Cara Mudah Mengecek Kondisi Suspensi Motor

Publikasi: 3 tahun 3 bulan 11 hari 5 jam 58 menit yang lalu

Shockbreaker atau suspensi pada motor merupakan salah satu komponen penting yang dapat mempengaruhi kenyamanan seorang pengendara. Komponen ini bekerja dengan meredam setiap kejutan atau hentakan pada saat kendaraan melewati jalanan berlubang, bergelombang atau yang tidak rata.

Sama halnya seperti komponen motor yang lain, suspensi ini juga memiliki usia pakainya tersendiri. Namun demikian, bisa dibilang usia pakai suspensi motor terhitung cukup panjang. 

Tentunya hal ini juga dipengaruhi oleh kebiasaan Anda selama berkendara di jalan raya. Jika Anda berkendara dengan ugal-ugalan dan menggunakan kecepatan tinggi saat melewati polisi tidur atau jalanan berlubang, sudah pasti usia pakai komponen suspensi tersebut akan berkurang. Selain itu, membawa beban bawaan yang terlalu berat juga dapat merusak kondisi suspensi motor jika dilakukan secara konstan.

Sayangnya, untuk mengetahui bagaimana kondisi suspensi motor Anda membutuhkan upaya yang cukup rumit. Anda pun biasanya disarankan untuk pergi ke bengkel dan menanyakannya secara langsung pada teknisi ahlinya. 

Nah, pada artikel berikut ini, Wahana Honda akan memberikan Anda tips cara mudah mengecek kondisi suspensi motor tanpa harus membuat Anda repot-repot pergi ke bengkel untuk melakukan pengecekan. Simak lengkap ulasan tipsnya berikut ini, ya.

Cara Mudah Mengecek Kondisi Suspensi Motor

1. Tekan suspensi untuk melihat kondisinya

Kondisi suspensi motor yang sudah rusak biasanya tidak akan memantul secara optimal. Anda bisa menekan ke bawah komponen tersebut dan lihat seperti apa reaksi yang ditimbulkan. Apakah ia cepat merenggang kembali seperti semula atau perlahan namun pasti?

Shockbreaker yang cepat memantul kembali ke posisi semula artinya terdapat kerusakan pada komponen tersebut. Hal ini dikarenakan ia sudah tidak sanggup lagi meredam hentakan secara maksimal. Alhasil, jika Anda gunakan berkendara di jalanan yang berlubang, berbatu atau saat melewati polisi tidur sekali pun, Anda akan merasakan hentakan yang cukup keras dan tentu saja membuat pengalaman berkendara menjadi tidak nyaman.

Jika sudah demikian, Anda harus segera mengganti komponen suspensi motor tersebut dengan yang baru. Namun jika ternyata permasalahan kerusakan yang ditimbulkan karena suspensi motor kering, maka Anda bisa mengolesinya dengan oli atau cairan pelumas untuk membantu kinerja dari alat peredam kejut motor tersebut.

2. Lepas shockbreaker terlebih dahulu

Cara mengecek kondisi suspensi motor selanjutnya adalah dengan melepaskannya dari kendaraan. Anda bisa memulainya dengan mencopoti per kemudian tekan klik kompresi di setiap putaran. Apabila saat ditekan semakin keras, artinya komponen tersebut sudah dalam kondisi yang tidak prima.

3. Lihat kondisi shockbreaker apakah terdapat kebocoran oli?

Kondisi suspensi motor yang sudah tidak baik juga biasanya ditandai dengan merembes atau bocornya oli yang berlebihan. Jika sudah terdapat tanda-tanda seperti ini, Anda harus segera menggantinya dengan komponen suspensi yang baru. Karena jika dibiarkan saja secara terus menerus, tak hanya berdampak terhadap kenyamanan Anda selama berkendara namun juga mempengaruhi komponen lain.

Misalnya saja, oli yang bocor tersebut akan menetes hingga mengenai komponen kampas rem. Alhasil, rem kendaraan Anda bisa ngeblong atau tidak berfungsi secara tiba-tiba. Jika Anda tengah berkendara di jalan raya, tentu ini akan sangat berbahaya mengingat rem menjadi salah satu komponen yang harus selalu dalam kondisi prima saat berkendara.

4. Gunakan berkendara di jalanan yang bergelombang atau melewati polisi tidur

Berikutnya Anda bisa langsung mengetes kondisi suspensi motor tersebut di jalanan. Ajak seorang teman untuk dibonceng di bagian belakang dan cobalah melewati polisi tidur atau jalanan yang bergelombang. Kondisi suspensi yang sudah rusak biasanya akan sangat terasa tidak nyaman dan terdengar suara hentakan kasar ketika melewati polisi tidur atau jalan bergelombang.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek kondisi suspensi pada kendaraan. Meski usia pakai sebuah suspensi motor terbilang cukup lama, namun Anda tetap harus memberikan perhatian secara rutin agar terhindar dari risiko yang telah disebutkan sebelumnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berkendara!

Perawatan Motor Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda WahanaHonda

Berita Terkait