Begini Sebaiknya Model Sepatu Boot Untuk Riding

Publikasi: 1 tahun 6 bulan 2 hari 15 jam 3 menit yang lalu

Berkendara motor menggunakan sepatu boot, dianggap menambah penampilan bergaya  dari para biker. Sebab selain berfungsi sebagai pelindung kaki saat terjatuh atau terjadi kecelakaan,  sepatu boot juga selalu  punya model yang unik dan bikin penampilan makin gagah.

Namun, sebaiknya sebagai rider  tidak sembarang memilih sepatu boot untuk riding. 

Ini tips memilih sepatu boot. Berikut beberapa di antaranya.

1. Bahan Kulit Tebal

Meskipun sepatu boot memiliki ketebalan kulit yang beragam, disarankan menggunakan sepatu dengan kulit yang tebal dan fleksibel dalam berkendara sehari-hari. Sebab ini membantu rider untuk menggerakkan kaki secara bebas, bahkan mendapatkan perlindungan secara keseluruhan.

Semisal terjatuh dari motor, tentu sepatu boot dengan kulit tebal  jadi tidak gampang robek. Dan mampu melindungi kaki dari memar serta goresan benda tajam.  Sepatu boot dari kulit tebal, juga dijamin awet.

2. Sol Karet

Sepatu boot sebaiknya juga membutuhkan daya cengkram kuat untuk berkendara. Karenanya gunakan sepatu bot dengan sol karet, yang mampu memberi daya cengkram. Dengan begini, kaki tidak slip atau mudah tergelincir, terutama ketika melintas di jalan licin. Bahkan, bisa melindungi kaki dari benda tajam juga.

3 Jahitan Kuat 

Sebuah sepatu boot, dengan Sol berdaya cengkram kuat saja  sebetulnya tidak cukup. Sepatu bot yang baik  adalah, yang jahitan badannya menyatu dengan kuat dengan sol sepatu. Jadi bukan sekedar asal ditempel menggunakan lem untuk menyatukannya.

Jahitan ini sangat berperan untuk memastikan bahwa sepatu bot gak robek di bagian sol, ketika rider terjatuh dari sepeda motor.  Jahitan sepatu  yang baik membantu daya tahan sepatu dan memungkinkan pengguna untuk menggunakannya selama bertahun-tahun, lho.

4. Cocok di Segala Cuaca

Biasakan kenakan sepatu dengan kondisi kaki tetap kering. So, pilihlah sepatu yang tahan air meski terbuat dari kulit yang dipoles, seperti suede. Hal ini bertujuan untuk melindungi kaki ketika hujan atau secara tidak sengaja menginjak genangan air.

Jangan lupa pilih sepatu yang memiliki ventilasi yang baik, sehingga kaki masih bisa bernafas meski kondisi cuaca dan jalan sedang panas.

5. Perhatikan Tali Sepatu

Saat memilih sepatu boot, pilih yang bertali. Sebab sepatu bisa dilonggarkan atau dikencangkan terutama jika pengendara sepeda motor menggunakan kaus kaki. 

Pilih sepatu dengan tali tebal, atau terbuat dari bahan ripcord yang keras dan tahan lama 

Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Sepatu Riding Sepatu Boots Perlengkapan Touring

Berita Terkait