Tips Aman Berkendara Motor Di Jalanan Gelap

Publikasi: 22 hari 3 jam 54 menit yang lalu

Bagi sebagian orang, berkendara di jalanan yang gelap menjadi tantangan tersendiri. Selain karena minimnya pencahayaan, jalanan gelap juga sering identik dengan kejadian mistis hingga aksi tindak kriminal seperti begal.

Tak heran jika banyak orang memilih untuk mengurungkan bepergian di malam hari atau yang melewati jalanan sepi dan minim pencahayaan. Karena memang sangat berisiko terjadi hal-hal yang di luar dugaan seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Namun, jika Anda benar-benar harus terpaksa mengendarai roda dua di tengah-tengah kondisi malam yang sudah gelap gulita. Maka terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya.

Tips Aman Berkendara Motor di Jalanan Gelap

1. Sebelum berkendara, cek seluruh kondisi komponen motor

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengecek seluruh kondisi komponen pada motor. Ini meliputi lampu motor, ban, mesin, bensin dan masih banyak lagi lainnya.

Tujuan dari dilakukannya pengecekan ini adalah guna menghindari terjadinya mogok atau masalah saat di tengah jalan. Coba bayangkan betapa menegangkannya motor Anda tiba-tiba berhenti saat di jalanan yang sepi dan gelap? Anda tentu tidak ingin mengalaminya, bukan? 

So, dengan mengecek seluruh kondisi motor tersebut dapat membuat Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama pada bagian lampu motor yang akan menjadi satu-satunya sumber pencahayaan Anda saat berkendara.

2. Jangan lupa bawa perlengkapan berkendara yang dibutuhkan

Helm, jaket dan sarung tangan merupakan peralatan berkendara yang wajib Anda bawa. Jaket dan sarung tangan berguna untuk menahan terpaan angin malam yang dingin. Sehingga, Anda tidak akan kedinginan saat di jalan.

Sedangkan helm bisa melindungi Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti benturan dari benda-benda tumpul.

3. Tetap perhatikan  rambu-rambu lalu lintas yang ada

Meski jalanan gelap tanpa pencahayaan, namun biasanya tetap terdapat rambu-rambu lalu lintas yang terpasang di sana. Entah itu untuk menunjukkan bahwa terdapat tikungan tajam di depan atau jalanan yang rusak dan lain sebagainya. Anda perlu memperhatikan setiap informasi yang disampaikan oleh tanda-tanda tersebut agar dapat mengantisipasinya dari awal.

4. Jangan berkendara sendirian

Jalanan yang gelap memang sangatlah berisiko. Terutama jika Anda wanita yang akan melakukannya. Nah, agar tidak terjadi insiden di luar dugaan, lebih baik Anda mengajak orang lain sebagai teman berkendara. Bisa pasangan, teman atau mungkin sanak keluarga.

Karena pelaku kejahatan seperti begal tidak akan menargetkan orang-orang yang berkendara dengan lebih dari 1 orang. So, cara ini bisa dibilang cukup efektif untuk menghindari terjadinya tindak kriminal, ya.

5. Tetap jaga jarak dengan pengendara lain

Jika ada pengendara motor atau mobil di depan Anda, sebaiknya jangan berkendara terlalu dekat. Sebab, di jalanan yang minim pencahayaan ini siapapun bisa mengalami kejadian tak terduga. Misalnya kendaraan di depan Anda tersebut tiba-tiba berhenti dan Anda tidak menyadarinya. Kemungkinan terburuknya adalah terjadi insiden seperti tabrakan.

Nah, dengan jaga jarak saat berkendara, ketika motor atau mobil yang di depan Anda berhenti secara tiba-tiba, Anda bisa melakukan pengereman secara perlahan dan tidak mendadak.

Selain itu, jika ternyata ada kendaraan yang mencurigakan mengikuti dari belakang. Anda bisa menghindarinya dengan tetap fokus berkendara sembari menekan tombol klakson terus menerus tanpa dilepas. Ini akan menarik perhatian pengendara lain yang masih berada di sekitar lokasi Anda. Sehingga, jika pengendara mencurigakan tersebut begal, ia tentu tidak akan berani melakukan aksinya.

Demikianlah artikel mengenai tips berkendara motor di jalanan yang gelap dan minim pencahayaan. Jika Anda takut untuk berkendara di malam hari, tentu lebih baik Anda menundanya dan mulai berangkat keesokan harinya. Bagaimana pun keselamatan Anda dalam berkendara menjadi prioritas yang utama. Happy safe riding!

Label : Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Motor Honda Berkendara Aman Wahanahonda Berkendara Dimalam Hari

Comment

User Comment

Your comment

Load More