Mengenal Gejala Microsleep Ketika Berkendara

Publikasi: 3 tahun 9 bulan 15 hari 11 jam 9 menit yang lalu

Bagi sebagian besar orang tentu masih awam dengan istilah microsleep. Padahal microsleep ini sudah banyak dialami oleh para pengendara baik itu sepeda motor, mobil dan truk. Microsleep menyebabkan Anda tertidur ketika tubuh masih melakukan aktifitas. Hal ini tentu tidak baik dan dapat menyebabkan kecelakaan terutama bagi para pengendara kendaraan bermotor. Oleh karena itu, penting kiranya bagi Anda untuk mengenal gejala microsleep tersebut.

Sesuai dengan namanya, microsleep akan membuat Anda tertidur sejenak (rentang durasi sekitar 1-30 detik) ketika berkendara. Masalahnya adalah microsleep ini merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan banyaknya kecelakaan di jalan raya. Inilah alasan utama yang mengharuskan Anda untuk mengetahui gejala dari microsleep ini secara dini. Adapun gejala-gejala tersebut adalah:

1. Melakukan Beberapa Kesalahan Kecil

Gejala Microsleep yang pertama adalah Anda melakukan kesalahan kecil seperti menekan tuas gas terlalu dalam, menginjak rem secara tidak sengaja dan lainnya. Kesalahan kecil ini semustinya tidak terjadi jika Anda telah sering berkendara. Namun, hal ini tidak bisa dihindari karena terjadi di luar kendali Anda sendiri.

2. Kepala dan Mata Terasa Sangat Berat

Gejala berikutnya adalah mata dan kepala terasa sangat berat. Gejala ini biasanya timbul jika Anda kurang tidur atau terlalu letih. Gejala ini merupakan reaksi normal dari tubuh yang meminta Anda untuk istirahat. Namun, hal ini tidak baik ketika berada di jalanan karena jika Anda terlelap sebentar maka kemungkinan besar akan terjadi kecelakaan.

3. Kepala Sering Mengangguk Tanpa Disengaja

Gejala selanjutnya dapat diketahui dari anggukan kepala yang dilakukan tanpa sengaja. Hal ini biasa terjadi ketika Anda berusaha menahan kantuk ketika berada di jalan. Jika hal ini terjadi segera menepi untuk istirahat sejenak.

4. Sering Menguap

Gejala microsleep selanjutnya adalah sering menguap. Hal ini merupakan efek lanjutan dari sebelumnya. Gejala ini akan semakin meyakinkan jika Anda menguap untuk rentang waktu yang cukup lama.

5. Sulit Menjaga Kendaraan di Jalur yang Benar

Gejala yang terakhir adalah Anda merasa kesulitan untuk berada di jalur kendaraan yang benar. Hal ini sudah pasti karena ketika mengantuk Anda tidak bisa fokus berkendara.

Itulah 5 gejala microsleep yang perlu Anda sadari. Setelah mengetahui hal tersebut sekarang Anda akan semakin waspada ketika berkendara di jalan raya.

Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda WahanaHonda

Berita Terkait