Cara Atasi Kunci Motor Yang Macet

Publikasi: 6 bulan 12 hari 8 jam 2 menit yang lalu

Pada motor keluaran lama, sering terjadi kunci motor tidak bisa diputar atau macet. Kondisi ini pasti bikin repot sekaligus panik.  Apalagi jika hal itu terjadi di saat sedang terburu-buru untuk berangkat ke pasar, kuliah atau bekerja.

Penyebab kunci motor macet sesungguhnya sangat beragam. Ada yang terjadi karena pemakaian pengguna yang tidak benar, ada juga yang terjadi karena endapan air masuk ke kontak kunci. Namun penyebab kunci motor macet yang paling utama adalah kotoran yang masuk ke kontak kunci seperti debu dan tetesan air.

Nyatanya, beberapa motor keluaran baru sudah mengantisipasi hal ini terjadi dengan menggunakan bahan stainless steel pada kontak kunci dan menggunakan penutup kunci. Namun hal tersebut tidak mengantisipasi secara penuh karena permasalahan kunci macet juga kerap ditemukan pada motor keluaran baru.

Jika Anda terlalu memaksakan memutar kunci yang tidak bisa diputar atau macet, maka kunci motor Anda bisa patah hingga menyangkut di kontak kunci. Untuk itu perlu  diketahui secara tepat bagaimana mengatasi kunci motor macet dengan aman dan benar.

Cara Mengatasi Kunci Motor Tidak Bisa Diputar

Kunci motor tidak bisa diputar atau macet, biasanya si pemilik bisa membawanya ke bengkel terdekat. Namun, ternyata  ini bisa  diperbaiki sendiri di rumah sebelum membawanya ke bengkel. Lantas, bagaimana caranya?

1. Tekan Kunci dan Putar Setir

Cara awal untuk mengatasi kunci motor yang tidak bisa diputar adalah dengan menekan kunci motor dan memutar setir ke kiri dan kanan. Hal ini dilakukan untuk mencari celah agar kunci dapat bergerak. Pastikan memutar kunci dan setir sekuat-kuatnya.

2. Pelumas Besi

Cara lain untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan dan melumasi silinder kunci. Ini dapat dilakukan dengan menyemprot silinder kunci dengan cairan pembersih kontak elektrik untuk membersihkannya dari kotoran. Kemudian teteskan sedikit cairan grafit guna melumasinya. Saat proses ini dilakukan, putar kunci sekuat-kuatnya sambil menggoyangkan setir.

3. Kunci Bengkok

Mungkin jarang disadari, namun salah satu penyebab kunci motor tidak bisa diputar adalah karena kunci yang sudah bengkok. Untuk membuktikan bengkok atau tidak, letakan kunci di tempat yang datar, pasti akan terlihat  kunci keadaan bengkok atau tidak. Jika kunci  dalam posisi bengkok, segera perbaiki atau  langsung ganti  dengan yang baru.

4. Posisi Kunci Salah

Pada beberapa jenis silinder kunci, selongsong mungkin berada dalam posisi yang terkunci, hingga pernya tidak mampu mendorongnya kembali. Oleh karena itu, jangan tergesa-gesa ketika Anda memasukkan kunci pada kontak agar posisi kunci dalam posisi yang benar dan dapat diputar.

Namun jika semua langkah   di atas sudah dilakukan, dan kunci tetap macet.  Segera hubungi tenaga ahli untuk menanganinya. Karena itu bisa kunjungi  bengkel AHASS terdekat, sekaligus lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Service Motor Cari Aman Tips Motor Honda Servis Motor #hondacare Kunci Motor Manual Kunci Motor

Berita Terkait