Berkendara Dengan Sepeda Motor, Ini Postur Tubuh Yang Harus Dicermati

Publikasi: 11 bulan 28 hari 23 jam 36 menit yang lalu

Berkendara dengan menggunakan sepeda motor memang bagi beberapa orang cukup melelahkan, dan untuk sebagian orang yang lain merupakan sebuah hobi yang sangat menyenangkan. Terlepas dari hobi dan yang bukan hobi, memang harus diakui bahwa mengendarai sepeda motor tidak bisa terhindarkan dari kelelahan. Sebenarnya bukan hanya sepeda motor, kendaraan lainnya seperti mobil juga bisa melelahkan juga. 

Tapi berkendara menggunakan sepeda motor lebih melelahkan karena ketika mengendarai sepeda motor kita perlu menjaga keseimbangan dan juga konsentrasi yang lebih. Postur tubuh kita juga mempengaruhi faktor kelelahan ini. Dengan postur yang salah kita sudah dipastikan akan menjadi lebih cepat lelah, untuk itu saat mengendarai sepeda motor kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini. 

Di kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai postur tubuh yang dianggap sebagai postur terbaik untuk kamu praktekan agar kamu tidak merasa cepat lelah saat berkendara dengan menggunakan sepeda motor. 

Postur Berkendara Sepeda Motor Yang Baik

Postur berkendara sepeda motor yang baik ini adalah termasuk kedalam pelatihan safety riding dan keselamatan berkendara. Materi ini sering diajarkan di acara pelatihan karena memang terbukti ampuh untuk meningkatkan skill berkendara sepeda motor menjadi lebih baik. Selain itu dengan postur yang baik dan benar, kita sebagai pengendara sepeda motor akan lebih tahan lama dalam berkendara alias tidak mudah lelah. 

Berikut ini adalah beberapa postur terbaik saat kamu mengendarai sepeda motor.

Badan Duduk Dengan Posisi Tegak

Bukan membungkuk melainkan tegak. Ketika kita duduk dengan posisi tegak kita akan lebih bisa berkonsentrasi terhadap apa yang terjadi disekitar kita. Posisi ini sangat baik untuk reflek juga, jadi akan sangat mampu bagi kamu untuk menghindari berebagai halangan yang terjadi di jalan raya nantinya. Badan tegak ini juga merupakan salah satu cara untuk berkendara yang baik untuk mencegah badan kita cepat lelah. 

Tangan Lurus Dan Menekuk Sedikit Di Bagaian Siku

Dengan badan tegak tentunya tangan kita juga meraih stang dengan posisi tegak lurus dengan badan kita, kemudian dibagian siku agak ditekuk sedikit. Siku ini berguna sebagai “suspensi” jadi jika ada jalan rusak yang kita lewati badan dan tangan kita tidak akan sakit. 

Mata Dan Pandangan Lurus Ke depan

Dengan mata dan pandangan ke depan tentunya menjadikan kita bisa memperhatikan apa yang terjadi di depan kita. Hal ini bisa menambah konsentrasi kita saat berkendara, sangat dianjurkan untuk menengok ke kanan kiri belakang jika memang diperlukan, tapi sebentar saja, kamu tidak mau mengalihkan perhatian dari depan terlalu lama bukan? 

Letakkan Telapak Kaki Lurus Tepat Di Atas Footstep

Letakkan telapak kaki pas di atas footstep merupakan postur terbaik selanjutnya. Dengan meletakkan kaki lurus dengan lutut ke arah depan, menghindarkan kita dari sesuatu yang tidak dinginkan. Posisi ini juga selaras dengan aerodinamis yang dimiliki oleh sepeda motor sehingga memaksimalkan kinerja sepeda motor. Meletakkan kaki dengan posisi ini juga menghindarkan kita dari beberapa gangguan yang mungkin akan terjadi di jalan raya nantinya. 

Menggenggam Tuas Gas dengan Ke Lima Jari

Untuk memaksimalkan cara kerja gas dengan baik tentunya kita harus mengenggam tuas gas dengan kelima tangan kita dengan tidak terlalu kuat tapi juga tidak terlalu lemah alias pas. Jangan sekali – kali meletakkan salah satu atau beberapa jari kita di atas tuas rem depan. Hal ini sangat berbaya untuk kamu, karena reflek kita yang sering muncul saat kaget tentunya bisa membuat kita jatuh terpeleset. 

Teknik pengereman yang baik adalah dengan menggunakan 4 jari, dan melepaskan tuas gas. Dengan begitu kamu bisa melalukan pengereman secara efektif dan efisien. 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More