Cara Merawat Standar Motor Dengan Gampang Agar Bebas Karat

Publikasi: 3 bulan 10 hari 18 jam 58 menit yang lalu

Ga ada cara-cara rahasia buat merawat standar motor agar selalu terbebas dari karat. Sebenarnya, langkahnya cukup sederhana, tapi mungkin tidak Anda sadari. Melakukan perawatan standar motor ini tidak boleh dilewatkan.

Sebab, kalau akhirnya sampai berkarat, standar jadi terasa sulit untuk diturunkan maupun dinaikkan kembali. Bahkan bukan mustahil jika nantinya standar malah jadi patah. Apalagi kalau karat terjadi pada bagian pernya.

Tips Sederhana Merawat Standar Motor

Secara umum, merawat standar motor bisa Anda lakukan sendiri, baik itu dengan membersihkannya secara rutin, maupun menyemprotkan cairan antikarat.

1. Mencuci standar motor

Cucilah motor secara rutin, termasuk bagian standarnya. Apalagi kalau Anda baru saja berkendara dengan motor melewati jalanan berkubang maupun hujan-hujanan di perjalanan. Sebab, hujan bisa membuat kotoran semakin mudah menempel pada berbagai bagian motor, termasuk standarnya. Jangan tunda keesokan hari untuk mencucinya. Semakin lama mengendap, kotoran tersebut semakin menempel dan tambah sulit dibersihkan.

2. Menggunakan cairan anti karat

Selain memastikan kebersihan standar motor dengan cara mencucinya secara rutin maupun setelah kehujanan, Anda juga bisa memakai cairan anti karat. Semprotkan cairan ini pada per, agar tidak gampang korosi. Jangan lupa untuk melumasi bagian as, agar standar tidak seret waktu dipakai.

3. Memperhatikan kondisi per

Perhatikan kondisi per pada standar tengah motor Anda. Jika standar tengah ikut terayun saat motor melewati jalanan yang tidak rata, artinya per sudah melemah. Solusinya, Anda tentu harus mengganti per standar tersebut.

4. Mengamati as standar tengah

As pada standar tengah motor rawan berkarat akibat debu maupun percikan air yang kotor di jalanan. Kalau terus-terusan kotor, as standar bisa terkunci karena sulit diputar. Nah, waktu menemukan as standar tengah yang berkerak atau bengkok, sehingga sulit dicopot, Anda harus membawa motor ke bengkel bubut.

Sementara itu, sebagai langkah antisipasi, bersihkan as standar tengah dengan air bersih bertekanan. Kemudian, berikan pelumas setelah jika motor baru saja kehujanan. Di luar kondisi ini, Anda tetap perlu memberikan pelumas pada as standar tengah setiap tiga atau enam bulan sekali.

Yuk, coba periksa kondisi standar motor beserta asnya sekarang!

Referensi

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More