Cara Merawat Motor Pada Masa Pandemik

Publikasi: 5 bulan 10 hari 8 jam 4 menit yang lalu

Pada masa pandemik ini banyak orang yang terpaksa melakukan pekerjaan dari rumah, atau yang umumnya dinamakan dengan istilah Work From Home. Karena mereka melakukan pekerjaan di rumah, sepeda motor yang mereka gunakan sehari-hari pun jadi terbengkalai. Jarangnya pemakaian dapat menimbulkan beberapa masalah.

Masalah yang ada timbul dari level terendah sampai level tertingginya. Misalnya, masalah pada paling rendah adalah adanya debu yang menempel pada kendaraan. Debu ini akan semakin tebal apabila tidak segera dibersihkan. Masalah yang berat timbul dari bagian mesin akibat dari kurangnya pemanasan mesin secara berkala.

Untuk dapat menghindari berbagai macam masalah yang menyulitkan ini, ada kalanya anda bisa menerapkan beberapa langkah utama untuk dapat merawat motor anda luar dalam, seperti:

Rajinlah membersihkan motor dari debu

Motor yang lama tidak dipakai akan menjadi sarang debu. Parahnya lagi, apabila sudah bertahun-tahun tidak dijamah oleh tangan manusia, motor anda akan menjadi rumah bagi koloni laba-laba.

Apabila anda masih ingin menggunakan motor anda, tentu anda tidak akan menginginkan hal serupa terjadi pada kendaraan anda. Pastikan untuk membersihkan motor anda, paling tidak tiga hari sekali untuk menghindari debu yang menumpuk.

Memanaskan mesin motor setiap pagi

Hal yang terpenting adalah bagaimana cara merawat mesin motor. Karena kondisi memaksa kita untuk selalu berada di rumah, ada baiknya anda tetap melakukan cara pemanasan mesin secara berkala dengan memanaskan mesin.

Tidak perlu lama-lama, hanya cukup satu sampai dua menit saja pada rpm yang rendah. Anda tidak perlu menggeber-geber mesin anda. Lakukan cara ini paling tidak dua hari sekali untuk bisa merawat mesin motor anda.

Rutin mengganti oli

Meski motor sudah jarang kita pakai, ada baiknya kita tetap melakukan pemeliharaan oli mesin demi performa mesin itu sendiri. Pada masa pandemik ini, masih ada beberapa bengkel yang buka dan bisa melayani pelanggan untuk menyelesaikan permasalahan motor mereka.

Karena motor jarang dipakai, jadi cukup lakukan penggantian oli paling tidak dua bulan sekali.

Label : Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Wahanahonda Covid 19 Pandemi Covid-19 Basmi Covid 19

Comment

User Comment

Your comment

Load More