Begini Cara Merawat Ban Tubeless Motor Honda

Publikasi: 1 tahun 1 bulan 30 hari 17 jam 47 menit yang lalu

Salah satu teknologi yang berkembang di dunia otomotif adalah ban tubeless. Beberapa produk honda seperti Honda Vario menggunakan ban tubeless ini sebagai pilihan untuk produk mereka. Ban tubeless memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan ban tube (ban konvensional pada umumnya). Apasih kelebihan dari ban tubeless ini? Dan bagaimana cara merawat ban tubeless agar tetap awet dan tahan lama? Oke, kita akan membahasnya satu persatu.

Dalam Bahasa mudahnya, ban tubeless adalah ban yang tidak memiliki ban dalam untuk bisa berfungsi. Ya, ban tubeless tidak memiliki ban dalam pada seperti ban pada umumnya, ban tubeless ini didesain sedemikian rupa agar dapat terisi angin tanpa harus menggunakan ban dalam. Biasanya ban tubeless dan velg juga haruslah satu paket alias bertipe tubeless juga, ada satu pelindung dan seal antara velg dan ban untuk mencegah angina dari dalam ban untuk keluar.

Kelebihan Ban Tubeless

Ban tubeless sendiri memiliki beberpa kelebihan yang sangat mencolok dibandingkan dengan ban biasa atau konvensional. Beberapa kelebihan ini yang menyebabkan ban tubeless sekarang ini digunakan sebagai bagian dari produk sepeda motor. Kelebihan ban tubeless adalah sebagai berikut.

• Ban tubeless didesain sedemikian rupa, sehingga ketika terjadi kebocoran ban tidak akan langsung kehilangan angin seketika. Hal ini dapat menguntungkan saat dijalan kita akan mencari bengkel tambal ban.

• Lebih mudah dan cepat ketika menambal atau memperbaiki kebocoran di ban tubeless. Kamu sendiri bisa menambal ban tubeless, jika kamu memiliki alat yang digunakan untuk menambal ban tubeless ini. Tapi hal ini juga menjadi kekurangan untuk ban tubeless, karena tidak semua bengkel tambal ban memiliki alat yang digunakan untuk menambal ban tubeless, kamu harus mencari bengkel yang memiliki peralatan ini.

• Ban tubeless memiliki sistem yang baik untuk menjaga tekanan ban. Jangan khawatir tekanan ban kamu berkurang, karena ban tubeless dan velg tubeless didesain sedemikian rupa untuk mencegah berkurangnya tekanan ban. Bahkan tekanan ban bisa bertahan di tekanan yang sama dalam waktu hingga 3 bulanan.

Setelah mengetahui kelebihan dari ban tubeless, kita akan lanjut ke bagaimana cara merawat ban tubeless yang baik dan benar. Merawat ban tubeless sendiri cukup sederhana sederhana, berikut adalah cara merawatnya.

Sebisa Mungkin Gunakan Nitrogen Untuk Mengisi Tekanan Ban Tubeless

Penting nih, Bro, dianjurkan bahwa pengisian angin untuk ban tubeless ini menggunakan nitrogen. Gas nitrogen yang diisikan di dalam ban tubeless akan mengurangi panas yang dihasilkan saat ban digunakan dalam waktu yang lama dan kecepatan yang tinggi. Hal ini berguna untuk mencegah kerusakan yang akan terjadi pada ban tubeless. Selain itu dibandingkan dengan angina biasa, nitrogen bisa lebih bertahan lama dalam hal menjaga tekanan.

Jadi silakan isi ban tubeless anda dengan nitrogen, dan juga perhatikan tekanan ban yang dibutuhkan sepeda motor. Jangan khawatir biasanya petugas yang mengisi tekanan angin nitrogen menggunakan alat canggih sehingga mengetahui berapa tekanan yang pas.

Perhatikan Seal Atau Pelindung Yang Ada Di Dalam Ban Tubeless 

Ban tubeless memiliki sebuah pelindung atau seal, yang berguna untuk mencegah angina dan udara keluar dari ban, seal inilah yang memungkin ban tubles bisa terisi angin tanpa adanya ban dalam. Seal ini tentunya akan semakin terkikis terkena usia, hal inilah yang menjadi kekurangan dari ban tubeless. Mungkin kamu pernah mengalami memiliki ban tubeless yang tiba – tiba berkurang tekanan anginnya, dan setelah dicek ternyata tidak ada kebocoran? 

Bisa jadi penyebabnya seal ini sudah rusak dan kamu harus mengganti ban tubeless itu, jika kamu menggunakan sepeda motor kamu yang berban tubeless sangat sering dalam waktu 2 tahun sebaiknya mengganti ban yang baru selain lebih aman dari segi kontur ban luar yang kemungkinan sudah halus dalam jangka waktu 2 tahun.

Jangan Sering Membongkar Ban Tubeless Lepas Dari Velgnya 

Kita sudah berbicara tentang seal tadi kan bro, nah ini dia pentingnya kita tidak membongkar ban tubeless sering – sering. Untuk menambal dan memperbaiki kebocoran di ban tubeless, hanya perlu menggunakan peralatan yang digunakan untuk menusukkan karet tambal ke dalam ban tubeless, bukan membongkar ban tubeless.

Hal ini berguna untuk melindungi seal antara velg dan ban tetap terjaga sehingga ban tubeless pun menjadi lebih awet dan tahan lama. Jadi gimana bro? sudah tahu kan cara merawat ban tubeless yang baik dan benar?

Label : Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More