wanda

Bisa Jadi Catatan Mudik Tahun Depan, Ini 4 Masalah Motor Kerap Terjadi Saat Perjalanan Jauh

Publikasi: 4 bulan 23 jam 42 menit yang lalu

Tidak mudah, agaknya menjadi sebuah kalimat yang pas untuk menggambarkan sebuah perjalanan jauh dengan motor. Hal ini lantaran, ketika kita melakukan hal tersebut ada banyak hal perlu dipersiapkan, mulai dari kendaraan roda dua, fisik, hingga metal. Tidak berhenti di situ saja, mengendarai kuda besi dengan jarak yang panjang juga menyimpan permasalahan-permasalahan terkaitmotor.

Kondisi tersebut disebabkan oleh kinerja kendaraan yang tidak bisa ringan ketika melakukan perjalanan dalam jarak jauh, layaknya mudik atau touring. Bahkan ada banyak kejadian para pengendraa merasakan tunggangan rewel atau ngambek secara tiba-tiba. Yaa, kalau setalh itu cepat ditemukan bengkel sih gak papa, kalau ketika melintas hutan dan jarang penduduk tentu menjadi kisah perjalanan yang menyebalkan.

Nah, agar tidak merasakan hal-hal semacam itu. Perhatikan beberapa permasalahan-permasalahan motor berikut yang kerap timbul saat perjalanan jauh seperti halnya mudik atau touring.

Rantai mengendur dan bisa hadirkan suara berisik

Sebagai komponen mempunyai tugas tidak ringan, rantai adalah bagian motor yang kerap alami permasalahan. Di mana bagian tersebut akan mengendur setelah menempuh jarak jauh. Hal ini bisa terjadi lantaran rantai roda sistem kerjanya adalah memutar menyalurkan tenaga, jadi bila dipacu terus menerus pasti akan kendur. 

Belum lagi saat mudik umumnya pengendara  membawa beban berat, hal itu pastinya membuat kinerjanya lebih ekstra. Mengendurnya rantai akan menimbulkan suara berisik saat bekendara. Selain itu juga berpotensi mempengaruhi tarikan motor ketika dipacu untuk melaju kencang. Solusinya, sering-sering cek kondisi rantai dan beri pelumas khusus rantai agar rantai tidak kering.

Motor tiba-tiba tarikanannya tidak paripurna lagi

Permasalahan lain yang juga acap kali dirasakan ketika motor diajak untuk mudik atau berjalan dengan jarak tempuh jauh, adalah menurunya tarikan gas kendaraan. Berkat kondisi ini akselarasi si-kuda besi juga mengalami penurunan. Usut punya usut hal ini disebabkan oleh mengendurnya katup (klep).

Keadaan tersebut bisa dikatakan umum terjadi, sebab memang setelah melakukan perjalanan jauh bagian tersebut acap kali alami hal tersebut. Oleh karena itu, melakukan service pasca mudik atau sebelum melakukan perjalanan jauh sangat diajurkan. Terlebih untuk komponen-komponen dalam mesin.

Kendaraan tiba-tiba ‘brebet’

Selain kedua hal tadi, roda dua tiba-tiba ‘brebet’ juga menjadi masalah yang kerap dijumpai pasca motor digunakan untuk perjalanan jauh seperti mudik. Kondisi tidak mengenakan ini umumnya dipengarungi oleh pemasang tutup kop busi kurang rapat atau kop busi sudah terkelupas sehingga percikan api tersendat.

Jika mengalami permasalahan model ini mencari bengkel terdekat bisa menjadi solusi yang bagus. Jangan sampai memasakan motor disaat ‘brebet’. Sebab, selain mengganggu kenyamanan bekendara juga bisa membuat motor alami kerusakan mesin lebih parah.  

Kendaraan roda dua tiba-tiba mogok di jalanan

Meski bukan menjadi tragedi selalu terjadi, namun motor mogok tiba-tiba bukanlah hal yang tidak mungkin dirasakan oleh pemudik. Alasannya adalah karena saat perjalanan jauh kinerja mesin bekerja lebih keras dari biasanya dan kondisi tersebut bisa membuat komponen-komponen alami masalah.

Seperti contohnya suhu kendaraan berlebih atau tiba-tiba kampas kompling putus untuk kendaraan bertransmisi manual. Nah, berkaca dari kondisi tersebut mengetahui sedikit-sedikit seluk beluk motor agaknya menjadi sesuatu perlu dimiliki baikers. Supanya ketika alamu kondisi tidak terduga seperti motor mogok langsung bisa mencari solusinya. 

Begitulah tadi-tadi permasalahan-permasalahan yang sekiranya bisa terjadi ketika lakukan perjalanan jauh seperti mudik atau touring. Agar tidak merasakan hal semacam itu, pengendara diajurkan untuk selalu siap siaga dalam segala kemungkinan. Caranya dengan mengatahui kondisi jalan akan dilalui dan membekali diri dengan beberapa alat untuk service kecil. 

Label : Mudik Lebaran Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More