Berkendara Aman Saat Berpuasa

Publikasi: 1 tahun 1 bulan 10 hari 18 jam 37 menit yang lalu

Bulan puasa bulan penuh ujian. Menahan lapar dan dahaga di tengah hari, mungkin sudah biasa.  Namun kadang, puasa bisa mendatangkan kantuk berlebihan, akibat jadwal tidur  yang berubah akibat harus bangun tengah malam untuk makan sahur. 

Nah,  di tengah kondisi ini, pengendara motor harus bisa mengendalikan diri selama berkendara. Bagaimana caranya ?

1. Jika Ngantuk, Menepi 

Mengantuk saat berkendara berisiko tertidur sekejap, dan ini bisa mengakibatkan kecelakaan. Perasaan kurang tidur selama bulan puasa terjadi lantaran aktivitas bangun terlalu pagi untuk makan sahur.  

Nah jika kantuk datang  tanpa bisa dicegah saat berkendara, lebih baik menepi dan beristirahat sejenak.

2. Sahur berkualitas

Berkendara butuh energi besar, sebab itu saat  makan sahur, pilih menu yang berkualitas,  bernutrisi tinggi dan minumlah  air putih agar tidak mengalami dehidrasi.

3.Pakai Pelindung Tubuh

Kenakan juga jaket, helm, sarung tangan, masker, serta perlengkapan berkendara lainnya. Selain itu pastikan surat-surat lengkap biar tak menimbulkan masalah tilang di jalan.

4. Tentukan Rute 

Sebelum berangkat, tentukan rute terbaik, hal ini bisa dilakukan dengan melihat aplikasi penunjuk jalan. Sebaiknya jika menggunakan aplikasi penunjuk jalan melalui ponsel, aktifkan fitur suara aplikasi. Jadi konsentrasi terpusat  untuk mengendarai, tidak terbagi untuk melihat rute pada peta

Jika  terpaksa ingin melihat ponsel untuk mengecek aplikasi, pastikan berhenti di tempat aman.

5. Jangan Mudah Terpancing Emosi

Jalanan adalah tempat banyak hal terjadi dan sebagian besar tidak bisa Anda kendalikan. Satu hal yang bisa Anda kendalikan adalah diri sendiri.

Penting selalu menetapkan diri berpikir positif dan memberi toleransi terhadap situasi jalan dan pengendara lain. Mudah terpancing emosi atas hal tidak penting bisa menguras energi, selain itu dapat mengganggu ibadah.

6. Tetap Patuhi Peraturan

Jangan gara-gara alasan sedang berpuasa, kamu  jadi malas menunggu di lampu merah atau sengaja ambil jalan pintas dan berlawanan arah. Peraturan lalu lintas adalah kesepakatan bersama yang jika dilanggar berarti merugikan orang lain.

Nah, begitulah  step by step  berkendara saat puasa. Pastikan kendaraan yang digunakan juga wajib dalam kondisi prima. 

Jangan lupa  untuk  selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan  pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Berkendara Aman Berkendara Dimalam Hari Berkendara Di Bulan Puasa Bulan Ramadhan Puasa

Berita Terkait