Melongok Cara Kerja Speedometer

Publikasi: 4 bulan 28 hari 8 jam 33 menit yang lalu

Speedometer merupakan salah satu spare part  di kendaraan bermotor yang penting dan terletak tepat dihadapan pengendara motor, untuk mudah melihatnya. 

Dikutip dari Wikipedia,  Speedometer adalah sebuah alat pengukur kelajuan kendaraan, yang merupakan perlengkapan standar setiap kendaraan yang beroperasi di jalan. Dengan satuan kilometer perjam.

Sesuai dengan namanya speedometer berfungsi sebagai alat ukur untuk mengendalikan kecepatan sepeda motor saat digunakan, dan dijadikan ukuran untuk mengatur kecepatan di kasawan atau ruas jalan yang di batasi maksimal kecepatan kendaraan atau minimal laju kendaraan.

Semakin modern hasil industri pabrikan kendaraan, speedometer pada sepeda motor dilengkapi pula dengan panel-panel penting,  antara lain  jumlah bahan bakar yang tersedia, jumlah jarak yang telah ditempuh, dan indikator-indikator penting lainnya.

Analog atau Digital?

Di pasaran, speedometer tersedia dalam dua jenis, analog dan digital. Dalam versi Analog, menggunakan jarum untuk menunjukan angka kecepatan kendaraan. Jenis ini yang paling banyak digunakan pada sepeda motor terdahulu hingga saat ini. Secara tampilan jenis speedometer ini memiliki desain yang unik dan klasik.

Sementara pada speedometer Digital, memiliki tampilan dengan menggunakan penunjuk angka digital pada sebuah layar display. Speedometer ini, memiliki tampilan yang futuristik dan akurat. Oleh sebab itu banyak dipakai pada kendaraan yang mengedepankan nilai futuristik.

Cara Kerja Analog

Untuk tipe analog, memakai prinsip GGL (gerak gaya listrik) pada suatu magnet yang berputar. Putaran magnet ini berasal dari poros yang terhubung dengan output putaran mesin. Pada motor biasanya ada di roda depan dan mobil ada pada output transmisi. Secara umum ada tiga komponen pada tipe ini, yakni

1. Gearbox, merupakan rangkaian roda gigi yang menerima putaran dari roda depan (pada motor) atau poros transmisi (pada mobil) untuk disalurkan ke alat ukut speedometer.

2. Poros/kabel, kabel ini bukan seperti kabel pada umumnya karena fungsinya bukan menghantarkan listrik melainkan menghantarkan putaran dari gearbox kedalam speedometer. kabel ini terbuat dari poros baja yang fleksibel sehingga dapat menyalurkan energi putar meski posisinya tidak lurus.

3. Speedometer, komponen ini terletak pada dashboard yang berfungsi menterjemahkan RPM putaran gearbox kedalam bentuk penunjukan angka kecepatan.

Cara Kerja Speedometer Digital

Speedometer digital juga memiliki dua tipe, tipe gearbox dan tipe pulser. Tipe gearbox memiliki sistem yang hampir sama dimana putaran roda akan dihubungkan rangkaian gearbox dan poros pada komponen speedometer pada dashboard. Biasanya tipe ini digunakan pada speedo digital sepeda motor. 

Sementara tipe pulser, menggunakan magnetic sensor yang akan mengirimkan sinyal perpotongan magnet (pulse) dengan frekuensi tertentu. Frekuensi yang dikirim inilah yang akan menunjukan berapa kecepatan mobil.

Meski beda tipe, keduanya memiliki kesamaan prinsip. Putaran akan diubah kedalam sinyal yang memiliki frekuensi tertentu. Sinyal ini kemudian dikirimkan ke microprocessor untuk diolah dan diterjemahkan kebentuk yang dimengerti manusia.

Dengan kata lain, besar frekuensi ini akan diterjemahkan kedalam satuan bilangan bulat yang bisa kita lihat pada panel layar speedo.  Dengan memahami konsep alat ukur kecepatan diatas, anda bisa menganalisa jika terjadi error pada speedometer kendaraan anda. Umumnya kerusakan speedometer disebabkan roda gigi gearbox yang aus, atau kabel poros yang terputus. Sementara pada tipe digital, tegangan baterai mempengaruhi akurasi pembacaan kecepatan kendaraan.

Seandainya speedometer di motor Kamu menunjukan tanda bermasalah,  langsung minta tenaga ahli menanganinya. Karena itu bisa kunjungi  bengkel AHASS terdekat, sekaligus lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Service Motor Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Servis Motor Speedometer Motor Speedometer

Berita Terkait