Ingin Aman Berkendara Motor Saat Macet, Coba Pakai Tips Ini

Publikasi: 1 tahun 7 bulan 4 hari 23 jam 48 menit yang lalu

Musuh terbesar pengguna kendaraan bermotor, baik pengendara roda dua ataupun pengendara bermotor jenis lainnya adalah kemacetan. Memang dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua, memiliki beberapa keuntungan disaat jalanan macet, karena tetap bisa sampai tujuan dengan lebih cepat. Tapi tetap saja mendapatkan pengalaman macet disaat cuaca panas, akan membuat diri kita menjadi tidak nyaman, bahkan terkadang sering emosi sendiri.

Dalam keadaan macet bercampur dengan panas, kita terkadang lengah sampai – sampai lupa memperhatikan keselamatan diri kita dan pengguna jalan lainnya. Nah, di kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tips aman berkendara motor saat jalanan macet. Diharapkan dengan menggunakan tips ini kamu bisa tetap berkendara dengan segar, tenang, dan nyaman.

Tetap Sabar Dan Jangan Pernah Emosi 

Tips aman berkendara saat macet yang pertama adalah tetap sabar dan jaga emosi dengan baik. Bagi pengendara motor memang kamu akan diuji kesabarannya saat melewati jalanan yang macet. Terkena panas, dan terkadang hujan juga, membuat kamu saat ingin cepat – cepat melewati jalanan macet, sehingga yang terjadi mengakibatkan perasaan yang emosi.

Sebaiknya walaupun jalanan macet tetap harus menjaga emosi dengan tetap sabar. Karena dengan emosi kamu malah memperburuk situasi kamu sendiri. Ketika emosi tentunya kamu akan merasa lebih gerah, panas, dan lebih gelisah, dibandingkan saat tenang. Jadi, jangan emosi bro, tetap sabar dan tetap tenang.

Jangan Pernah Melanggar Peraturan

Yang kerap terjadi dan terlihat adalah pengendara motor melanggar peraturan saat kemacetan terjadi. Contoh paling mudahnya adalah dengan jalan melewati trotoar, atau jalan di jalur beda arus. Kamu berharap dengan melakukan hal tersebut bisa cepat sampai tujuan, tapi resiko yang di dapatkan sangatlah besar dan bahaya. Dengan melanggar peraturan kamu juga akan membahayakan pengguna jalan lain, bukan hanya kamu sendiri. Jadi yang paling aman jika terjadi kemacetan adalah kamu dengan sabar menunggu antrian kendaraan.

Menggunakan Perlengkapan Berkendara Yang Lengkap

Nah, ini penting nih, bro, gear atau perlengkapan berkendara yang bisa kamu pakai saat jalanan macet dan panas. Perlengkapan seperti kaos tangan, kemudian buff atau pelindung muka, sepatu, jaket, dan celana panjang. Tujuannya adalah mengurangi panas matahari kontak langsung dengan tubuh kita, sehingga paling tidak kita mengurangi kegerahan yang akan kita rasakan.

Walaupun tetap panas, setidaknya kita lebih aman dari debu, batu – batu kerikil, dan benda – benda kecil yang bisa membahayakan kita. Berkendara dengan menggunakan gear dan perlengkapan berkendara ini sangatlah efektif dan aman, jadi pakai ya bro.

Mencari Jalan Alternatif Lainnya 

Sebagai pengendara sepeda motor, kita tentunya lebih dimudahkan untuk mencari jalan – jalan alternatif yang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi jalanan yang macet. Dengan mencari jalan alternatif ini diharapkan selain lebih cepat sampai, namun juga mengatasi masalah emosi yang sudah kita sebutkan di atas tadi. Jalan alternatif terkadang jaraknya lebih jauh sedikit dibandingkan dengan jalan biasa, tapi dengan keadaan jalan lancar akan lebih baik jika melewati jalan alternatif.

Sepeda motor diuntungkan karena dengan menggunakan sepeda motor, kita menjadi lebih fleksibel sehingga bisa melewati jalan – jalan kecil yang terkadang kendaraan roda 4 tidak bisa melewatinya. Satu tips saat melewati jalan alternatif agar aman adalah jangan pernah memacu kendaraan dengan sangat cepat karena biasanya jalan alternatif adalah jalanan yang memiliki ruas jalan kecil.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More