Cara Jitu Hindari Begal Saat Berkendara Motor

Publikasi: 1 bulan 4 hari 54 menit yang lalu

Kasus pembegalan pada pengendara motor di malam hari masih menjadi momok bagi banyak orang. Terutama mereka yang sering berkendara atau baru pulang kerja saat malam tiba. Jalanan yang sepi serta minim penerangan, seringkali menjadi spot andalan bagi para pelaku kejahatan yang satu ini.

Untuk itu, para pengendara dihimbau agar lebih berhati-hati saat melewati jalanan yang gelap dan sepi. Sebab, ketika terjadi aksi pembegalan, susah untuk mencari pertolongan pada orang-orang di sekitar.

Maka dari itu, terdapat beberapa tips berkendara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari terjadinya aksi pembegalan. Penasaran apa saja, kan? Simak informasinya pada artikel berikut ini, ya.

Cara Jitu Hindari Begal Saat Berkendara Motor

1. Pilih rute yang Anda kuasai

Cara pertama untuk menghindari begal adalah dengan memilih rute yang sudah biasa Anda lewati. Tak perlu mencari jalan tikus yang dapat mengantarkan Anda lebih cepat sampai ke tujuan. Daripada membahayakan keselamatan nyawa sendiri, lebih baik Anda melewati jalanan yang agak jauh namun terjamin aman.

2. Pilih jalanan yang ramai dan banyak penerangan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, begal kerap melancarkan aksinya di jalanan yang sepi dan minim pencahayaan. Nah, untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memilih jalanan yang lebih ramai dan banyak dilewati oleh pengendara sekaligus memiliki pencahayaan yang cukup terang.

Sehingga, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, lebih mudah bagi Anda untuk meminta bantuan atau pertolongan.

3. Ajak seorang teman berboncengan

Jika Anda terpaksa harus berkendara di malam hari, sebaiknya ajak seorang teman untuk berboncengan. Cara ini terbukti ampuh menghindarkan Anda dari tindak kejahatan begal. Karena biasanya, para pelaku begal hanya menargetkan pengendara motor yang sendirian.

4. Periksa seluruh komponen motor sebelum berkendara

Sebelum Anda berkendara, ada baiknya untuk memeriksa setiap kondisi komponen motor yang terpasang. Hal ini untuk menghindari kendaraan Anda mogok di tengah jalan. Apalagi jika mogoknya di tempat yang sepi dan jarang dilewati oleh pengendara lain.

Periksa setiap bagian yang penting mulai dari busi, karburator, ban motor, rantai, aki dan lain-lain. Pastikan semuanya dalam kondisi prima agar tidak muncul kendala saat digunakan berkendara.

5. Bawa senjata untuk perlindungan diri

Jika Anda terpaksa harus berkendara sendirian di tengah malam. Maka pastikan Anda membawa senjata untuk melindungi diri sendiri. Tidak perlu menggunakan benda-benda tajam. Cukup bekali diri dengan chili atau pepper spray dan alat setrum kejut.

6. Tekan klakson terus menerus saat dibuntuti pengendara misterius

Jika Anda merasa diikuti oleh pengendara misterius dari belakang. Maka coba kendalikan diri Anda, pastikan untuk tetap tenang dan fokus pada jalanan yang ada di depan. Selain itu, Anda juga bisa menekan tombol klakson terus menerus tanpa putus agar dapat menarik perhatian pengendara lain yang mungkin ada jauh di depan atau belakang Anda. 

7. Gunakan peralatan berkendara yang lengkap

Helm, jaket dan sarung tangan merupakan salah satu kelengkapan berkendara yang harus Anda gunakan. Dengan helm, Anda bisa terhindar dari pukulan benda tumpul atau serangan benda tajam yang mengarah ke kepala.

Nah, untuk jaket, Anda bisa menggunakan jaket yang berbahan tebal. Agar tidak terluka parah saat diserang oleh pelaku begal.

Demikianlah artikel mengenai cara jitu menghindari aksi begal saat berkendara menggunakan kendaraan roda dua. Ingat untuk tetap memprioritaskan keselamatan Anda selama berkendara, ya. Bagaimana pun, keluarga Anda sudah menunggu di rumah. Happy safe riding!

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More