Cara Agar Sepeda Motor Aman

Publikasi: 4 bulan 2 hari 6 jam 25 menit yang lalu

Bagi para pengendara sepeda motor, tunggangan motor yang kita miliki adalah sebuah harta yang cukup berharga dan tentunya sudah layaknya kita merawatnya dengan baik. Selain itu sepeda motor juga tentunya harus aman. Aman dari pencuri, aman untuk dikendarai di jalan raya. Terus gimana sih bro cara biar sepeda motor kita bisa aman, baik dari pencurian maupun dari berbagai kondisi di jalan raya? 

Nah dikesempatan kali ini kita akan membahas nih tips cara agar sepeda motor aman dari kondisi medan jalan dan tentunya juga aman dari modus – modus pencurian dan tindak kejahatan lainnya. Dengan membaca artikel ini kamu jadi lebih waspada nih bro. 

Jadi bagaimana cara agar sepeda motor kita aman? Cus, langsung kita bahas satu persatu ya?

1. Selalu Ingat Kunci

Salah satu kelalaian yang paling fatal adalah lupa untuk mengunci kendaraan sepeda motor. Bahkan sepeda motor yang sudah dikunci saja bisa hilang bagaimana dengan sepeda motor yang tidak dikunci tentunya akan lebih cepat hilang bukan bro?

Jadi jangan sepelekan dan selalu ingat untuk mengunci kendaraan kamu ya? Kadang cara tambahan seperti beberapa aksesoris pengaman juga bisa dijadikan sebagai tambahan jika memang mau untuk menggunakannya, tapi sebenarnya beberapa sepeda motor baru sekarang sudah cukup lengkap memiliki pengaman yang sangat canggih sehingga kamu tidak perlu lagi menambahkannya.

2. Jangan Sembarangan Modifikasi Motor 

Mungkin bagi para pengendara sepeda motor yang ada di Indonesia kamu pasti tahu kan jika ada peraturan mengenai modifikasi sepeda motor?

Bro, peraturan tersebut dibuat karena ada alasannya. Biasanya peraturan modifikasi sepeda motor ini terkait dengan keselamatan berkendara nih bro. Jadi kamu harus memperhatikan hal ini agar kamu lebih bisa membuat sepeda motor lebih aman. 

Jika kamu masih ngeyel untuk modifikasi sepeda motor sembarangan kamu malah mengurangi keamanan dan keselamatan kamu sendiri. Contohnya merubah dimensi kendaraan, atau merubah ukuran ban ataupun modifikasi ekstrem lainnya. 

Lebih baik pastikan kondisi sepeda motor yang kamu miliki ini tetap sesuai dengan keadaan atau standar pabrikan. Dengan begitu sepeda motor kamu akan lebih aman dan juga terjaga kondisinya dengan baik. Sebenarnya modifikasi sepeda motor itu wajar dan juga boleh untuk dilakukan, namun jangan modifikasi sembarangan yang menjurus ke arah pengurangan keselamatan dalam berkendara. 

3. Pastikan Surat – Surat Lengkap 

Kesalahan beberapa orang Indonesia adalah seringnya tidak memperhatikan surat – surat sepeda motor. Dalam hal ini biasanya orang – orang hanya memperhatikan harga murah di saat ingin membeli sepeda motor. Hal ini sangatlah tidak aman untuk kamu nih bro. 

Pertama kamu akan kesulitan jika bepergian karena tidak adanya surat – surat, Kedua kamu juga bisa terkena tindak pidana bro. Dan kekurangan terakhir adalah ketika kamu tidak memiliki surat – surat lengkap jika terjadi sebuah kejadian yang tidak diinginkan kamu akan lebih berdampak buruk dan kesusahan untuk mengurusnya dengan pihak hukum. 

Jadi pastikan untuk selalu memperhatikan surat – surat kendaraan yang kamu miliki sekarang juga bro agar kamu tetap aman dan nyaman saat berkendara di jalan raya. 

4. Menyepelekan Kondisi Sepeda Motor

Jadi saat kamu ingin bepergian sebaiknya untuk melakukan pengecekan menyeluruh terhadap sepeda motor terlebih dahulu. Kita kasih contoh deh bro dengan contoh yang sangat sederhana permasalahan tekanan ban. Hal kecil ini sering sekali disepelekan oleh masyarakat Indonesia. Kondisi ban yang kempes atau terlalu keras juga bisa menyebabkan kecelakaan yang fatal. 

Ada baiknya untuk selalu mengecek kondisi tekanan ban saat akan bepergian. Bukan hanya ban ya bro? melainkan kondisi sepeda motor lainnya. Degan melakukan hal ini sebelum bepergian kamu akan membuat sepeda motor yang kamu naiki lebih aman secara keselamatan. 

5. Menyepelekan Peraturan Lalu Lintas 

Nah, jika sepeda motor sudah dirasa aman, ada lagi sebuah sifat yang sering kali dimiliki oleh pengendara sepeda motor di Indonesia, yaitu menyepelekan peraturan lalu lintas. Sekali lagi peraturan itu dibuat untuk lebih menertibkan dan menyelamatkan kamu dari berbagai kejadian yang merugikan, begitu juga dengan peraturan lalu lintas. 

Jadi pastikan untuk selalu memperhatikan peraturan lalu lintas yang ada di jalan raya dan juga mematuhinya bro. 

Demikian bro bagaimana cara agar sepeda motor kamu lebih aman baik dari segi keselamatan dan juga aman dari tindakan kejahatan curanmor yang sering menghantui kita. Jadi apakah kamu akan mencobanya atau malahan sudah mencobanya?

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding

Comment

User Comment

Your comment

Load More