Buat Kamu Yang Baru Bisa Naik Motor, Ini Tips Safety Riding Untuk Mengendarai Motor

Publikasi: 2 tahun 1 bulan 19 hari 11 jam 43 menit yang lalu

Sepeda motor adalah kendaraan dengan tingkat kecelakaan yang cukup tinggi. Oleh karenanya, banyak pelatihan safety riding di adakan di kota – kota besar. Tujuannya sendiri tak lain agar pemotor semakin mahir untuk mengendarai motornya secara aman. Karena di pelatihan tersebut biasanya ada beberapa trick berkendara yang diajarkan. Diantaranya antara lain:

1. Slalom

Seperti yang kita tau bro, slalom ini fungsinya untuk menjaga reflek tubuh saat menikung agar irama dan keseimbangannya gak hilang. Trick ini bisa melatih keseimbangan tubuh agar bisa lebih baik lagi saat kita lagi berada di jalanan. Jadi saat banyak tikungan tajam, badan kita gak akan kagok untuk melewatinya.

2. Melewati jalan titian

Sama dengan latihan slalom, fungsinya melewati jalan titian ini juga untuk menjaga keseimbangan, tapi fokusnya yaitu saat motor melewati medan yang sempit agar tidak menyenggol obstacles yang ada di jalanan. 

3. Tes pengereman

Naik motor itu gak asal gas rem aja bro, nge-rem juga ada porsinya. Idealnya 60% rem depan dan 40% rem belakang. Makanya harus sering – sering latihan nge-rem nih, supaya kamunya ga selip ketika di jalanan. 

4. Melewati Jalanan bergelombang

Masih dengan melatih keseimbangan motor, latihan untuk jalan di jalanan yang bergelombang ini juga melatih ketahanan fisik kamu supaya tetap prima ketika berada di jalanan. Jadi ketika ada jalanan yang kontur jalannya kurang bagus, kamu sudah siap untuk melewatinya. 

Nah beberapa hal diatas ini adalah tricks yang sering dilakukan saat ada pelatihan event pelatihan safety riding. Cara latihan di atas ini mungkin bisa kamu tiru sama teman – temanmu yang sama – sama masih baru bisa mengendarai sepeda motor. Jadi kamu jangan sok – sokan bikin gang motor dulu, belajar dulu bagaimana cara mengendarai motor secara aman, baru setelah itu bikin club dengan tujuan yang baik. 

Selain itu ada beberapa hal lagi yang harusnya diterapkan demi menerapkan prinsip safety riding di jalanan. Beberapa diantaranya ada di bawah ini. Yuk kita pelajari bareng – bareng. 

1. Motor dengan standar samping.

Jangan menaiki motor yang masih dalam posisi standar samping. Yang harusnya dilakukan adalah membebaskan standarnya dulu, baru menaikinya. 

2. Standar tengah.

Jika menggunakan standar tengah, pastikan standar sampingnya tidak terbuka. Dan bebaskan standar tengah menggunakan kaki kirimu.

3. Toleh kanan sebelum kamu melaju.

Ada baiknya menoleh kanan dan belakang terlebih dahulu sebelum kamu start mengendarai motormu. Hal ini tidak berlaku di luar negeri ya, karena kalau lagi ada di negara lain yang menggunakan lajur kanan, kamu harus menoleh kiri dan belakang terlebih dahulu. 

4. Rem dan Kopling.

Posisikan tangan pada rem dan kopling hanya saat akan digunakan saja. Ketika tidak ingin digunakan, posisikan tangan untuk mencengkeram gas dan tuas kemudi. 

Untuk pengereman, gunakan kelingking untuk meremas tuas rem terlebih dahulu sampai pada saatnya jari telunjukmu. Ketika telunjuk sudah ikut meremas tuas rem, disaat itulah tuas kopling mulai ditarik. 

Ingat, di kecepatan rendah, perpindahan transmisi ke yang lebih rendah adalah hal yang wajib. Tentunya kamu gak pengen kan motormu keabisan tenaga di tengah perjalanan.

5. Berpijak ke kiri saat berhenti di kiri.

Saat berhenti di sebelah kiri, gunakan kaki kiri untuk memijak. Ketika berhenti di sebelah kanan untuk putar balik atau hal lainnya, gunakan juga kaki kananmu untuk memijak. Jangan kebalik ya bro. 

6. Taati rambu lalu lintas.

Hal terakhir yang harus kamu tau adalah selalu menaati peraturan lalu lintas. Bagaimanapun peraturan lalu lintas ini dibuat untuk keselamatan pengguna jalan. Nah, sebagai pengguna jalan yang baik, kamu harus turut menyukseskan peraturan ini supaya bisa terus dilakukan oleh pengendara motor lainnya. Sampai nanti di suatu saat seluruh pemotor akan tertib terkendali dengan tingkat kecelakaan 0%.

Label : Cari Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More