Tips Berkendara Di Jalan Sempit Untuk Sepeda Motor

Publikasi: 1 tahun 6 bulan 26 hari 17 jam 53 menit yang lalu

Bagi yang memiliki hobi berkendara dengan sepeda motor, melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor merupakan sebuah kepuasan tersendiri. Dengan menggunakan sepeda motor kita bisa menikmati berbagai pemandangan yang tidak bisa kita dapatkan ketika kita mengendarai kendaraan lainnya. Selebihnya, sepeda motor juga terkenal tangguh digunakan untuk berbagai medan yang berbeda – beda. Di pegunungan, di jalanan yang sempit, di gang – gang perkotaan yang sempit, semuanya bisa dilibas dengan mudah oleh sepeda motor. 

Nah, tapi ada beberapa medan yang sangat berbahaya dan memerlukan skill ekstra dalam berkendara menggunakan sepeda motor. Salah satunya adalah melewati medan yang sempit. Medan yang sempit membutuhkan kemampuan yang tidak main – main terlebih lagi jika kondisi jalan sempit dan juga banyak tikungan, turunan, dan tanjakan. 

Berikut ini adalah tips berkendara di jalan sempit bagi kamu pengendara sepeda motor. 

1. Usahakan Tetap Berada di Jalur Kiri

Jalanan sempit terkadang membuat kita lalai bahwa seharusnya kita tetap berada di lajur paling kiri. Jalur sempit ini biasanya ada di jalur – jalur pedesaan, pegunungan, atau kalau di Indonesia beberapa akses ke tempat wisata memang memiliki akses jalan yang sempit. Dengan tetap berada di jalur kiri, kita akan tetap berada di jalur aman saat menghadapi belokan terutama.

Di jalan sempit kendaraan besar seperti mobil, bus, truk, akan sedikit keluar jalur saat berada di belokan. Untuk menghindari hal tersebut berada di lajur kiri merupakan sebuah keputusan bijak. 

2. Menjaga Jarak Aman Adalah Keputusan Terbaik

Jika kamu melewati jalanan sempit berkelok dan memiliki turunan serta tanjakan yang banyak dan beragam ada baiknya jika kamu tetap menjaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan kamu. Hal ini merupakan teknik berkendara aman yang harus kamu terapkan terutama di jalan sempit. Dengan menerapkan teknik ini kamu akan memiliki ruang pengereman yang lebih panjang. 

Selain itu untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti pengereman mendadak, dan lain – lain, menjaga jarak adalah keputusan terbaik yang baik untuk kamu bro.

3. Mendinginkan Sistem Pengereman

Jika kamu melewati jalan sempit berkelok dan memiliki banyak tanjakan dan turunan ada baiknya jika berhenti sejenak untuk mendinginkan sistem pengereman. Pada beberapa kasus yang sering terjadi adalah kampas rem yang terbakar sehingga sistem pengereman terganggu sehingga sering terjadi rem blong. Untuk itu berhenti sejenak adalah solusi yang tepat untuk mendinginkan sistem pengereman sepeda motor kamu. 

Selain itu dengan berhenti sejenak kamu bisa menikmati pemandangan yang mungkin akan sangat indah. Jika kira – kira sudah dingin dan kamu sudah merasa fresh setelah beristirahat silakan lanjutkan perjalanan lagi. 

4. Batasi Kecepatan Atau Kontrol Kecepatan

Nah cara aman selanjutnya ketika kamu berada di jalan yang sempit adalah mengontrol kecepatan sepeda motor nih bro. Ingat nggak kalau biasanya kendaraan yang ada di jalanan sempit walaupun sepi, sering terjadi kecelakaan? Salah satu penyebabnya adalah tidak adanya kontrol kecepatan yang mereka lakukan nih bro. Jadi membatasi kecepatan di batas aman merupakan salah satu cara dan tips berkendara di jalanan yang sempit dan ekstrem. 

Dengan membatasi kecepatan kamu juga bisa mengurangi resiko terjadinya rem blong, karena penggunaan sistem rem lebih sedikit daripada kamu berkendara dengan kecepatan tinggi lho. 

5. Hindari Berkendara Di Jalan Sempit Pada Malam Hari

Jalanan yang sempit dan berkelok biasanya terdapat di pedesaan yang masih kurang memiliki fasilitas seperti penerangan jalan. Sebisa mungkin jika ingin melewati jalan dengan tipe seperti ini jangan lakukan pada malam hari. Di saat malam hari jarak pandang kita akan menjadi terbatas terlebih jika penerangan jalan raya masih kurang. Jika terpaksa melewati jalan ini pada malam hari, sebaiknya melewati dengan berkelompok, hindari berkendara sendirian. 

Selain faktor keamanan, dengan cara berkelompok kamu akan mendapatkan penerangan yang lebih, dari satu sepeda motor. Dengan begitu kondisi jalan akan lebih mudah terlihat. 

Nah, jadi itu dia tips berkendara di jalan sempit agar lebih aman untuk kamu para pengendara sepeda motor. Jadi bagaimana menurut kamu apakah tips ini sudah sangat membantu? Atau kamu punya beberapa tambahan tips lainnya? Jangan lupa share artikel ini jika memang bermanfaat agar teman – teman kamu juga bisa menikmati manfaatnya.

Label : Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More