Murah Meriah, Ini Cara Bersihkan Leher Knalpot Motor Yang Dekil

Publikasi: 3 bulan 12 hari 19 jam 7 menit yang lalu

Ada pepatah dalam bahasa Inggris yang berbunyi, “You are what you wear,” dan, “You are what you eat.” Sepertinya, istilah, “You are what you ride,” pun berlaku bagi para pengendara motor. Tampilan motor bisa menggambarkan pemilik atau pengendaranya.

Jadi, kalau leher knalpot motor Anda kusam dan dekil, masih berharap gebetan mau dibonceng?

Nah, biar gebetan ga ilfil, yuk bersihkan leher knalpot dengan cara mudah, serta murah meriah berikut ini.

Proses Membersihkan Leher Knalpot Motor

Leher knalpot memang merupakan salah satu bagian motor yang cepat kotor, selain bodi dan kaki-kaki. Apalagi kalau Anda termasuk pengendara yang sehari-hari menggunakan motor dalam jangka waktu yang lama. Ini dia pilihan cara membersihkan leher knalpot motor, tanpa bikin dompet bocor.

Metode vapor blasting atau yang juga dikenal sebagai wet blasting, dapat diterapkan untuk membersihkan leher knalpot motor yang berdaki. Proses pembersihan dilakukan dengan pasir khusus dan air. Oleh karena itu, cara ini disebut sebagai cara yang ‘basah’. Bagaimana tahapannya?

1. Knalpot dilepas

2. Knalpot dimasukkan ke ruang khusus vapor blasting

3. Knalpot dibersihkan menggunakan pasir khusus dan air

Proses pembersihkan leher knalpot motor yang kusam dan kotor ini terbilang cukup singkat, yaitu hanya sekitar 30 menit. Dengan metode ini yang hanya membutuhkan sekitar Rp100.000, leher knalpot pun bisa kembali kinclong.

Yang Harus Diketahui Soal Vapor Blasting

Leher knalpot yang semula kotor bisa bersih kembali menyerupai kondisi sedia kala, karena telah melalui proses penyemprotan dalam vapor blasting. Sebenarnya, penyemprotan ini dilakukan untuk mengikis permukaan leher knalpot. Jadi selain tampak bersih, ada kesan keperakan yang muncul.

Vapor blasting ini dapat digunakan untuk membersihkan komponen berbahan stainless steel, aluminium, maupun monel. Sementara itu, leher knalpot yang berbahan besi tidak disarankan untuk menjalani metode vapor blasting untuk pembersihan. Soalnya, nanti bisa langsung berkarat

Untuk menjaga leher knalpot tetap bersih di masa mendatang, pastikan tidak ada kotoran yang tersisa waktu mencucinya. Sebab, kotoran ini kelak bisa menumpuk menjadi kerak dan mengendap. 

Selain itu, sebisa mungkin hindarilah genangan air hujan, yang juga dapat memicu kerak pada leher knalpot. Soalnya, air hujan juga mengandung zat asam, yang berisiko membuat leher knalpot keropos.

Referensi

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More