Begini Cara Belajar Motor Untuk Pemula

Publikasi: 8 bulan 3 hari 13 jam 19 menit yang lalu

Mampu naik sepeda, merupakan modal utama belajar mengendarai motor. Keuntungan bisa naik sepeda sebelum belajar motor, adalah memahami pentingnya keseimbangan saat berkendara. 

Namun, dalam mengendarai motor, perlu tanggung jawab dan pemahaman lebih besar, karena  motor menggunakan mesin dan ada banyak komponen yang mesti dipelajari.

Hei para pemula, ini beberapa tips belajar motor 

Kenali Karakter Motor 

Langkah pertama dan utama  adalah mengenali karakteristik  dari motor yang akan dipelajari. Untuk  tahap pertama belajar, lebih baik menggunakan motor mesin kecil. Semacam motor Skutik, sebab bobot motor tergolong ringan dan cenderung enteng dikendalikan.

Bentuk skutik dengan dek rata  juga akan mempermudah belajar. Motor jenis ini tak punya pedal kopling untuk mengurangi bahan pikiran saat belajar. Motor jenis matic tak perlu repot ganti gigi, sehingga direkomendasikan untuk pemula.

Di tahap awal, duduklah di atas motor tanpa menyalakan mesin. Lantas, pegang setang untuk merasakan pengalaman posisi berkendara.

Minta Bantuan Orang Terdekat

Untuk belajar dengan motor bisa berjalan, kamu perlu bantuan orang terdekat, bisa ayah, kakak teman yang  telah mahir mengendarai motor. Dan semoga mereka  bisa mengajar dan mengarahkanmu dengan sabar

Belajar Pegang Setang

Bagaimana cara memegang setang? Cara yang umum dianjurkan adalah menggenggamnya  dengan menggunakan empat jari,  dan  ingat, posisi ibu jari berada di bawah. 

Jangan meletakkan tangan di bagian paling pinggir setang karena genggaman bisa terlepas akibat guncangan.

Selanjutnya, gerakkan setang ke kanan dan kiri secara perlahan untuk mengenalinya. Kalau sudah kenal dan merasa mampu mengendalikan motor, dorong motor ke depan menggunakan kedua kaki lalu tarik tuas rem.

Lakukan secara berulang sambil sesekali membelokkan setang, tujuannya untuk belajar keseimbangan di atas motor. Kita juga bisa sekalian belajar mengendalikan motor dengan cara membelokkan setang dan cara memajukan dan mundurkannya.

Belajar Gas dan Rem

Kini giliran melatih koordinasi tangan ketika memutar gas dan menarik tuas rem,  agar bisa mengatur kecepatan dan pengereman dengan sempurna.

Nyalakan motor dengan cara menekan tombol starter. Kemudian putar pedal gas secara sangat perlahan,  hingga motor berjalan sedikit, lalu tarik tuas rem. Lakukan cara ini berulang sampai tangan terbiasa.

Menarik tuas rem cukup diayun, dan longgarkan tekanan pada tuas saat motor sudah berhenti total.

Pakai Ilmu Satu Kaki

Ini masuk sesi teknik keseimbangan motor. Caranya, naikkan kaki kanan di atas motor dan tinggalkan kaki  kiri berjaga-jaga untuk menapak jalanan. Lantas putar gas perlahan, hingga motor berjalan dan tarik tuas rem untuk memperlambat laju atau berhenti.

Apabila dirasa sudah mampu mengatur keseimbangan, coba ulangi sambil meletakkan kedua kaki di pijakan kaki.

Cari Tempat Berlatih yang Aman

Cara belajar naik motor yang baik adalah dengan sering berlatih dan yang pasti harus panjang sabar. 

Jika kamu sudah punya  modal  dasar di atas, plus  ditambah semangat dan keberanian  penuh, sebaiknya  ajak seseorang untuk  menemani, pilih tempat yang sepi dan jalanan landai dan melajulah dengan Teknik dasar  yang sudah kami pahami. 

Selamat Belajar. Kalau sempat jatuh,  jangan kapok ya. Ulangi terus. Sampai  kamu mahir!

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Belajar Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More