Cara Aman Berkendara Harian Dengan Sepeda Motor

Publikasi: 1 tahun 10 bulan 5 hari 19 jam 38 menit yang lalu

Keselamatan berkendara di jalan raya seharusnya menjadi salah satu fokus kita sebagai pengguna jalan raya. Sebenarnya tugas ini ditujukan untuk kita semua tanpa pandang bulu. Siapapun pengguna jalan raya, pengguna mobil, pengendara motor semua haru fokus pada keselamatan berkendara. Jika kamu perhatikan kecelakaan paling sering terjadi adalah kecelakaan transportasi darat yang melibatkan jenis kendaraan mobil, motor, dan kendaraan lainnya.

Ada baiknya jika tetap menyebarkan virus keselamatan berkendara secara konsisten dan terus menerus tanpa kenal lelah untuk mengurangi angka kecelakaan motor yang terjadi. Nah, bagi kamu pengendara sepeda motor yang menggunakan sepeda motor untuk kegiatan sehari – hari, bisa mengikuti tips berikut ini agar bisa meningkatkan keamanan dalam berkendara di jalan raya. 

Simak terus tipsnya ya?

1. Perawatan Sepeda Motor Agar Lebih Aman

Jadi jika kamu seorang yang dalam keseharian menggunakan alat transportasi sepeda motor tentunya harus merawat sepeda motor dong. Kenapa harus dirawat? Sepeda motor juga memerlukan perawatan yang bisa menambah bagus performa kendaraan. Dengan perawatan sepeda motor tentunya kinerja sepeda motor menjadi lebih maksimal. 

Selain itu, perawatan sepeda motor yang dilakukan biasanya dilakukan pengecekan secara menyeluruh sehingga akan dicek juga kondisi sistem kelistrikan yang berhubungan dengan lampu, sistem pengereman, dan juga sistem lainnya yang mendukung keamanan berkendara. 

Dengan kendaraan sepeda motor yang terawat berkendara menggunakan sepeda motor menjadi lebih tenang. 

2. Tetap Gunakan Safety Gear

Walaupun sudah terbiasa menggunakan sepeda motor sehari – hari, kamu harus tetap memakai perlengkapan standar keselamatan bro. Selalu gunakan helm, jaket, dan sepatu agar standar tersebut terpenuhi dan kamu bisa menjadi lebih aman dalam berkendara untuk kegiatan sehari – hari. 

Safety gear ini juga merupakan fashionnya biker, jadi jangan salah kamu juga bisa terlihat keren menggunakan safety gear ini kok. Jadi masih nggak pengen pakai safety gear sehari – hari? Jangan sampai ya bro. Selain safety gear persiapkan juga perlengkapan dan surat – surat kendaraan bermotor, kalau perlu cek terlebih dahulu sebelum kamu keluar menggunakan sepeda motor. 

3. Berkendara Aman dan Sewajarnya

Berkendara di dalam kota yang sudah kita ketahui medannya terkadang menjadi alasan kita ingin gas sepeda motormu dengan kecepatan tinggi. Jangan sampai seperti itu bro, karena sebagai pengendara sepeda motor yang fokus terhadap safety riding tentunya kita tetap harus menjaga kecepatan berkendara pada posisi aman.

Dengan menjaga kecepatan kita juga bisa menyelamatkan diri sendiri serta pengguna jalan lain lho. Jadi berkendaralah dengan sewajarnya, dengan batas kecepatan yang aman, dan dengan mentaati segala peraturan lalu lintas yang ada. 

4. Prioritaskan Pejalan Kaki

Di jalan – jalan perkotaan seharusnya kita sering menemui banyak pejalan kaki, pedagang dengan gerobak dan sebagainya. Sebisa mungkin di jalan kita jangan pernah egois, prioritaskan para pejalan kaki yang menyebrang, berikan mereka jalan agar bisa menyebrang dengan selamat. Dengan begitu semuanya menjadi aman terkendali. Keamanan berkendara aman tercapai, dan juga kita juga merasa puas sudah menerapkan safety riding, atau menjadi pengendara sepeda motor yang baik. 

5. Ketahui Beberapa Jalan Alternatif Untuk Menghindari Kemacetan

Di jalanan yang berada di kota tentunya akan sangat macet jika berada di jam kerja, seperti pagi ketika semua orang berangkat kerja dan sore hari ketika orang pulang kerja. Salah satu cara untuk mengatasi kemacetan adalah menggunakan jalan alternatif. Jangan pernah menggunakan akses jalan seperti trotoar, dan fasilitas lainnya karena hal tersebut sangatlah berbahaya. 

Sebisa mungkin mencari jalan alternatif yang bisa menghindari jalan raya besar yang sedang macet. Dengan begitu kamu akan merasa lebih tenang jika jalanan yang kamu lalui tidak macet. Satu lagi kunci dalam menghadapi kemacetan adalah tetap tenang dan jangan pernah emosi. Sekali saja kamu emosi nih bro, bisa – bisa semua jadi berantakan. 

Nah, jadi itu tadi cara aman berkendara harian dengan sepeda motor yang bisa kamu ikuti bro. Semoga dengan tips tersebut kegiatan sehari – hari kamu menjadi lebih aman dan juga terkendali ya bro? Jangan lupa share artikel ini jika menurut kalian bermanfaat ya.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding

Comment

User Comment

Your comment

Load More