yang baik. Dengan memeriksa hal ini Anda akan semakin nyaman berkendara dengan sepeda motor kesayangan masing-masing.

3. Kelengkapan Surat

Persiapan sebelum berkendara yang berikutnya adalah memastikan semua surat-surat penting seperti SIM, KTP dan STNK lengkap dan aktif. Hal ini sangat penting terutama saat terjadi razia. Tentu tidak nyaman rasanya berkendara jika kena tilang oleh polisi karena lupa bawa surat-surat tersebut.

4. Perlengkapan Berkendara

Hal lain yang wajib dipersiapkan adalah perlengkapan untuk berkendara. Contohnya saja helm berstandar SNI, jaket, sepatu, sarung tangan dan lainnya. Anda juga perlu untuk mempersiapkan jas hujan terutama saat musim hujan. Perlengkapan ini sangat penting untuk menjaga diri Anda dari cuaca dan mencegah cedera yang lebih parah ketika berkendara.

5. Doa

Persiapan terakhir adalah doa agar selama berkendara, sampai di tujuan dan ketika kembali lagi dalam keadaan sehat dan terbebas dari marabahaya.

Nah, itulah 4 persiapan sebelum berkendara yang sering dilewatkan oleh para pengendara motor. Setelah mengetahui hal tersebut diharapkan para pengendara motor semakin sadar pentingnya melakukan persiapan-persiapan tersebut.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More