Benarkah BBM Oktan Tinggi Bikin Awet Mesin?

Publikasi: 4 bulan 23 hari 8 jam 48 menit yang lalu

Bahan bakar dengan jenis oktan tinggi disebut-sebut dapat membuat komponen kendaraan berumur panjang. Performa mesin akan lebih terjaga dan jarak tempuh pun jadi lebih jauh karena pembakaran mesin motor yang lebih sempurna.

Selain itu, BBM beroktan tinggi juga membuat performa mesin lebih enteng karena tidak adanya kerak-kerak sisa pembakaran.

Apa Artinya Oktan dan RON?

Di Indonesia, umumnya menjual bensin dengan angka oktan 90 hingga 100. Apa arti angka itu?  Angka oktan adalah angka yang menunjukkan tingkat ketukan (knocking) yang dihasilkan di ruang bakar saat terjadi pembakaran. 

Sedangkan RON merupakan singkatan Research Octane Number, yang artinya angka oktan didapat setelah melalui hasil penelitian laboratorium.

Secara teknis, bensin dengan nilai oktan tinggi seperti RON 92 memang lebih irit dibandingkan bensin bernilai oktan 88 atau 90.

Terlebih, makin kecil RON, makin mudah pula cairan bensin untuk terbakar. Dengan begitu, pembakaran bensin dengan kadar oktan 92 lebih efektif dibandingkan dengan RON 88 dan 90.

Keuntungan lain menggunakan bensin RON 92 adalah pembakarannya yang lebih sempurna, sebab baru terbakar setelah bensin bersentuhan dengan busi. Hal ini sekaligus membuat silinder kendaraan jadi bersih.

Tak kalah penting, menggunakan bensin RON 92 juga membuat mesin kendaraan terasa lebih ringan karena tidak adanya kerak sisa pembakaran bensin, atau sering disebut residu, yang menempel di sekitar silinder.

Selain memberikan memberikan performa yang lebih baik bagi mesin motor, BBM RON tinggi juga berpengaruh bagi kualitas lingkungan sebab memiliki kadar emisi gas yang lebih rendah.

Kapan Jadi Efek Negatif?

Namun motor dengan rasio kompresi mesin rendah bakal mengeluarkan efek samping negatif jika dipaksa minum bensin oktan tinggi.

Bensin dengan nilai oktan yang tinggi akan semakin sulit untuk terbakar. Makan butuh rasio kompresi mesin yang tinggi juga untuk bisa membakar bensin dengan oktan tinggi.

Jika bensin punya oktan terlalu tinggi dan kompresi mesin rendah, mesin enggak mampu membakar semua bensin sehingga masih ada sisa. Dengan kata lain, proses pembakaran di ruang bakar jadi enggak sempurna. 

Karena tidak sempurnanya proses pembakaran membuat performa motor malah menurun dan konsumsi bensin jadi lebih boros. Sisa-sisa bensin yang tidak terbakar itu juga bisa mencemari komponen mesin lainnya

Yang paling ditakutkan ketika sisa-sisa bensin itu menyelinap melalui dinding liner dan masuk ke dalam bak oli. Sisa-sisa bensin yang tidak bakar itu kemudian mencampuri oli mesin atau disebut dengan fuel dilution.

Dan Fuel dilution ini membuat fungsi oli mesin jadi menurun,  terutama fungsi oli mesin untuk meminimalisir gesekan antar part di dalam mesin

Salah satu ciri oli mesin motor mengalami fuel dilution adalah terciumnya aroma bensin pada oli mesin. Jika oli mesin sudah fuel dilution kalau dibiarkan, efeknya bisa merusak komponen mesin. Segera lakukan penggantian jika oli mesin terindikasi mengalami fuel dilution.

Label : Cari Aman Safety Riding #hondacare Oktan BBM BBM Oktan Tinggi

Comment

User Comment

Your comment

Load More