Cara Efektif Mencegah Terjadinya Pencurian Motor

Publikasi: 1 bulan 26 hari 1 jam 56 menit yang lalu

Kasus kriminalitas yang terjadi di Indonesia bisa dibilang cukuplah tinggi. Terutama di kota-kota besar seperti DKI Jakarta. Mengingat dengan banyaknya jumlah penduduk pada kota tersebut dan tak seluruh warganya mendapatkan pekerjaan, hal inilah yang kemudian memicu terjadinya tindak kriminal. 

Salah satu tindak kriminal yang paling sering terjadi adalah kasus pencurian motor. Kerap kali ditemukan pada lahan parkiran yang terbuka, seorang pemilik kendaraan kehilangan motornya. Selain itu, para pelaku pencurian ini juga biasa melancarkan aksinya ketika para pengendara lengah. Misalnya saat menghentikan motor di pinggir jalan tanpa mencabut kuncinya.

Nah, untuk menghindari hal atau risiko tersebut. Pada artikel kali ini, Wahana Honda akan memberikan Anda informasi mengenai cara efektif untuk mencegah terjadinya pencurian motor. Apa saja itu? 

Cara Efektif Mencegah Terjadinya Pencurian Motor

1. Kunci stang ke arah kanan

Para pemilik kendaraan lebih sering mengunci stang motornya ke arah kiri dibandingkan ke arah kanan. Padahal mengunci stang motor ke arah kanan terbukti jauh lebih aman. Hal ini dikarenakan ruang gerak untuk membobol kontak motor dengan kunci T akan lebih terbatas dan tidak leluasa. Sehingga, para pelaku pencurian akan membutuhkan waktu lama untuk membobolnya.

2. Hindari meninggalkan motor di pinggir jalan

Ada kalanya saat berkendara Anda harus menepi terlebih dahulu karena ingin buang air ataupun mampir ke sebuah warung. Nah, meletakkan motor di tepi jalanan yang terbuka sangat rawan terjadi pencurian. Untuk itu, usahakan untuk menghindari meninggalkan motor Anda di pinggir jalan tanpa sepengawasan Anda.

Jika Anda berkendara dengan teman, tentu akan jauh lebih mudah dengan menitipkan kendaraan Anda pada teman tersebut. Namun jika Anda berkendara sendiri dan ingin buang air kecil, lebih baik tahan sebentar dan carilah spot yang lebih aman seperti pom bensin terdekat. 

3. Pasang pengaman tambahan

Anda juga bisa menggunakan pengaman tambahan seperti gembok cakram. Dengan demikian para pelaku pencurian akan mengalami kesulitan untuk membawa pergi kendaraan Anda.

Aksesoris tambahan yang satu ini bisa Anda dapatkan di toko-toko otomotif ataupun dengan membelinya secara online. Dengan menambahkan perangkat eksternal ini, dijamin kendaraan Anda akan terhindar dari aksi pencurian dan dipastikan aman. 

4. Gunakan alarm

Beberapa motor keluaran terbaru dibekali dengan fitur alarm. Nah, jika kendaraan yang Anda miliki tidak memiliki fitur yang satu ini. Tak perlu khawatir karena Anda bisa menambahkannya sendiri dengan membeli alarm motor di pasaran.

Jika Anda tidak bisa memasangnya, bisa dengan meminta bantuan dari mekanik bengkel. Anda pun tinggal menerima beresnya saja dan motor Anda sudah memiliki perangkat keamanan yang canggih.

Nah, itulah tadi beberapa cara efektif untuk mencegah terjadinya pencurian motor yang bisa Anda lakukan. Penting untuk diperhatikan bahwa jangan sampai Anda ceroboh meletakkan motor sembarangan atau memarkirkannya di tempat yang tanpa pengawasan.

Jika Anda pergi ke mall, sebaiknya taruh kendaraan Anda di lahan parkir yang ada di dalam. Karena terbukti jauh lebih aman meskipun biaya parkir yang dikenakan jauh lebih tinggi. Bukankah lebih baik mengeluarkan sedikit uang ekstra dibandingkan harus kehilangan kendaraan kesayangan kita? Selamat mencoba!

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Wanda Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More