Cegah Lampu Senja Gampang Mati

Publikasi: 1 tahun 11 bulan 21 hari 6 jam 30 menit yang lalu

Meski sekarang ini kebanyakan motor memiliki lampu senja LED yang terbilang awet, tidak bisa dipungkiri, masih banyak motor matic  yang menggunakan lampu senja dengan memakai bohlam.

Bohlam di lampu senja punya usia pakai yang lebih singkat ketimbang LED. Namun setelah diganti, kadang usia pakaiannya pun justru malah lebih cepat putus.

Ada beberapa penyebab lampu senja motor mati. Termasuk ketika menggantinya dengan lampu LED aftermarket. 

Ini dia penyebabnya dan cara menanggulanginya

Kutub Tak Tepat

Bisa jadi, lampu LED tak menyala karena posisinya yang tidak tepat. Dan justru bukan karena kerusakan pada lampu LED. Pasalnya, posisi lampu yang terpasang di soket tidak memiliki posisi kutub yang tepat.

Karena itu, saat lampu LED dipasang di soket lampu senja kerap memiliki posisi kutub berlawanan. Solusinya jika lampu LED tak menyala, cabut kemudian putar posisi lampu agar posisi kutub negatifnya berubah.

Korsleting 

Jika lampu senja kerap mati, bukan hanya bohlam yang perlu dicek,  perhatikan juga  bagian kabel. 

Jika ada masalah pada kabel, atau bahkan korsleting, bisa jadi permasalah lampu senja tidak menyala justru pada kabel ini.

Periksa juga konektor kabel yang lepas atau kendor akibat getaran saat motor berjalan di jalan jelek. 

Sebab itu, jika lampu senja sering mati, coba periksa sistem kabel, termasuk adanya kemungkinan kabel yang terkelupas.

Kiprok Rusak

Kiprok memiliki fungsi menstabilkan arus listrik ke lampu. Sehingga arusnya tidak berlebih dan sesuai dengan kebutuhan. Maka, ketika kiprok rusak, proses pengisian listrik menjadi tidak stabil. Efeknya bisa bikin lampu senja berusia singkat.

Solusinya mudah, langsung ganti. Jangan diamkan motor menggunakan kiprok rusak, karena lampu akan terus menerus mudah mati,  yang  buntutnya justru bikin biaya lebih besar. Sekaligus juga berbahaya untukmu berkendara di malam hari.

Air Merembes ke Reflektor 

Di musim hujan, bisa jadi air merembes masuk ke daerah lampu. Atau saat menyuci motor dengan tekanan steam kuat, air menerobos masuk ke dalam reflektor.

Jika menemukan adanya air di reflektor, coba cek fitting lampu. Kemudian ganti dengan dudukan lampu berkaret. Jika terlalu besar lubangnya, sebaiknya ganti komponen lampu dengan yang baru.

Cari Aman Safety Riding Lampu Motor #hondacare Headlamp Lampu Senja

Berita Terkait