Cara Memastikan Sepeda Motor Layak Jalan

Publikasi: 9 bulan 16 hari 13 jam 51 menit yang lalu

Sepeda motor sangatlah banyak sekali jumlah di negara kita ini. Pengendara sepeda motor di Indonesia adalah salah satu yang terbanyak di dunia. Alat transportasi yang satu ini menjadi sangat favorit untuk dijadikan sebagai alat transportasi pilihan karena memang kondisi jalanan di Indonesia sekarang ini sangat cocok untuk sepeda motor, dan tentunya sepeda motor lebih murah dibandingkan dengan alat transportasi lainnya seperti mobil roda empat misalnya.

Nah, sayangnya di Indonesia sendiri masih sangat jarang orang yang sadar pentingnya sebuah sepeda motor yang memang benar benar layak di jalan. Beberapa masyarakat hanya menggunakan sepeda motor tanpa memikirkan keselamatan dari segi sepeda motor tersebut. 

Jika kamu adalah tipe orang yang sering merawat sepeda motor baik dari segi mesin, dan juga perawatan lainnya mungkin kamu sudah selangkah lebih baik dalam terus menjaga keselamatan berkendara yang ada di jalan raya. Nah, terus langkah – langkah untuk mengetahui sebuah motor bisa layak jalan seperti apa sih? 

Oke deh di kesempatan kali ini kita akan share khusus untuk kamu bagaimana cara memastikan sepeda motor layak jalan. Dengan menggunakan beberapa cara berikut ini kamu bisa lebih aman dalam berkendara di berapapun jarak yang ingin kamu tempuh bro, jadi simak baik baik ya?

Sesuai Dengan Peraturan Dari Kepolisian 

Jadi jika kamu adalah orang yang sering memodifikasi sepeda motor mungkin cara pertama ini adalah salah satu cara yang harus benar – benar diperhatikan. Untuk memastikan kendaraan layak jalan sebenarnya ada beberapa aturan dari kepolisian yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah tidak memodifikasi sepeda motor dengan cara yang ekstrem.

Apa yang dimaksud dengan cara ekstrem? 

Cara ekstrem ini adalah cara – cara yang biasanya berhubungan dengan mengganti dimensi rangka atau body dan juga mesin. Dua hal yang benar – benar harus diperhatikan oleh kamu bro jika ingin memastikan sepeda motor kamu layak jalan di jalan raya. Ketika sudah mematuhi peraturan ini kamu barulah bisa untuk berkendara di jalan raya menggunakan sepeda motor kamu. 

Perawatan Sepeda Motor Secara Teratur

Sepeda motor juga membutuhkan perawatan yang cukup rutin seperti halnya badan kita yang juga membutuhkan makan juga bro. Nah, perawatan sepeda motor secara teratur bisa menjadikan faktor penting dimana kita bisa memastikan sepeda motor menjadi layak jalan. 

Gunakanlah waktu luangmu untuk service sepeda motor kamu nih bro, tidak usah terlalu sering cukup dengan 3 bulan sekali. Ya, setiap 3 bulan sekali atau 2000 km tergantung mana yang lebih duluan tercapai. Service ini tidak membutuhkan waktu yang lama kok, tidak sampai harus menunggu berjam – jam jadi pastikan untuk selalu merawat sepeda motor tersebut. 

Pastikan juga untuk membawa ke bengkel – bengkel resmi ya? Karena bersama dengan bengkel resmi akan lebih terjamin baik dari sparepart, ataupun para staffnya karena sudah memiliki sop dalam bekerja. Selain itu bengkel – bengkel resmi memiliki berbagai peralatan yang sangat memadai dan pas untuk sepeda motor yang kamu tunggangi. 

Periksa Sesaat Sebelum Memakai Sepeda Motor 

Pengecekan kecil ini juga sangat diperlukan namun seringkali disepelekan oleh para pengendara sepeda motor. Ada beberapa hal yang sering kali di sepelekan beberapa di antaranya adalah tekanan ban, lampu (sein, lampu utama, dan juga lampu belakang) seringkali beberapa hal tersebut jarang sekali dicek walaupun sebenarnya sangat sederhana bukan. 

Ada baiknya jika setiap ingin menggunakan sepeda motor untuk selalu cek beberapa hal – hal sepele tersebut agar sepeda motor kamu nantinya akan layak jalan dan lebih aman sesuai dengan keamanan dan keselamatan dalam berkendara. 

Dengan tiga cara tersebut kamu bisa memastikan sepeda motor kamu layak jalan. Sederhana bukan bagaimana cara untuk memastikan sepeda motor bisa layak jalan, aman dan nyaman untuk keselamatan? Selain itu kamu tidak akan kesulitan untuk melakukan cara tersebut bro karena memang bukan cara susah untuk diikuti. 

Jadi apakah kamu sudah menerapkan ketiga cara tersebut atau belum nih bro? Kalau belum sesegera mungkin untuk terapkan cara – cara tersebut. 

Label : Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha

Comment

User Comment

Your comment

Load More