Berkendara Dengan Banyak Barang? Perhatikan Hal Ini!

Publikasi: 4 bulan 14 hari 22 jam 43 menit yang lalu

Motor menjadi salah satu jenis alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di tanah air. Selain karena harganya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan mobil, kendaraan roda dua ini juga terbukti efektif dalam menerobos jalanan yang super macet di beberapa kota besar di Indonesia.

Sayangnya, banyaknya jumlah pengendara motor di Indonesia ini tidak diimbangi dengan kesadaran masyarakat mengenai prosedur keselamatan berkendara. Mulai dari peralatan keamanan yang kurang lengkap, modifikasi motor yang cukup ekstrem hingga membawa barang bawaan yang terlampau banyak.

Nah, salah satu yang paling banyak ditemukan adalah pengendara motor yang membawa banyak barang bawaan di jalan. Selain dapat membahayakan diri sendiri serta pengendara lain, membawa banyak barang bawaan ini ternyata juga melanggar hukum, lho. Anda pun bisa ditilang sewaktu-waktu jika menyalahi aturan tersebut.

Untuk itu, agar terhindar dari tilang dan berkendara tetap aman. Pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berkendara dengan Barang Bawaan

1. Perhatikan berat barang bawaan 

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah berat muatan yang akan dibawa. Pastikan Anda tidak mengangkut barang bawaan yang melebihi kapasitas atau standar kendaraan bermotor.

Pada buku panduan motor biasanya telah tercantum maksimal barang bawaan yang bisa ditampung oleh sebuah kendaraan. Untuk itu, perlu dicermati setiap informasi yang tercantum di dalamnya. Agar Anda dapat mewanti-wanti jika berat barang bawaan melebihi kapasitas maksimum tersebut.

Karena membawa barang bawaan terlalu berat dapat menyebabkan kondisi suspensi atau shockbreaker pada motor rusak. Selain itu, komponen mesin dan ban pun juga dapat terkena dampak dari hal yang satu ini.

2. Barang bawaan jangan sampai melebihi stang motor

Selanjutnya, jika Anda berkendara dengan membawa barang bawaan di depan. Maka barang yang Anda angkut tersebut tidak boleh melebihi panjang dari stang kendaraan. Sebab, hal ini dapat mengurangi ruang gerak Anda saat akan menemui tikungan atau berbelok. Akibatnya, Anda bisa saja jatuh sewaktu-waktu jika dengan kondisi yang seperti ini.

So, pastikan Anda tidak membawa barang bawaan terlalu banyak hingga melebihi lebar stang kendaraan, ya!

3. Pastikan barang bawaan tidak menutupi lampu sein

Nah, kalau Anda menaruh barang bawaannya di belakang, maka Anda perlu memastikan bahwa muatan tersebut tidak menutupi lampu sein. Mengingat fungsi lampu sein yang cukup krusial yakni memberikan pertanda pada pengendara di belakang kita bahwa kita akan berbelok atau menepi. Tanpa lampu sein ini maka akan sangat rawan terjadi kecelakaan. 

Begitu pun jika lampu sein kendaraan Anda tertutup oleh barang bawaan. Ada banyak kemungkinan buruk yang bisa dialami oleh siapa saja. Jadi, berhati-hatilah dan pastikan barang bawaan Anda tidak menutupi kondisi kedua lampu sein, ya.

4. Ikat barang bawaan dengan kuat

Kondisi jalanan yang tak selalu mulus membuat barang bawaan kita bisa saja merosot atau jatuh sewaktu-waktu. Nah, untuk menghindari risiko itu, Anda bisa menggunakan tali dan mengikat barang tersebut dengan kuat pada motor.

5. Jangan sampai barang bawaan lebih tinggi dari pengemudi

Terakhir, Anda juga harus memperhatikan bahwa kondisi barang bawaan tak boleh lebih tinggi dari pengemudi. Sebab, hal ini dapat mempengaruhi pengalaman Anda dalam berkendara sekaligus membuat motor tidak stabil. Lebih baik bawa barang secukupnya dan jangan terlalu ambil risiko. Ingat bahwa keselamatan adalah prioritas utama dalam berkendara.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum berkendara dengan banyak barang bawaan. Semoga bermanfaat!

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More